Capcom Konfirmasikan Perilisan Phoenix Wright: Ace Attorney – Dual Destinies untuk Pasar Barat

Kamu termasuk penggemar berat serial Ace Attorney (dikenal di Jepang dengan nama Gyakuten Saiban)? Jika iya, berbahagialah. Karena Capcom telah mengkonfirmasikan akan membawa Gyakuten Saiban 5 ke pasar barat, Amerika Utara dan Eropa, dengan judul baru yakni Phoenix Wright: Ace Attorney – Dual Destinies (PW: AA – Dual Destinies)! Rencananya, Capcom akan merilis game ini untuk 3DS pada kuartal ketiga tahun ini dan tersedia hanya dalam bentuk digital saja, alias eksklusif di-download melalui Nintendo eShop.

PW: AA – Dual Destinies mengambil setting waktu delapan tahun setelah penampilan terakhir Phoenix Wright, atau setahun setelah Apollo Justice: Ace Attorney. Di sini kita akan melihat kembali aksi sang pengacara Phoenix Wright. Kasus pertama akan menempatkan dirinya melawan sang jaksa penuntut Gaspen Payne, adik laki-laki dari Winston Payne.

Turut menyertai Phoenix adalah Apollo Justice, yang hadir kembali setelah game Apollo Justice: Ace Attorney, bersama karakter baru yang bernama Athena Cykes (kita mengenalnya sebagai Kizuki Kokone di Gyakuten Saiban 5) sebagai pengacara pendamping. Athena memiliki kemampuan spesial bernama “Mood Matrix”, di mana dia bisa mendeteksi kondisi emosional para saksi saat memberikan pernyataan. Jadi dengan kemampuan itu, Athena bisa melihat apakah para saksi terkejut, marah, sedih, atau gembira saat memberikan pernyataan, dan membandingkan emosi tersebut untuk melihat adanya kontradiksi.

Dari sisi gameplay, tidak ada perubahan mendasar dan kamu bisa menikmati gameplay khas ala AA di sini. Hanya saja yang berubah adalah tampilan grafisnya, menggunakan format 3D sehingga animasi dan detail ekspresi wajah para karakternya terlihat lebih hidup. Serta dengan kemampuan 3DS, kamu bisa mengubah tampilan bahkan memperdekat jarak pandang saat melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara, sehingga bisa menemukan bukti-bukti baru.

Dan mungkin untuk pertama kalinya game PW: AA – Dual Destinies yang termasuk dalam jajaran serial AA dirilis hanya dalam bentuk download. Senior wakil-presiden CapcomUSA, Christian Svensson, menjelaskan hal ini melalui Capcom Unity.

“Sorry guys, but a physical release is not in the cards.

Historically it’s been tough to attract long term retail support for Ace Attorney titles. With the release of Phoenix Wright: Ace Attorney – Dual Destinies we wanted as many people as possible to be able to enjoy the game for as long as possible. With that in mind we have opted for a digital only release via the Nintendo 3DS eShop.

I understand that this decision may upset fans who wanted to have a physical version of the title to add to their collection but we believe this direction is the best to take.

We will be confirming details on the price point in the not-so-distant future which I hope will also shed more light on the strategy at play here.”

Dari pernyataan beliau tersebut, terlihat bahwa pihak Capcom ingin game ini bisa dinikmati terus tanpa harus terbatas dengan perilisan hard copy game-nya (yang bisa terjadi karena kehabisan sehingga menunggu perilisan ulang). Sehingga dengan pemikiran seperti itu, mereka menganggap perilisan PW: AA – Dual Destinies hanya dalam bentuk download via Nintendo eShop menjadi pilihannya. Tapi hingga saat ini Capcom belum mengkonfirmasikan tanggal rilis dan harga pastinya.

[ Sumber : Capcom Unity, Siliconera (2), Gematsu ]


SHARE
Previous articleProfil Komunitas: Movies Explorer Club, Tempat Berkumpulnya Para Pecinta Film!
Next articleFoto Terbaru Wolverine dan Beast dalam X-Men: Days of Future Past
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.