Acer Tawarkan Iconia A1-810, Android 4.2 Prosesor Quad-core Harganya Cuma Sejutaan Gan!

Acer sukses menawarkan tablet dual-core murah melalui Acer Iconia B1-A71, kemudian mereka terdengar mau menggoyang pasar middle dengan menyiapkan varian Iconia murah lainnya, namun langsung menggunakan prosesor quad-core. Kemarin Acer resmi mengkonfirmasikannya melalui event Acer Touch, yaitu Acer Iconia A1-810.

Seperti rumor yang sudah beredar sebelumnya, tablet baru Acer ini memag mengagumkan secara value-for-money. Apa yang kami sukai, Acer menjadi yang pertama menggunakan chipset terbaru dari MediaTek, yaitu MT8125 yang menggunakan prosesor quad-core dari arsitektur Cortex-A9 dengan kecepatan 1.2GHz, teknologi pemrosesan 28nm yang cukup hemat dan kompak ukurannya (dan tentu saja sangat kencang). Untuk GPU-nya, sebelumnya MediaTek selalu menggunakan chip pengolah grafis dari texas Instrument, dan yang belum jelas apa yang diterapkan di sinim namun dugaan mengarah ke PowerVR SGX 544MP1 dengan clock speed 300 MHz, atau kelasnya sebenarnya sama seperti pada Galaxy S4 (tentu saja dengan jumlah core yang berbeda, karena Samsung memilih SGX544MP3 dengan tiga core).

Apa pun GPU-nya, seharusnya konfigurasi quad-core dengan prosesor yang dibangun dari teknologi pemrosesan 28nm tersebut dengan mudah mengolah grafis untuk layar dengan resolusi hanya 1024×768-pixel, atau resolusi yang sama yang digunakan Apple pada iPad 2, atau jika mencari lawan yang sangat pas, iPad mini.

Bicara iPad mini, tidak kebetulan Acer memilih resolusi XGA tersebut, karena Iconia A1 ini juga masih nyaman dioperasikan melalui satu tangan dengan dimensi yang tidak terlalu besar, dan layarnya pun sama dengan iPad mini, alias 7.9-inchi dengan kerapatan 162 PPI. Detail ukurannya 208.7mm x 145.7mm x 11.1mm dan dengan berat 410-gram (untuk versi WiFi; atau 430-gram untuk yang sudah menggunakan modul 3G). Termasuk ringan, mengingat tipikal tablet dengan kelas 7-inchi juga berada di angka 300-400 gram, atau dibandingkan iPad mini yang beratnya 308 gram, Iconia A1 masih termasuk ringan.

Fitur lainnya yang disematkan Acer ke dalamnya, seperti layar 7.9-inchinya menggunakan material CLD IPS dengan resolusi XGA, RAM 1GB DDR3L, internal storage eMMC 8GB/16GB, kamera depan 0.3-megapixel (640×480), kamera belakang 5-megapixel minus LED flash (dengan kemampuan merekam video dengan kualitas full HD 1080p pada 30 bingkai per detik), slot microSD yang mampu menerima kapasitas hingga 32GB, port micro USB 2.0, micro HDMI, GPS, Bluetooth 4.0, 802.11b/g/n, dan baterai dengan rating 18.6Wh yang diklaim memberi masa aktif hingga delapan jam.

Secara software Iconia A1 bakal menggunakan Android 4.2 Jelly Bean, plus antar muka software dengan banyak trik yang mengoptimalkan sentuhan jari. Untuk harganya, Iconia A1-810 dengan kapasitas internal 16GB bakal dijual mulai Juni nanti dengan harga US $199,99 atau sekitar Rp. 1.95 jutaan. Sedangkan yang 8GB bisa kamu dapatkan dengan harga $169.99, atau sekitar Rp. 1.65 jutaan. Termasuk murah untuk ukuran tablet dengan brand Acer dan menggunakan chipset quad-core!

[cb type=”company”]Acer[/cb]


SHARE
Previous articleNonton Yuk: Kumpulan Video Parodi Star Wars!
Next articleBethesda Konfirmasikan The Void Walker’s Aresenal, Kompilasi Paket Pre-order Dalam Satu DLC
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.