Masa Depan Industri Game Ada di Tangan Mobile Gaming?

Jawaban atas pertanyaan judul artikel ini sebenarnya sudah ada, walaupun belum 100%. Apa benar industri game konsol makin dipengaruhi perkembangan game mobile? Satu yang pasti, Nintendo mengakui jika penjualan mereka menurun karena iPhone. Bagaimana dengan yang lain?

Masa Depan Industri Game Ada di Tangan Mobile Gaming?

Jawaban atas pertanyaan tersebut sebenarnya sudah ada, walaupun belum 100%. Jika masa depan dunia game, khususnya konsol tidak dipengaruhi mobile game, tidak perlu raksasa produsen game seperti Microsoft, Sony dan Nintendo mengikuti tren dan menjadikan layar sentuh sebagai perangkat pendukung permainan game. Selain itu, lebih dari 50% developer game yang memilih untuk mengembangkan game pada platform mobile juga menjadi salah satu indikator. Para developer jelas tergiur dengan begitu cepatnya mobile game tumbuh, dan hanya dua tahun sejak dimulainya kebang-kitan platform game mobile, penjualan game ponsel meningkat drastis, dan diprediksi bakal sampai mencapai US $7.5 milyar pada tahun 2015 mendatang, meningkat dari $2.7 milyar pada tahun 2012 lalu. Kita lihat saja bagaimana perkembangannya nanti, apakah benar mobile gaming bakal sukses menjadi platform terfavorit untuk bermain game, atau justru membuat konsol dan PC menjadi lebih diminati karena banyaknya integrasi fungsi dengan smartphone dan tablet.

TENTANG PENULIS
Ura

Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.