TouchTen Games: Dari Ide Keluarga Menjadi Publisher Game Mobile dari Developer Indonesia

Beberapa hari lalu, kami sempet menyampaikan kabar dari TouchTen, developer game dari Jakarta yang saat ini mulai melebarkan sayap ke bisnis publishing game mobile. Dua game dari Tinker Games, PAWS! Cat Attack dan Soccer Girl Adventure adalah dua game awal yang mereka rilis di iTunes.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kami berhasil mewawancarai Anton Soeharyo, CEO dari TouchTen Games. Anton banyak bercerita tentang TouchTen, mulai dari bagaimana awal mula terbentuknya, hingga apa rencana TouchTen untuk ke depannya. Ingin tahu hasil wawancara kami? Yuk kita simak bersama!

Duniaku (D): Hallo Anton. Bisa perkenalkan dulu, siapa saja sih TouchTen?
Anton (A): Hi! TouchTen terdiri dari 3 founder, yang kebetulan saudara semua, Saya sendiri Anton Soeharyo (CEO) Kakak, Rokimas Putra Soeharyo (Operation Director) Adik, Dede Indrapurna (CTO) adik sepupu Anton, kakak sepupu Roki, dan ada 12 orang lagi di tim TouchTen

D: Bisa ceritakan sedikit, bagaimana awal terbentuknya TouchTen?
A: Pertama dimulai saat saya masih di Jepang, dan ingin mencari alternatif arubaito (kerja sambilan) bagaimana caranya supaya saya bisa di rumah, santai-santai dan tetap menghasilkan uang jajan. Kebetulan saya dan adik (Roki) mendapat “Angpao” dari papa, dan kami sepakat untuk membuat sesuatu, daripada di hamburkan dan tidak meninggalkan apa apa..

Jadi saya mulai research dan ketemu artikel mengenai aplikasi sound board yang membunyikan berbagai macam suara kentut, dari seluruh dunia, yang bisa menghasilkan $60,000,- per harinya.  Dari sana saya bertekad “kalau orang Amerika saja bisa, masak kentut orang Indonesia kalah?”, dan mulai deh bikin TouchTen

D: Mengapa memilih TouchTen sebagai nama studionya?
A: Saya sewaktu di Jepang, banyak terinspirasi oleh perusahaan besar di Jepang, seperti RakuTEN dan ninTENdo.. TEN dalam bahasa jepang berarti “Langit”. Lalu Touch itu basic movement untuk memainkan game-game di Smartphone sekarang. Jadilah TouchTen. Bukan hanya catchy, tapi juga menggam-barkan impian kami, yaitu if we can dream, one day we can touch the sky, atau mimpilah setinggi langit…

Infinite Sky, salah satu game TouchTen yang sudah merambah Jepang dan China

D: Sejak kapan sih tertarik dengan dunia pengembangan game?
A: Sejak kecil saya dan keluarga suka main game, dan sempat kepikiran kalau bisa bikin game pasti keren yah. Tetapi mulainya kapan itu tidak pasti sih, kami hanya menjalani saja, dan opportunity-nya pas juga..

D: Apa pengalaman paling berkesan selama menjadi game developer, dari awal berdiri hingga sukses seperti sekarang?
A: Mendapatkan funding dari Ideosource. Pertama kali dalam hidup saya ada orang yang mau percaya dengan apa yang ingin saya lakukan sehingga sampai mau merogoh kocek untuk “ikutan”

D: Pencapaian terbesar apakah yang pernah dicapai oleh TouchTen?
A: Banyak sih.. Dari top ranked app, hingga Google Play Featured. Saking anehnya sampai dikira pakai aneh-aneh kaya robot… Tapi pencapaian terbesar menurut saya adalah, bisa membuat Ibu dan adik perempuan saya main game saya dan senang… Puas…

D: Dari sekian banyak game yang sudah dikembangkan, game mana yang paling memberikan kenangan tersendiri bagi kalian? Apa alasannya?
A: Sushi Chain. Namanya anak pertama atau cinta pertama pasti sulit dilupakan. Alasannya karena masih tetap ada pengemar walau itu game perdana dengan pengetahuan minim soal dunia game…

D: Bisa kasih sedikit bocoran nih, apa game yang tengah dikembangkan TouchTen?
Kami sedang membuat Ramen Chain, sekuel namun sedikit menyimpang dari Sushi Chain.

D: Sebagai seorang Game Developer, Anton dan rekan-rekan tentu juga senang bermain game. Apa game favorit kalian?
A: Kalau saya sih Winning Eleven series.. Kalau yang lain pada rahasia rahasiaan. Haha. Alasan saya, karena kalau beli PS game selalu dapet yang itu. Haha, bercanda kok. Alasannya ya karena dari dulu saya suka sepak bola sih..

D: Apa saja rencana TouchTen untuk ke depannya?
A: Kami sedang membuat Mobile Game Publishing platform untuk khususnya Mobile Game Developer Indonesia dahulu. Sebagai langkah awal, kami sudah bekerja sama dengan Tinker Games untuk merilis dua game mereka, PAWS! Cat Attack dan Soccer Girl Adventure.

Kru TouchTen bersama dengan Tinker Games

D: Bagaimana Anton melihat perkembangan dunia development game di Indonesia sekarang ini?
A: Saya rasa banyak talenta bermunculan, hanya disayangkan semua terhambat karena payment system belum bagus..

D: Adakah tips atau trik dari Anton untuk para pembaca yang juga ingin terjun ke dunia development game?
A: Tips dan trik cuman satu: harus pantang menyerah, dan mau belajar hal baru setiap detiknya. Karena dunia game sangatlah sulit dan penuh saingan.

D: Terima kasih banyak buat waktunya. Sukses terus buat TouchTen Games ya!
A: Thanks banget juga!


SHARE
Previous articleAksi Falcon dan Black Widow dalam Foto-foto Terbaru Captain America: The Winter Soldier
Next articleFase Closed Beta dari Infinite Crisis Segera Dimulai!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.