EA Dapatkan Hak Pengembangan dan Publishing Game-game Star Wars dari Disney!

Seperti yang sudah kita tahu sebelumnya, Disney memutuskan untuk menutup LucasArts dan membatalkan pengembangan beberapa game Star Wars yang tengah dikerjakan, seperti Star Wars 1313, First Assault dan Battlefront III. Rupanya, penutupan LucasArts tersebut hanyalah langkah awal dari Disney saja untuk game Star Wars. Semalam, Disney sudah mengkonfirmasikan, bahwa mereka sudah menggandeng EA untuk mengembangkan dan menjadi publisher dari game-game Star Wars nantinya!

Hal ini disampaikan langsung oleh John Pleasant, Wakil Presiden dari Disney Interactive. “Perjanjian ini menunjukkan komitmen kami untuk membuat sebuah pengalaman game yang berkualitas, yang juga bisa meningkatkan popularitas Star Wars di masa yang akan datang,” ungkap Pleasant seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Berkolaborasi dengan salah satu developer game papan atas memungkinkan kami untuk membawa portofolio judul game baru Star Wars yang mengagumkan untuk para penggemar di seluruh dunia,” ungkap Pleasant lebih lanjut.

Star Wars: The Old Republic, satu game Star Wars yang pernah dikembangkan oleh BioWare dan dipublikasikan oleh EA

Perjanjian ini berarti nantinya EA akan mendapatkan hak penuh untuk mengembangkan dan mempublikasikan game-game Star Wars untuk berbagai macam platform dalam jangka waktu yang panjang. Untuk mengembangkan game-game Star Wars, Frank Gibeau sang Presiden dari EA mengungkapkan bahwa mereka akan mengerahkan beberapa studio besar mereka, seperti BioWare yang dikenal dengan Mass Effect-nya, DICE yang dikenal dengan Battlefield-nya, dan Visceral yang naik daun lewat Dead Space. Disney sendiri masih memegang hak untuk mengembangkan game-game Star Wars untuk platform mobile dan sosialnya.

Mendapatkan hak pengembangan dan publishing game-game Star Wars sendiri juga bukanlah hal baru bagi EA. Seperti yang kita tahu, EA sudah pernah mempublikasikan beberapa judul game Star Wars, salah satunya adalah Star Wars: The Old Republic, sebuah game MMORPG yang dikembangkan oleh BioWare dan dirilis pada 2011 lalu.

Sebagai salah satu penggemar Star Wars, saya harap sih EA dan studio-studio besar mereka benar-benar bisa membawa game Star Wars berikutnya ke level yang lebih tinggi. Atau dengan opsi lain, melanjutkan pengembangan First Assault, Star Wars 1313 dan Battlefront III dengan baik. Mungkin bisa melanjutkan pengembangan First Assault di tangan DICE yang memang spesialis di ranah FPS, Star Wars 1313 di tangan Visceral dan Battlefront III di tangan BioWare adalah beberapa keputusan yang saya rasa akan sangat menjanjikan.

Bagaimana menurutmu?

[Sumber: VG247]


SHARE
Previous article[Geektopia] Serious Business
Next articleFast and Furious 6 Rilis Sembilan Klip Baru
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.