Shooter XCOM yang Sempat Tertunda Kini Bangkit Menjadi The Bureau: XCOM Declassified

Selain XCOM: Enemy Unknown yang sukses membangkitkan kembali nama XCOM klasik, sebenarnya Irrational Games, sebelum sebagian besar tim-nya pecah menjadi 2K Australia, sudah menyiapkan sekuel salah satu franchise terkenal PC tersebut. Saat itu XCOM baru yang dibuat berbeda, mulai setting hingga desain karakternya yang berkesan kartun, disebut-sebut menggunakan genre first-person shooter. Karena perubahan dari strategy yang sudah menjadi ciri khasnya, akhirnya banyak yang skeptis terhadap pengembangan game tersebut. Namun pengembangan terus berjalan. XCOM baru itu diperkenalkan selama event E3 2010, dengan rencana rilis 6 Maret 2012, hingga ditunda sampai 31 Maret 2013, dan akhirnya minggu lalu kami mendapatkan kepastian jika XCOM bergenre shooter itu akan dirilis dengan judul baru, The Bureau: XCOM Declassified, dengan rencana rilis 20 Agustus 2013.

Ketika mengetahui bahwa franchise XCOM akan diubah ke sebuah shooter, penggemar lama langsung protes. Reboot game yang dianggap sebagai salah satu strategy shooter terbaik PC tersebut berpindah ke FPS. President 2K Games, Christoph Hartmann mengungkapkan jika genre strategy terlalu kontemporer, dan mereka ingin satu genre yang bisa diterima lebih luas untuk awal baru XCOM. Namun penggemar dengan tegas menolak, dan akhirnya reboot tersebut tetap berada di ranah strategi melalui Enemy Unknown, yang sukses meneruskan ciri khas serial tersebut dan begitu diterima di tengah penggemarnya.

Awalnya banyak yang mengira pengembangan reboot XCOM asli dengan rencana genre shooter itu dihentikan pasca suksesnya Enemy Unknown, namun ternyata tidak. Sebelum resmi dikonfirmasikan kembali minggu lalu, The Bureau: XCOM Declassified dirumorkan menggunakan gameplay third-person shooter, setting masih berada di tahun 1960-an, dan banyak memasukkan aspek squad-based seperti SOCOM atau Republic Commando, serta dikembangkan dengan tim yang sama yang juga menangani BioShock 2. Ketika dikonfirmasikan minggu lalu oleh 2K Games, pengembangan kini diserahkan pada 2K Marin dan akan dirilis untuk PC, Xbox 360 serta PlayStation 3 — belum ada rencana rilis untuk konsol next-gen.

The Bureau: XCOM Declassified bermula pada tahun 1962 selama masa pemerintahan president Kennedy, dan diposisikan sebagai cerita pembuka untuj XCOM modern, Enemy Unknown. Mengangkat cerita di tengah Federal Bureau of Investigation (FBI), tepatnya pada diri salah satu agennya, William Carter, yang mendapat tugas menyelidiki dan menghentikan kekuatan asing dari luar Bumi yang diduga mengancam umat manusia. Awalnya pemerintah mengira ancaman tersebut menjadi awal invasi dari Soviet, atau bahkan ancaman awal perang nuklir, namun ternyata mereka salah.

Mendengar kata makhluk asing, sepertinya kita bisa merasakan nuansa X-Files di sini. Apalagi yang diangkat adalah pengalaman seorang agen FBI. Kemudian juga diungkapkan jika sebagian besar gamenya nanti memintamu menyelidiki perjuangan seorang ilmuwan bernama Dr. Weir, yang dianiaya karena dia seorang penyuka sesama jenis, dan juga pandanngan politiknya yang bertentangan dengan pemerintah. Dengan genre third-person shooter, untuk pertama kali kamu bakal membawa karakter XCOM bertugas lapangan untuk pertarungan real-time (dibandingkan Enemy Unknown yang lebih turn-based). Hanya saja beberapa unsur gameplay khas strategi seperti permadeath untuk squad mate-mu juga masih ada dalam game. Selain squad mate kamu juga bisa bertemu para karakter pendukung yang akan membangun plot ceritanya.

Gameplay-nya sendiri keseluruhan berbentuk tactical shooter yang diambil dari sudut pandang first-person, dimana kamu bebas masuk mode tactical-view, sehingga selama bermai tetap ada jeda waktu untuk mengatur langkah dua agen lain yang menemani Carter, sehingga tidak murni shooter yang terjadi secara real-time. Jadi inti gameplay-nya tetap bekerjasama dengan satu team agen yang memiliki beberapa class berbeda, yang bisa kamu kustomisasi, memiliki ability khusus yang bakal mendukung selama misi, dan tetap akan mengalokasikan experience point yang didapat untuk menaikkan level mereka atau meng-upgrade unit tersebut.

The Bureau: XCOM Declassified — “The Burn Room”

http://youtu.be/XyGvBzQ9nNI


SHARE
Previous articleGame Kartu Baru dari Nippon Ichi untuk Android, Disgaea Legion Battle
Next articleRumor: Benarkah Wii U Sudah Bisa Dibajak?
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.