Sony Xperia SP Menjadi yang Pertama Secara Resmi Mendukung Kontroler Dual Shock 3

Sony memang baru mengkonfirmasikan Xperia SP akhir Maret 2013 lalu, namun sudah ada satu fiturnya yang bakal menggoda pengguna Android, atau gamer PlayStation khususnya. Smartphone yang disebut-sebut menjadi versi hemat Xperia Z itu langsung bisa terkoneksi dengan kontroler Dual Shock 3, dan kamu bisa bermain game menggunakan kontroler tersebut.

Sebelumnya Sony berjanji akan meningkatkan kompatibilitas Android Xperia mereka dengan perangkat Sony lainnya. Dan kini hasilnya sudah terlihat. Pertama melalui Xperia SP ini, dan ke depannya untuk Xperia yang lain, Sony Mobile menambahkan dukungan native untuk kontroler wireless DualShock 3. Itu berarti kamu bisa memainkan game-game Android/PS Mobile menggunakan kontroler tersebut tanpa perlu harus melakukan aktivitaas rooting yang berisiko, plus juga keharusan meng-install aplikasi tambahan.

Fungsi DualShock ini pertama kali diterapkan untuk Sony Xperia SP (C530X), yang bisa diakses melalui menu settings (Settings > Xperia). Di sana kamu mendapatkan opsi baru ‘DUALSHOCK 3 wireless controller’. Kemudian kamu perlu menghubungkan kontrolernya dengan Xperia-mu menggunakan USB-OTG untuk proses pairing. Begitu selesai, kamu bisa melepaskan kabelnya, dan selanjutnya Xperia-mu dengan DualShock 3 bakal terkoneksi melalui Bluetooth.

pasca pairing melalui USB-OTG, kamu bisa mematikan langsung koneksi diantara keduanya melalui menu tersebut. Akan tetapi jika kamu mau berhubungan kembali, kamu cukup melakukannya dengan menahan tombol PS pada konttoler wireless itu, dan keduanya otomatis terhubung, tanpa perlu proses pairing USB-OTG.

Dengan perkembangan smartphone yang makin melebar layarnya, seharusnya membuat kita makin nyaman memainkan game pada bidang yang lebar. Namun kenyataannya, input melalui tipikal kontroler konsol masih tetap menjadi favorit. Opsi baru Xperia ini pasti banyak disambut baik pengguna Android. Semoga saja bisa diterapkan untuk Xperia lainnya, karena prosesnya tidak terlalu berisiko, seperti perlu proses rooting dan membuka bootloader.

Sumber: Xperial Blog


SHARE
Previous articleDigital Happiness Beberkan Fakta-fakta dan Kisah Menarik Seputar DreadOut!
Next articleMan of Steel Luncurkan Tv Spot Pertamanya!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.