Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies

DotA 2 adalah sebuah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang sangat populer. Sebuah game DotA 2 yang ideal berisi 5 vs 5 pemain yang bertujuan menghancurkan tower utama lawan. Cara melakukan itu adalah dengan tidak menjadi noob. Ingin tahu caranya? Simak di dalam :)

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies

Hello, selamat datang di tutorial perdana DOTA2 for Noobies(noobs and dummies) Duniaku.net atau disingkat D2ND. Pertama – saya saya perjelas bahwa saya sama sekali bukan pro-player, hanya tingkat noobiness saya sudah diatas rata – rata selama 450 jam terbang Dota2. Kedua, “Noob” (singkatan dari Newbie) adalah istilah umum yang digunakan untuk memanggil seorang pemula dalam suatu hal (dalam hal ini, Dota). Rule of thumbnya, anda adalah seorang noob jika anda belum mengetahui arti dari noob itu sendiri.  Well, sekarang anda sudah tahu. Selamat ya !

D2ND kali ini akan lebih membahas tentang tata-cara pemilihan hero yang sebaiknya digunakan dalam suatu match dan beberapa basic laning tips. Jika anda masih sangat awam sama sekali tentang gameplay game MOBA atau RTS (Real Time Strategy) seperti ini, DOTA 2 sudah menyediakan pilihan “QUEST” yang bisa dipilih dari menu utama (tab PLAY, lalu Quest) untuk mempelajari dasar – dasar mekanisme permainan ini.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Bersama Davion, pelajari mekanisme DOTA2[/caption]

Pada saat tutorial ini ditulis, ada 107 hero yang tersedia di DOTA2. Lalu bagaimana caranya kita memilih hero yang  tepat ? Mengetahui komposisi team adalah jawabannya. Lebih lanjut mengenai itu akan dibahas dibawah pada halaman berikutnya!

Lanjut ke halaman 2...

Interface:

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Interface menu ini wajib anda kuasai sebelum melangkah lebih jauh dalam permainan ini.[/caption]

A.      Menu build : Berisi informasi item – item apa saja yang sebaiknya dibeli pada awal permainan (10 menit pertama atau pregame) . Mulai starting hingga core, untuk pemain pemula diharapkan untuk membeli item yg disarankan…kecuali anda tahu apa yang anda lakukan. Item – item penyembuh seperti tango, clarity, healing salve dan bottle sangat berguna untuk bertahan lama di lane. Sebenarnya anda bisa saja pulang ke markas, namun waktu yang terbuang sangat merugikan anda dan team anda. Hal ini bisa disiasati dengan membeli hewan courier atau membeli teleportation scrolls.

B.      Hero Info : Berisi informasi tentang hero anda, mulai dari HP, MP, exp yang harus dikumpulkan hingga naik level, kekuatan serangan (diwakili tanda pedang), tameng untuk defense rating, sepatu untuk kecepatan berjalan, atribut stats dan skills.

C.      Berisi button untuk shop (yang akan membuka menu shop A), dan jumlah uang anda. Di kolom ini juga berisi slot untuk quick buy (drag item kesini untuk bisa membelinya lebih cepat bila gold anda cukup) , courier status (menandakan sedang aktif atau idle kurir anda), dan fortify defense (untuk membuat bangunan dan tower anda immune dari serangan lawan beberapa saat).

1. Attribut – Attribut Hero

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies The Strong, the fast or the Clever?[/caption]

Semua Hero , (Karakter yang dapat dipilih) dibagi menjadi 3 kategori utama berdasarkan attribute utama mereka. Strength (kekuatan) diwakili oleh “Tidehunter”, cenderung merupakan hero yang memiliki HP (hitpoints, nyawa) tinggi dan memiliki defense yang kuat. Tidehunter, termasuk hero “initiator” dan juga “Durable” dalam pertarungan team. Skill (jurus) terkuatnya adalah Ravage, sebuah serangan yg mengakibatkan stun area sehingga musuh dapat diserang dengan leluasa oleh teammate yg lain.

Agility (Kecepatan), diwakili oleh “Juggernaut” cenderung memiliki serangan yang cepat dan berbahaya, namun memiliki hp yg rendah di awal permainan. Juggernaut, adalah hero carry. Tipe seperti ini biasanya merupakan ujung tombak serangan bagi team. Pada menit – menit akhir game (jika sukses), Juggernaut adalah mesin pembunuh yang tak bisa dihentikan dengan jurus andalannya, Omnislash yang memotong- motong tubuh musuh dengan sangat cepat.

Intelligence (kecerdasan) diwakili oleh “Disruptor”, cenderung merupakan hero yang terfokus pada serangan sihir atau magic yang unik dan mana yang banyak. Disruptor, adalah hero tipe support. Hero seperti ini lebih terfokus pada bagaimana Ia bisa berguna bagi team. Serangan kombinasinya yang paling berbahaya adalah “kinetic field” yang disambung dengan jurus andalannya “Static storm”, berfungsi untuk mengurung musuh dalam 1 area dan mengeluarkan sebuah energy listrik statis yang mengurangi hp lawan dan membuat lawan tidak bisa mengeluarkan jurus mereka. Pada saat inilah teammate akan masuk dan mengeroyok musuh yang terkurung  tanpa daya.

Sebuah team yang baik, biasanya memiliki 2 STR, 2 AGI, dan 1 INT. Lambat laun, kalian akan bisa menentukan komposisi team sendiri. Pemain pemula dianjurkan untuk memilih character STR untuk (seperti dragon knight misalnya) karena mereka lebih sulit dikalahkan karena memiliki HP yg tinggi (berguna sebagai tanker bagi team) dan pemulihan HP yg cepat.

Lanjut ke halaman 3...

2. Melee dan Ranged

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies You cannot have a war, without a Warlord![/caption]

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat memilih hero, adalah tipe serangan mereka. Hero melee ( serangan jarak dekat) biasanya memiliki damage yang lebih besar pada awal permainan, dan dapat lebih mudah membunuh creeps(pasukan) lawan. Itu artinya anda akan lebih mudah mendapatkan experience dan gold untuk perkembangan karakter anda. Kelemahan dari ini adalah, hero anda bisa menjadi sasaran empuk jika terlalu dekat lawan. Atasi ini dengan cara membeli item – item penyembuh dan stout shield untuk mem-block damage misalnya.

Tipe kedua adalah ranged (serangan jarak jauh), kebanyakan dimiliki oleh karakter tipe AGI atau INT. Serangan ranged memiliki kekuatan yg lebih lemah dibandingkan serangan melee, namun keuntungannya adalah mereka akan jauh dari serangan musuh dan dapat meng-harras (mengganggu proses farming lawan dengan cara memukul mereka dan men-deny creep sekutu). “Farming” sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan mendapatkan exp dan gold dari creeps lawan dengan melakukan “last hit” (atau pukulan terakhir, karena siapapun yg memukul unit lawan terakhir yang mendapat gold).  Hero – hero unik semacam “troll warlord”, bisa mengubah jenis serangan mereka menjadi melee dan ranged sesuai kehendak hati. Hal ini sangat menguntungkan jika anda paham apa yang anda lakukan.

Harrasing adalah hal yang penting pada menit – menit awal permainan, karena ini selain menguntungkan anda dan teammate hal ini sekaligus membuat lawan kesulitan untuk mendapat uang dan level. Kalah level dan kurangnya item – item yg memadai akan membuat team anda kalah dengan mudah. Inilah alasannya kenapa pada beberapa public games, ada player yg memilih hero ranged (dan juga carry) dan ingin solo di mid lane.

3. Peranan Hero (Roles)

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Nyx Assassin, si pembunuh berkaki enam.[/caption]

Selain perbedaan atrribut mereka, para hero juga dibagi menjadi beberapa peranan dalam sebuah match. Saya sempat menyebut beberapa roles diawal artikel, misalnya seperti Juggernaut yang mempunyai role sebagai carry. Selain carry, ada juga role lain seperti; Ganker, Initiator, roamer, disabler, nuker, pusher, dan lain – lain. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa saja.

Ganker, adalah tipe hero yang sangat cocok untuk melakukan ganking (atau gampangnya, “pengeroyokan”, hahaha…). Hero – hero dengan kemampuan menghilang (invisibility) seperti Nyx assassin, rikimaru, atau bounty hunter misalnya, sangat cocok untuk tiba – tiba muncul mengaggetkan hero lawan yang sedang sendirian. Nyx dengan jurus ultimatenya “Vendetta” dapat menghilang dan menyerang hero malang tersebut dengan serangan stun dan membunuhnya beramai – ramai (kombinasinya adalah Vendetta, serangan melee, impale, aktifkan spiked carapace dan mana burn) dengan sebuah tanda Tanya besar di wajahnya. Sungguh malang, but hey…. Itulah tugas utama seorang ganker.

Initiator, adalah tipe hero yang sangat cocok untuk membuka serangan saat war (atau team fights, pertarungan besar antar kedua belah tim). Contoh hero seperti ini adalah hero yang memiliki skill  stun seperti Centaur, Beast master, Sand king, Tidehunter dan banyak lainnya. Item tambahan seperti Blink dagger dan Black king bar akan sangat membantu untuk hero – hero seperti ini.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies RAVAGE, skill andalan Tidehunter![/caption]

Pushers, adalah tipe hero  yang bertugas untuk menghancurkan tower lawan dengan bantuan creeps dan skillsnya yang dapat memanggil unit bala bantuan. Hero – hero yang masuk kategori ini adalah Nature’s Prophet, Broodmother, Rhasta, dan lain – lain. Nature’s Prophet, Furion dapat mengubah pepohonan menjadi treant yang mampu menyerang musuh dan membantu creep sekutu. Hal ini akan dengan cepat menghancurkan tower lawan jika tidak ditangani dengan cepat. Begitu juga Rhasta dengan jurus andalannya “Serpent wards” dapat membuat semacam sentry gun (yang terbuat dari ular – ular magis) untuk merontokkan tower lawan dalam hitungan detik. Menarik  bukan ?

Lanjut ke halaman 4...

4. Komposisi Team

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Sun Tzu berpendapat bahwa perang yang baik adalah perang yang tidak terjadi, tetapi Sven berpendapat berbeda.[/caption]

Komposisi ideal dalam sebuah team DOTA2 yang beranggotakan 5 hero, haruslah memiliki anggota yang bervariasi. Misalnya, Juggernaut (carry), Tiny (Initiator, tanker), Lina (Support, ganker), Nature’s Prophet (support, Pusher) dan Sven (Initiator, pusher, tanker). Team ini akan jauh lebih efektif dibandingkan team yang memiliki anggota; Bloodseeker (carry), Rikimaru (carry), Templar assassin (carry), Faceless void(carry) dan Phantom assassin(Carry).

Kuncinya  adalah mengetahui peranan tiap – tiap hero yang dipilih oleh teammate anda, dan mengisi kekosongan tersebut dengan hero yang anda pilih. Misalnya dengan contoh kasus seperti gambar ini:

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Huskar loves to live dangerously, semakin sekarat Ia akan semakin kuat![/caption]

Rekan kita sudah memilih Tiny (STR, stunner, initiator, tanker), Death prophet (INT, pusher, support), Vengeful spirit (AGI, Support, stunner, pusher) dan Drow (AGI, carry, ganker). Sebenarnya komposisi team sudah oke, namun menambahkan 1 orang carry yang memiliki durabilitas tinggi seperti Huskar (STR, carry, initiator, durable) dapat membantu kita mencapai kemenangan dengan lebih mudah. Karena ini merupakan testing menggunakan bot, saya tidak memperhitungkan komposisi team lawan. Ada ide lain mengenai komposisi ini ? Ditambahkan di kolom komentar ya guys :D

5. Mainkan Hero Yang Mudah dimainkan

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Sven, the Emo Rogue Knight.[/caption]

Nah, ini merupakan salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para Nonoba (noobie noobie bahagia), yaitu memilih hero – hero advanced semacam invoker, meepo, syllabear,rubick dan lain – lain tanpa latihan terlebih dahulu. Bukannya hero tersebut lemah, justru sebaliknya mereka sangat ampuh dalam battle. Sayangnya jika kalian tidak bisa mengoptimalkan penggunaan hero – hero advanced tersebut, itu hanya akan merugikan team sendiri dan sangat menguntungkan team lawan.

Hero yang saya rekomendasikan adalah; Centaur, Dragon knight, Sven, Drow ranger, Crystal maiden, Lich, Lion, Rhasta, Sniper, Tide hunter, dan Witch doctor. Hero – hero adalah hero yang penggunaannya tidak terlalu sulit, dan tetap dapat berpengaruh dalam team dengan menggunakan jurus – jurus yang mudah (akan dibahas lagi di point terakhir). D2ND kali ini tidak akan membahas dengan detail hero – hero tersebut, ada banyak guide bagus yang dibuat oleh orang yang kompeten diluar sana tentang mereka.  Saran awal saya adalah tetap menggunakan hero manapun yang ingin anda gunakan dengan menggunakan menu practice vs bots, setelah itu co-op vs bots, barulah setelah itu menggunakan public match.

Lanjut ke halaman 5...

6. The Lanes (Jalur – Jalur Medan Perang)

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Map yang simple tidak membuat game ini menjadi simple![/caption]

Map Dota memiliki 3 lane (jalur) utama; (dilihat dari sudut pandang team Radiant, berwarna kuning) top lane, middle lane, dan bottom lane. Masing – masing lane memiliki keuntungan dan kelemahannya masing – masing. Lebih lengkapnya kan dibawah ini.

Legenda:

  • X (orange) : Ancient Tower Radiant (sekutu)
  • X (biru) : Ancient Tower Dire (lawan)
  • Kotak hijau : Secret shop 1
  • Kotak Merah : Secret shop 2
  • Segitiga orange : Power ups

A. Bottom Lane / Safe Lane (bawah)

Merupakan lane yang posisinya paling jauh dari markas, merupakan jungle (hutan) dari radiant dimana terdapat neutral creeps yang dapat dikalahkan untuk mendapatkan exp dan gold tambahan. Lane ini merupakan lane yang sangat cocok untuk menempatkan carry karena kemungkinan mendapat gold dan exp sangat tinggi, serta disebut safe lane (jalur aman) karena lumayan aman dari gank musuh (dengan bantuan observer ward tentunya). Komposisi biasanya lane ini akan diisi dengan 1 hero carry, dengan 1 hero support.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Lich and sniper, bisa mematikan bila bekerja sama![/caption]

Strateginya adalah dengan membiarkan hero carry mendapat last hit dan hero support meng-harras hero lawan serta men-deny creep sekutu. Pada point ini, anda harus memahami tentang “Denying” creep, artinya adalah membunuh sendiri creep sekutu agar hero lawan mendapatkan sesedikit mungkin exp dan gold. Caranya ialah dengan menekan tombol keyboard “A” dan klik kiri pada hero sekutu yang akan meninggal. Hal ini disebut juga “forced attack” atau serangan paksa, yang dengan cara biasa tidak dapat dilakukan.

B. Top Lane / Hard lane (Atas)

Jalur ini merupakan jalur yang lumayan dibenci beberapa pemain, karena posisinya yang sangat berbahaya (memasuki jungle musuh) sehingga dapat dengan mudah mendapat serangan ganking dari musuh. Membeli item observer wards (item untuk member vision atau jarak pandang di map kepada sekutu) adalah hal yang wajib disini. Idealnya, lane ini akan diisi oleh initiator dan pusher, terkadang juga hero support terlihat disini.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Butuh bantuan orb di jungle musuh untuk mengatasi gank musuh.[/caption]

Triknya adalah benar – benar bermain aman, dan tidak terburu – buru melawan hero musuh. Farminglah dengan baik dan sabar, sambil sesekali menyerang lawan dan denying creep. Kuncinya adalah tetap sabar dan defensive. Jika benar  - benar terpaksa, posisi secret shop yang strategis bisa membantu untuk membeli teleportation scroll agar bisa kembali ke markas dengan cepat, bila situasi kurang kondusif.

C. Middle Lane (Tengah)

Posisi tengah adalah posisi idaman para hero – hero AGI carry dan ganker, karena pada posisi ini adalah ladang exp dan gold. Tak jarang pula hero yang mendominasi di posisi ini bisa terus berkembang dan tak tertandingi hingga permainan berakhir. Ajang duel 1 vs 1, posisi middle lane benar – benar bisa menjadi pedang bermata 2 bagi pemain yang kurang berpengalaman.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Storm Spirit yang makmur pada lane tengah akan menjadi sangat berbahaya.[/caption]

Pemain yang berada di middle lane sangat mudah untuk membantu sekutu yang berada di top atau bot lane untuk melakukan ganking pada lawan. Patut diperhatikan bila akan melakukan ganking, adalah sangat vital untuk berhasil membunuh lawan, karena jika tidak maka meninggalkan post middle anda (apalagi jika gagal total dan ada sekutu yang terbunuh) adalah tindakan yang sia – sia dan sangat merugikan. Disinilah peran item support semacam “observer wards” (akan dibahas dibawah) sangat berguna untuk melihat posisi power up dan posisi musuh.

Lanjut ke halaman 6...

D. Jungling (Hutan, Neutral creeping)

Selain cara – cara konvensional untuk grinding exp seperti diatas, ada beberapa hero yang (karena skill unik mereka) dapat mencari exp dengan cara “jungling” atau dengan membunuh “neutral creeps” (unit musuh netral yang tidak akan menyerang bila tidak diserang) yang dapat member mereka gold dan exp ketika wave creep musuh sedang tidak ada.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Wards, kamu akan membutuhkan ini![/caption]

Jungle untuk team radiant berada di daerah sekitar bottom lane, anda akan melihat di mini-map anda tanda dot berwarna hijau (itulah neutral creep spot).  Hero – hero seperti  Axe, Naix, Phantom Lancer, Enigma, Nature’s prophet,  Chen, Enchantress biasanya digunakan untuk jungling. Item wajib untuk mereka ada observer wards untuk keamanan dari serangan ganking lawan. Wards ada 2 jenis; Observer (visi standar untuk membuka fog of war/daerah gelap) dan Sentry (untuk melihat unit yang memiliki skill invisible seperti Rikimaru atau Nyx namun tidak membuka fog of war/daerah gelap)Cara ini tidak dianjurkan untuk pemain pemula, oleh karena itu saya tidak akan bahas lebih lanjut mengenai ini.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Contoh neutral creep pada bottom lane radiant.[/caption]

7. Disablers

Bila pada point ini anda masih kesulitan untuk memilih hero,  maka saya akan lebih menyarankan untuk memilih hero – hero disabler. Disable, adalah skill hero yang digunakan untuk membuat team lawan tidak berkutik. Misalnya; stun, hex, sleep, ensnare, dan lainnya. Salah satu hero tersebut adalah Lion, the Demon witch.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Memiliki 3 bintang pada kategori disabler menjadikan Lion cukup disegani.[/caption]

Sedikit overview mengenai hero ini, dia memiliki 4 active skills:

  • Impale sebuah serangan stun dengan area 1 garis lurus, Hex.
  • Skill untuk mengubah lawan menjadi kodok untuk beberapa detik.
  • Mana Drain; untuk menghisap mana dari lawan dan menambah milik sendiri, dan
  • Finger of death; Serangan Ultimate Lion, member damage besar kepada 1 musuh.

Empat jurus Lion ini akan sangat berguna bagi rekan 1 teamnya untuk menyerang musuh. Sayangnya karena tergolong hero INT, maka HP Lion tidak terlalu besar dan akan menjadi sasaran empuk jika tidak ada support dari rekan 1 teamnya.

Duniaku Guide: DotA 2 For Noobies Kombinasi Impale, Hex, Mana drain dan Finger of death akan menjamin lawan menemui ajalnya pada awal permainan![/caption]

Beberapa contoh hero disable lainnya :

  • Rhasta : Hex, shackles
  • Bane : Fiends grip
  • Witch doctor : Paralyze cask
  • Enigma : Black hole

Beberapa situs yang baik untuk mendapat info tambahan tentang DOTA2 :

  • www.dota2alttab.com
  • www.playdota.com
  • www.dotafire.com

Baik cukup sekian D2ND kali ini, semoga bisa berguna bagi nusa dan bangsa. Bagi teman – teman yang ingin bermain DOTA2 namun belum memiliki key, saya akan memberikan 3 key secara Cuma-Cuma bagi pemberi komentar terbaik (Like, share artikel ini, tinggalkan email dan Steam ID).

Thanks for reading, and Good luck!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU