[Kuliah Om Jas] Mengenal Mekanisme Inti Game

Yo, kembali lagi kita akan membahas seputar game design yang merupakan (lagi-lagi) hasil penelitian Om Jas untuk memajukan pengembangan game di negara kita tercinta. Memang agak serius dan teknikal sih, tapi setidaknya bisa membuka wawasan kita tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam mekanisme inti engine yang terjadi pada game. Yuk kita sama-sama menambah ilmu dengan mengikuti kuliah kali ini.

Bila kita bermain sebuah game, pastinya kita akan merasakan sesuatu yang berulang-ulang saat kita bermain. Ambil contoh saja sebuah game seperti Pac-Man, di sini hal yang berulang adalah kita harus terus bergerak menghindari hantu-hantu sambil memakan makanan si Pac-Man, dan apabila kita memakan makanan spesial, kita dapat memakan hantu untuk sementara waktu, namun setelah itu kembali lagi seperti semula. Hal ini yang berulang terus pada setiap level game Pac-man. Mekanisme yang berulang-ulang dan menjadi pusat permainan inilah yang disebut sebagai mekanisme inti game.

Mekanisme inti game ini juga mengatur apa yang dilakukan pemain untuk bermain di dalam game yang kita rancang tersebut. Dan hal ini biasanya berulang dengan cepat, sehingga pemain diharapkan untuk mengambil keputusan-demi keputusan pada saat yang tepat. Siklus perulangan yang terjadi pada mekanisme inti game dapat kita lihat pada gambar yang Om Jas buat di bawah ini.

Sesuai dengan gambar di atas, hal-hal yang berulang di dalam mekanisme inti sebuah game adalah sebagai berikut:

Tanggapan terhadap dunia game : Tanggapan pemain terhadap dunia game yang sedang dimainkannya serta pengaruhnya terhadap keputusan yang akan diambil oleh pemain. Jarak sang pemain dengan objek game lain, sumber daya pada dunia game tersebut atau jenis area pada dunia game harus ditanggapi oleh pemain dan dijadikan suatu aspek bagi pemain untuk mengambil keputusan.

Analisis situasi : Situasi yang terjadi pada pemain secara realtime pada saat itu. Apakah pemain tersebut kehabisan amunisi ataukah sedang mendapatkan kekuatan super. Hal ini juga sangat mempengaruhi keputusan yang diambil oleh pemain.

Pemilihan aksi dan Keputusan : Aksi-aksi dalam game yang disediakan melalui antarmuka maupun kendali pada game. Aksi-aksi ini biasanya dipilih berdasarkan tanggapan terhadap dunia game, analisis situasi dan evaluasi aksi-aksi yang sebelumnya.

Eksekusi dan Evaluasi Aksi :Ini adalah aksi yang telah diputuskan pemain, mekanisme inti ini akan menyebabkan mesin game bekerja serta menghasilkan suatu dampak bagi kaakter atau objek yang dikendalikan pemain. Dampak atau akibat dari keputusan pemain inilah yang akan menjadi bahan evaluasi bagi pemain untuk dapat mengambil keputusan selanjutnya.

Yang perlu kita perhatikan adalah, game yang berbeda menekankan aspek yang berbeda pula. Untuk itu kita perlu mengerti beberapa macam tema mekanisme inti pada game. Tema-tema tersebut di antaranya adalah serangan yang terarah, pertarungan strategis, pengumpulan, eksplorasi, balapan serta teka-teki. Tema-tema ini biasanya umum pada banyak game dan dikombinasikan satu sama lain, jadi belum tentu satu game hanya memiliki satu tema mekanisme inti saja. Baiklah ayo kita telusuri satu demi satu tema mekanisme inti pada game itu, siap-siap….

1. Serangan Terarah

Kalau kita lihat dari namanya, berarti kita harus mengarahkan serangan untuk menghancurkan musuh-musuh yang datang dari berbagai arah. Memang, mekanisme inti game dengan tema seperti ini adalah mengarahkan serangan kita. Karakteristik utama dari tema mekanisme inti game ini adalah konflik dengan banyak musuh yang bergerak cepat.

Tanggapan Jarak musuh.
Analisis Gerakan yang dapat dilakukan, kekuatan dan kelemahan karakter kita, kekuatan dan kelemahan lawan.
Keputusan Pergerakan yang akan diambil.
Eksekusi / Evaluasi Bergerak, Menyerang, Bertahan, Melompat.

Beberapa contoh dari game semacam ini antara lain Asteroids, Half Life: Counter Strike, berbagai macam game bertema Shoot ’em Up dan masih banyak lagi.

2. Pertarungan Strategis

Pada pertarungan strategis ini pemikiran yang taktis dan strategis sangatlah diperlukan. Karena kemenangan kita tidak hanya ditentukan dari baiknya koordinasi mata dan tangan atau ketangkasan semata, namun juga dari pemikiran yang matang dan pengaturan langkah yang tepat dan cermat. Karakteristik utama dari tema mekanisme inti yang satu ini adalah konflik dengan musuh yang bergerak cepat atau lambat. Selain itu juga mengumpulkan dan mempergunakan sumber daya yang ada.

Tanggapan Jarak/konfigurasi musuh, aumber daya yang ada dan dapat digunakan.
Analisis Gerakan yang dapat dilakukan, kekuatan dan kelemahan pasukan kita, kekuatan dan kelemahan pasukan musuh, eksploitasi sumber daya, konsekuensi jangka panjang.
Keputusan Menyebarkan pasukan, mengembangkan pasukan, memperoleh sumber daya.
Eksekusi / Evaluasi Memandu unit yang akan diberi tugas tertentu, konsekuensi mungkin saja tidak secara langsung.

Beberapa contoh dari game semacam ini antara lain Civilization IV, Warcraft, Starcraft, Command & Conquer, Catur, Valkyria Chronicles dan masih banyak lagi.

3. Pengumpulan

Kali ini kita dituntut untuk mengumpulkan sesuatu sampai pada jumlah tertentu yang ditentukan. Jadi kita harus tahu di mana letak benda yang akan kita kumpulkan tersebut dan bagaimana cara mengumpulkannya serta rintangan-rintangan yang menghadang. Kemudian kita mengambil langkah dalam mengumpulkan benda tersebut. Karakteristik utama dari tema mekanisme inti ini yaitu mengakumulasikan sesuatu.

Tanggapan Lokasi dari item yang akan dikumpulkan, halangan/rintangan.
Analisis Jalur menuju items, menghindari atau mengatasi halangan.
Keputusan Trayek yang diikuti.
Eksekusi / Evaluasi Bergerak, Mengambil item, Melompat.

Beberapa contoh dari game semacam ini antara lain Pac-Man yang mengumpulkan bola-bola kecil dengan cara dimakan, Katamari Damacy yang mengumpulkan benda apapun dengan cara digulung, Sonic The Hedgehog yang mengumpulkan cincin dengan cara ditabrak dan masih banyak lagi.

4. Eksplorasi

Pada tema mekanisme ini yang ini kita dituntut untuk membuka area-area baru di dalam game. Di area-area baru mungkin saja kita bertemu dengan informasi, musuh, item, teka-teki bahkan sampai kepada gameplay baru. Biasanya area-area ini memang sengaja ditutup untuk menimbulkan rasa penasaran pemain agar mengeksplorasinya. Karakteristik utama dari tema mekanisme ini adalah eksplorasi dari sebuah lingkungan yang belum diketahui untuk mendapatkan hal-hal baru.

Tanggapan Kesempatan untuk melintasi dunia, halangan/rintangan.
Analisis Pilihan navigasi, mengatasi halangan.
Keputusan Kemana kita akan pergi.
Eksekusi / Evaluasi Bergerak.

Beberapa contoh dari game semacam ini antara lain Legend of Zelda Series, Final Fantasy Series, Neverwinter Nights, Diablo dan masih banyak lagi.

5. Balapan

Setiap orang ingin menjadi yang nomor satu bukan? Memang pada dasarnya seseorang senang berkompetisi dan senang bila ia dapat memenangkan kompetisi tersebut sehingga menunjukkan bahwa ia memiliki ketangkasan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Salah satu hal yang biasa dikompetisikan adalah kecepatan. Karena itulah muncul balapan. Kita dapat berlomba-lomba menjadi yang tercepat dengan ketangkasan kita mengendalikan objek balap, apakah itu mobil, go-kart atau bahkan lari di dalam suatu lintasan tertentu yang memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Karakteristik utama dari mekanisme inti game yang satu ini adalah menjadi yang tercepat dalam melalui sebuah lintasan yang telah ditentukan.

Tanggapan Jalur lintasan.
Analisis Trayek yang diinginkan, kemampuan kendaraan kita.
Keputusan Trayek optimal.
Eksekusi / Evaluasi Mengatur Kecepatan, Rem, Menyetir.

Beberapa contoh dari game semacam ini antara lain Mario Kart, Need For Speed, Grand Turismo, Formula 1, Ridge Racer, Driver dan masih banyak lagi.

6. Teka-teki

Banyak orang yang menyukai teka-teki, karena untuk memecahkannya butuh pemikiran dan ketangkasan yang tepat. Di dalam banyak game, mekanisme inti ini sering disertakan agar membuat game tersebut lebih berbobot dari sisi pemikiran, jadi tidak hanya sekedar button-bash atau menekan tombol saja. Daya pikir logis dan matematis seringkali diperlukan untuk menyelesaikan game semacam ini. Karakteristik dari tema mekanisme ini ini yaitu memecahkan teka-teki secara logis.

Tanggapan Elemen-elemen teka-teki.
Analisis Pertimbangan, logika teka-teki.
Keputusan Kemungkinan solusi.
Eksekusi / Evaluasi Mengerjakan solusi atau bagian-bagian dari solusi.

Beberapa contoh dari game semacam ini antara lain Mastermind, Chip Challenge, Tetris, Puzzle Fighter dan masih banyak lagi.

Kita perlu mengerti bahwa mekanisme-mekanisme yang sudah dibahas merupakan mekanisme inti satuan. Hampir semua game tidak hanya memiliki satu mekanisme initi saja, setiap game memiliki kombinasi mekanisme inti sehingga menghasilkan game yang unik dan berbeda.

Beberapa contoh kombinasi dari mekanisme inti game adalah sebagai berikut:

  • Balapan + Serangan terarah : Crash Team Racing, Chocobo Racing
  • Eksplorasi + Serangan terarah + Teka-teki : Zelda, Metroid, Halo, Tomb Raider
  • Eksplorasi + Pertarungan strategis + Teka-teki : Lufia, Pokemon, Final Fantasy, Warcraft III, Banyak RPG dan RTS
  • Eksplorasi + Teka-teki : Myst, game adventure klasik, Siberia
  • Serangan terarah + Teka-teki: Bomberman

Kita juga dapat menentukan sendiri kombinasi mekanisme inti pada game kita, sehingga game kita juga dapat muncul sebagai game yang unik. Tentunya kombinasi tersebut tidak bisa asal jadi, namun perlu pemikiran yang matang dan percobaan yang tidak sedikit untuk dapat menemukan gameplay yang menarik dan membuat pemain betah berlama-lama memainkan game kita. Nah semoga artikel kali ini menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang bagaimana mendesain game yang lebih menarik lagi. Tunggu Kuliah Om Jas selanjutnya.


SHARE
Previous articlePatch dan Demo Kedua Toukiden Siap Dirilis oleh Tecmo Koei
Next articleBima Satria Garuda, Serial Tokusatsu Kerjasama Indonesia-Jepang
Saya adalah seorang penggemar game sekaligus pembuat game. Sehari-hari bekerja sebagai dosen konsentrasi Pengembangan Game, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Teknologi Informasi di Universitas Kristen Satya Wacana. Saat ini mendirikan sebuah studio game indie yang bernama Enthrean. Karena saya penggemar JRPG, impian saya adalah membuat studio game yang bisa menyaingi ketenaran Square Enix.