Lenovo K900 Membayangi Galaxy S4, Hasil Benchmark-nya Terbukti Lebih Cepat!

Nama Lenovo bukan hanya dikenal melalui smartphone Android kelas menengah. Untuk kelas atas mereka menawarkan IdeaPhone K900 dengan chipset Intel Atom Z 2580, yang ternyata berdasar data benchmark terbaru lebih kencang dari Galaxy S IV.

Nama Lenovo makin dikenal tidak hanya di dunia laptop saja. Jajaran tablet IdeaTap dan smartphone IdeaPhone mereka terus mendapat pengakuan. Apalagi banyak yang menilai standar harga yang kualitas yang ditawarkan sangat sepadan. Seperti IdeaPhone S890 yang terakhir kami ulas, juga termasuk worth it dengan harganya, karena kompetitor dengan kelas nama yang setara memasarkannya 1 jutaan lebih mahal. Selain beberapa tipe menengah yang digarap vendor China ini, mereka juga ingin menyasar kelas atas. Satu yang sudah dikonfirmasikan selama event CES 2013 lalu dan menjadi yang pertama menerapkan chipset intel Atom Z 2580 adalah Lenovo IdeaPhone K900.

Apa yang menarik dari K900 selain menjadi yang pertama menggunakan chipset kelas atasnya Intel adalah karena desain tubuhnya yang begitu slim. Android dengan layar raksasa sebesar 5.5-inchi, resolusi full HD 1080p 1080 x 1920-pixel ini memiliki ukuran tubuh paling lansing dibandingkan Android lain di kelasnya, ketebalannya hanya 6.9-mm. Selain itu, K900 tampak mewah karena dibalit material stainless steel dan konsep casingnya unibody dari bahan polycarbonate yang kokoh. Chipsetnya disebut Intel Atom Z 2580 Clover Trail+ dengan dua core prosesor yang clock speed-nya 2GHz, dan sudah mendukung hyperthreading, dipadukan dengan 2 GB RAM, 6GB internal storage (plus slot micro SD), dan GPU PowerVR SGX 544 dari Imagination — GPU yang sama yang juga memperkuat Galaxy S4.

Lenovo IdeaPhone K900: The Rendezvous

http://youtu.be/S9rA1nqzqWg

Selain itu, Lenovo K900 juga menjadi IdeaPhone pertama yang layar IPS-nya dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass 2. Layar IPS yang terlihat natural itu pun makin cantik karena memiliki kerapatan pixel sekelas retina, mencapai 400-ppi, atau juga setara dengan smatphone raksasa lain dari rival senegaranya ZTE Grand S. Walaupun ukurannya besar, namun bahan polycarbonate membantu mengurangi bobotnya. K900 masih lebih ringan dibandingkan S890, dengan hanya 162-gram plus baterai.

Fitur lainnya seperti ada kamera 13-megapixel dengan dual LED flash, yang menggunakan sensor sama seperti yang diterapkan Sony pada Xperia Z. Sensor Sony Exmor BSI tersebut memiliki lensa dengan bukaan yang cukup besar, F/1.8 yang menjamin cukup banyak cahaya masuk dan menghasilkan kualitas foto yang lebih berwarna dan terang. Kamera depan 2-megapixelnya sendiri juga bukan seperti yang biasanya… memiliki sudut pandangan hingga 88-derajat untuk mendukung aktivitas foto diri dan video call yang lebih baik.

Meskipun smartphone tersebut belum dirilis, namun beberapa situs China sudah mendapat kesempatan menguji kemampuannya. Dan yang mengejutkan, K900 mampu mengungguli kemampuan Galaxy S4 (khususnya dalam uji coba benchmark Antutu), yang juga sudah diuji coba oleh banyak media kemampuannya. Membandingkan hasil benchmark Lenovo K900 di atas bisa disimpulkan jika kemampuannya (menurut data Antutu) masih lebih baik dari Galaxy S4 yang rencananya akan dirilis 26 April 2013 nanti, menempatkan Lenovo K900 sebagai smartphone terkencang.

[nggallery id=477]

Sumber: Hi-tech Mail

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.