GDC 2013: The Phantom Pain Benar-benar Metal Gear Solid V!

Mungkin kalian semua masih ingat, dalam perhelatan Video Games Award 2012 lalu, tiba-tiba muncul sebuah trailer The Phantom Pain yang misterius, yang diperkenalkan oleh studio yang misterius pula, Moby Dick Studios. Namun, trailer tersebut memiliki banyak klu yang mengarah kepada serial baru Metal Gear Solid (MGS), sehingga banyak penggemar MGS yang menebak-nebak (bahkan ada sebagian pula yang sudah sangat yakin!) bahwa The Phantom Pain adalah MGS V. Sebelum The Phantom Pain muncul ke permukaan pula, Kojima Productions juga sempat memberikan trailer MGS: Ground Zeroes untuk merayakan ulang tahun ke 25 dari franchise MGS.

Nah, akhirnya dalam GDC 2013 kali ini, semua pertanyaan ini terjawab sudah: The Phantom Pain adalah benar-benar MGS baru dari Kojima Productions! Ya, dengan mengusung judul lengkap MGS V: The Phantom Pain, dalam GDC kali ini Hideo Kojima sendirilah yang mngkonfirmasikannya sekaligus membeberkan banyak detail baru dari game ini. Sebagai permulaan, simak dulu trailer perdana dari MGS V: The Phantom Pain yang dibawa Kojima dalam GDC 2013 kali ini.

Kojima hadir dalam GDC 2013 ini dengan ditemani beberapa staff-nya, seperti CG Art Director Jideki Sasaki, Technical Director Junji Tago dan Lighting Artist Masayuki Suzuki. Panel presentasi yang bertajuk “Photorealism through the eyes of a “FOX”: The Core of Metal Gear Solid Ground Zeroes” ini mendiskusikan bagaimana tim mereka menggunakan kamera dan scanner 3D untuk membuat gambar yang artistik sekaligus realistik dengan menggunakan FOX Engine terbaru mereka. Yang lucu lagi, Kojima hadir dalam panel tersebut dengan menggunakan perban di seluruh wajahnya, persis dengan kemunculan protagonis utama dalam trailer perdana The Phantom Pain lalu. Dan di saat Kojima hadir tersebut, trailer The Phantom Pain pun diputar lengkap dengan nama Kojima Productions di sana. Yap, inilah saat-saat dimana semua rumor sebelumnya menjadi benar-benar kenyataan!

Kejutan Kojima bukan hanya sampai di situ saja. Lebih lanjut, dia mengkonfirmasikan bahwa MGS5: The Phantom Pain adalah gabungan dari MGS: Ground Zeroes dengan The Phantom Pain lalu. Yah, bisa dibilang Metal Gear Solid V adalah gabungan dari dua game ini, dimana Ground Zeroes bertindak sebagai prekuel dari The Phantom Pain, dan sembilan tahun memisahkan setting antara kedua game tersebut. Kedua judul ini juga menjadi prekuel dari Metal Gear pertama dan mengambil setting waktu sepuluh hari setelah Peace Walker. Kojima juga mengungkapkan, bahwa game ini nantinya akan ber-genre open world, persis dengan yang pernah dikonfirmasikannya saat memperkenalkan Ground Zeroes tahun lalu. Berikut ini adalah sedikit video demo gameplay dari game ini.

http://youtu.be/52ngbRyoAPw

Kojima juga memperkenalkan sedikit kisah dari MGS V: The Phantom Pain. Dikisahkan, Snake terbangun setelah mengalami koma selama sembilan tahun. Dia kehilangan seluruh kemampuannya, dan sayangnya di saat dia kehilangan seluruh kemampuannya, satu musuh besarnya berhasil lepas. Snake pun harus melarikan diri dari rumah sakit yang sudah menjadi tempat tidurnya dibantu dengan seseorang bernama Ishmael (yang disuarakan oleh aktor Kiefer Sutherland) untuk mencapai tempat yang lebih aman. Namun, karena dia sudah terlalu lemah, Snake pun harus merangkak di koridor rumah sakit untuk melarikan diri.

Keduanya mencoba untuk mencapai lift, namun sayang ledakan terjadi dan keduanya pun terlempar ke lantai. Keduanya lantas beralih menuju tangga darurat dengan Snake yang masih tetap merangkak. Setelah beberapa saat, Snake pun akhirnya bisa kembali berdiri yang juga kemudian mengakhiri demo perdana dari The Phantom Pain ini. Semua demo yang ditunjukkan dalam GDC ini dijalankan dengan menggunakan PC, namun Kojima mengkonfirmasikan bahwa game ini juga untuk konsol current gen seperti X360 dan PS3.

Salah satu lelucon terbesar akhir tahun lalu akhirnya terbongkar sudah. Tentu saja, nama Joakim Mogren yang disebut sebagai CEO dari Moby Dick Studio hanyalah imajinasi belaka, dan studio game asal Swedia bernama Moby Dick Studios yang sebelumnya disebut adalah pengembang The Phantom Pain tentu juga hanya karangan dari Kojima. Sekarang, jika kamu mengarahkan browser kamu ke alamat http://www.mobydickstudio.se, maka kamu tidak akan lagi menemui website dari Moby Dick Studio, melainkan kamu akan diarahkan langsung menuju website resmi Konami dan MGS V: The Phantom Pain.

Great!

[Sumber: VG247]


SHARE
Previous articleExtended Tv Spot Iron Man 3 dari Kids’ Choice Awards
Next articleIron Man 3: Mark 35 ‘Red Snapper’ Armor dan Mark 39 ‘Gemini’ Armor
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.