Liputan Event Duniaku Checkpoint: Gathering Bersama World Mythology Community!

Halo Citizen! Jum’at, 3 Mei 2013 lalu, bertempat di 1/15 Coffee Gandaria, Duniaku kembali menggelar event Duniaku Checkpoint yang kali ini bekerja sama dengan komunitas pecinta mitologi, World Mythology Community, dengan tema yang diangkat adalah Menjelajah Mitos dan Legenda di Tanah Borneo. Tidak hanya gathering saja namun Duniaku Checkpoint juga menghadirkan Alfi Zachkyelle, seorang komikus yang baru saja merilis komik dengan judul Neraka Borneo, sebuah komik yang mengambil ide dasar mitologi lokal khas Borneo. Selain itu, Cendana Art Media juga meyediakan booth bagi para pengunjung yang ingin membeli komik-komik Alfi yang lainnya.

Acara dimulai dengan sesi bedah komik oleh Alfi. Disini Alfi menjelaskan bagaimana dia bisa mendapatkan ide untuk menulis komik Neraka Borneo yang ternyata idenya sendiri sudah muncul sejak sekitar tahun 1998. Alfi mengatakan bahwa apa yang ada di dalam komiknya berasal dari hasil interpretasi mitos-mitos lokal tanah Borneo. Berbagai makhluk-makhluk ajaib yang biasa muncul di dalam game-game bertemakan mitologi asing pun ternyata juga ada di Indonesia. Alfi mengangkat tema mitos pegunungan, dimana di Indonesia banyak terdapat gunung yang disakralkan oleh penduduk setempat. Di Kalimantan sendiri ada yang namanya Gunung Lumut dimana menurut mitos yang ada gunung tersebut adalah tempat berkumpulnya para arwah sebelum pindah ke dunia selanjutnya.

Diskusi menjadi semakin seru karena seperti biasa, arah pembicaraan semakin terbuka menjadi pembahasan mengenai konspirasi di balik mitos-mitos lain. Salah satunya adalah kesamaan mitos mengenai gunung yang dijadikan tempat berkumpulnya arwah di Gunung Lumut yang sama dengan sebuah mitos di Jepang. Para peserta yang hadir pun cukup interaktif, ditandai dengan banyaknya pertanyaan maupun pernyataan yang dilontarkan kepada Alfi yang memang pecinta konspirasi. Akibatnya, acara yang harusnya selesai pukul 9 malam mundur sampai hampir pukul 10:30!

Acara ditutup dengan pembagian Doorprize dari Cendana Art Media berupa komik Neraka Borneo dan T-shirt kepada 3 orang yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Alfi, mereka adalah Radix Hidayat, Aruga Perbawa dan Muhammad Sofyan. Peserta yang sudah memiliki komik Neraka Borneo pun berkesempatan untuk meminta tanda tangan langsung kepada Alfi. Seru bukan? Pastikan kamu hadir di event Duniaku Checkpoint yang berikutnya!


SHARE
Previous articleYuke’s Siapkan Versi Game dari Pacific Rim!
Next articleTime and Eternity Akan Dibawa ke Amerika Utara dan Eropa oleh NIS America
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.