Sony Membuat Xperia Z Diet Ketat, dan Hasilkan Xperia ZR yang Lebih “Anti Air”

Bagaimana jadinya jika Sony menyusutkan ukuran tubuh Xperia Z? Jawabannya adalah Xperia ZR. Smartphone ini hadir dengan dimensi yang lebih kecil dari flagship Xperia Z, namun membawa semua kelebihan dari smartphone Android anti air tersebut.

Ponsel dengan fitur anti air sepertinya susah ditemui akhir-akhir ini, apalagi jika itu masuk kategori menengah atas. Dan satu yang konsisten dengan fitur tersebut adalah Sony. Mereka kembali mengkonfirmasikan satu lagi smartphone anti air yang juga mendukung koneksi 4G LTE, Xperia ZR. Meskipun diposisikan di bawah kakaknya Xperia Z, namun Xperia ZR lebih percaya diri ketika berukuran dengan air. Sony membekalinya dengan sertifikat IP55 and IP58, setingkat di atas Xperia Z yang membawa standar P55 and IP57. Itu artinya Xperia ZR bisa menyelam lebih dalam dan lebih lama, hingga 1.5 meter selama 30 menit di dalam air tawar — masih boleh membawanya berenang di kolam renang, tidak untuk di air laut.

Itu satu kelebihannya. Hanya saha menegaskan posisinya di bawah Xperia Z, Sony hanya menyediakan bidang interaksi kita dengan Xperia ZR melalui layar TFT 4.6-inchi yang oleh Sony disebut Reality Display, dan juga masih didukung pemrosesan warna melalui teknologi BRAVIA Engine 2. Tidak hanya bidangnya mengecil, namun resolusinya juga dipangkas menjadi hanya HD 720p, atau 720 x 1280-pixel.

Dimensi dan layar memang menyusut, namun Xperia ZR masih menawarkan spesifikasi kelas atas Xperia Z. Kamu mendapatkan chipset Qualcomm Snapdragon S4 Pro APQ8064 dengan empat inti prosesor Krait yang kecepatannya 1.5GHz. Dukungan RAM 2 GB menjamin kinerjanya minim lag, plus kelembutan animasi interface-nya juga terwujud melalui Android 4.1 Jelly Bean. Tidak hanya itu saja, kameranya pun sama, 13-megapixel dengan sensor Exmor RS yang mampu mengambil foto dan video dalam mode HDR, bahkan juga ketika kamu berenan. Kamera itu memiliki opsi perekaman video full HD 1080p, dan 15fps burst mode. Kami juga masih menyambut adanya tombol khusus untuk mengambil foto, sesuatu yang akhir-akhir ini jarang diterapkan pada sebuah smartphone.

Menurut Sony, mereka akan merilis smartphone dengan baterai 2,300mAh ini pada kuartal kedua 2013 mendatang, namun tanggal pasti dan berapa harganya belum diungkapkan.

Xperia™ ZR – The new waterproof smartphone from Sony

Xperia™ ZR – A Closer look: Experience filming underwater in Full HD

[nggallery id=550]

[cb type=”company”]Sony Mobile[/cb]

Sumber: Sony