NX2000, Smart Camera Baru Samsung yang Makin Mudah Terhubung Jejaring Sosial

Di Indonesia Samsung memang baru menjual kamera tipe Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC) yang dikenal melalui seri NX-nya dengan tipe NX20 saja yang paling baru, meskipun Maret lalu sudah keluar penerusnya, NX300. Belum juga mendarat di pasaran lokal, sudah muncul upgrade-nya yang lebih cerdas, NX2000.

Kamera ini awalnya muncul pertengahan April lalu, dan diperlihatkan memiliki satu tombol khusus dengan dugaan awal tombol Home seperti pada tipikal Android Samsung. Kontan langsung banyak menduganya sebagai penerus Galaxy Camera. Dan kemarin Samsung resmi mengkonfirmasikan NX2000 yang memiliki sensor 20.3MP APS-C CMOS dan konektivitas Wi-Fi plus NFC tersebut.

Meskipun tidak memiliki sistem operasi khusus seperti Galaxy Camera yang menggunakan Android, namun Samsung NX2000 masih masuk kategori kamera SMART-nya Samsung. Selain sensor yang lebih baik dari pilihan kamera cerdas mereka sebelumnya, NX2000 juga dilengkapi engine pemrosesan foto DRIMe IV yang mendukung selama pemrosesan foto dan reproduksi warna. Layarnya pun membesar dari seri NX terakhir, meskipun tidak selega dalam Galaxy Camera. Untuk NX2000 ini interaksi dengan antar mukanya diserahkan pada layar 3.7-inchi dengan resolusi WVGA.

Kemudian tombol yang sebelumnya diduga sama seperti tombol Home pada Android, ternyata sekadar menjadi tombol untuk membagikan melalui tombol direct link hasil foto ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dll. Walaupun memiliki fungsi sharing yang cerdas, namun NX2000 tetap memerlukan dukungan gadget lainnya, melalui aplikasi Smart Camera yang tersedia untuk iOS dan Android, yang membantunya selama proses sharing foto, atau untuk mem-backup date melalui koneksi Wi-Fi atau NFC.

Samsung sendiri menjual kamera mirrorless (tanpa cermin seperti yang biasa dijumpai dalam tipikal DSLR) NX2000 ini dengan satu lensa standar 20-50mm, dan tersedia dalam pilihan warna White, Pink dan Black. Harga yang ditawarkan adalah $650 di US dan €649 di Jerman. Di Indonesia sendiri sepertinya pilihan mirrorless ini masih belum sepopuler DSLR, sehingga pilihannya yang banyak dicari pun baru NX20 dan NX200 saja dari Samsung. Namun kamu yang pengen DSLR tapi tidak mau repot karena ukurannya (dan juga sensitif dengan harganya), tipikal MILC seperti NX ini bisa menjadi solusi yang “smart.”

Sumber: Samsung


SHARE
Previous articlePreview dan Detail Baru GTA V, dari Perpindahan Karakter hingga Fitur Multiplayer!
Next articlePerkenalan Para Karakter The Witch and the Hundred Knights
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.