BlackBerry Q5 Muncul Untuk Kelas Menengah, Pilihan yang “Lebih Murah” Dari Q10

Bersamaan dengan pengenalan BlackBerry Messenger untuk iOS dan Android selama BlackBerry Live 2013, BlackBerry juga mengumumkan penambahan portofolio smartphone mereka melalui BlackBerry Q5. Smartphone BlackBerry yang sebelumnya disebut sebagai R10 itu menyasar kelas menengah, namun sudah mengadopsi interface OS 10.

Pertama kali kita mendapat kabar mengenai BlackBerry Q5 awal Mei lalu, melalui spy shoot yang menunjukkan bagaimana desain smartphone tersebut. Menunjukkan casing warna merah, yang terasa sekali kesan plastiknya. Saat itu juga sudah disebutkan akan hadir dengan beberapa pilihan warna. Dan di awal BlackBerry Live 2013 di Orlando, USA kemarin, BlackBerry (dulunya disebut sebagai RIM) langsung membuka event tersebut dengan konfirmasi resmi BlackBerry Q5. BlackBerry dengan OS 10 kedua yang menggunakan keyboard QWERTY itu bakal ditujukan untuk pasar negara berkembang yang masih banyak penggunanya berkutat pada pilihan yang harganya terjangkau seperti seri Curve. BlackBerry Q5 ini pun terasa makin melengkapi konfirmasi BBM untuk Android dan iOS, yang memang sebuah keputusan yang dipilih BlackBerry untuk mempertahankan user base mereka yang sangat besar (bahkan jauh lebih besar dari negara asalnya) di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Thorsten Heins, President dan CEO BlackBerry mengatakan jika pihaknya tidak sabar menghadirkan BlackBerry Q5 untuk beberapa negara terpilih, karena memiliki semua kelebihan OS 10 serta dukungan keyboard QWERTY. Berikut kutipan lengkap Heins tersebut:

“BlackBerry is excited to bring the new BlackBerry Q5 smartphone to our customers in selected markets around world,” said Thorsten Heins, President and CEO of BlackBerry. “The BlackBerry Q5 gives you the best of everything with its cutting-edge BlackBerry 10 functionality and a physical QWERTY keyboard. It is for youthful fans that are passionate, confident and bold, and it makes it easy for them to have fun, create, share and stay connected.”

Juga ada pilihan dengan warna pink lho!

Untuk Blackberry Q5 ini, kamu mendapatkan layar berdimensi 3.1-inchi yang juga dilengkapi panel sentuh, plus feedback interface maksimal melalui keyboard QWERTY yang sampai saat ini masih menjadi identitas utama sebuah BlackBerry. Layarnya walaupun mungil, namun memiliki bidang dan resolusi yang sama dengan “saudaranya” yang diposisikan lebih tinggi, yaitu BlackBerry Q10. Resolusi layarnya 720 x 720-pixel, namun tidak menggunakan material Super AMOLED, sekadar LCD biasa. Keyboard-nya itu juga tidak terlihat berkesan menonjol begitu saja seperti yang diberikan pada seri Curve, namun memiliki pola yang sama seperti tipikal seri Bold.

Kemudian untuk menjalankan software BB OS 10, smartphone dengan warna-warna casing cerah ini menyerahkan pada kinerja prosesor dengan dua inti berkecepatan 1.2Ghz, yang dipadukan dengan internal storage 8 GB — bisa diperbesar melalui slot microSD. Kapasitas RAM-nya pun juga tidak dikurangi dari saudaranya, yaitu 2GB. Data lainnya, baterai smartphone ini tertanam di dalam tubuhnya, tidak mungkin kamu lepaskan dengan mudah. Jadi yang sudah terbiasa mengalami hang BlackBerry-nya lalu cabut baterai, bisa mulai ditinggalkan kebiasaan lama tersebut.

Menurut rencana BlackBerry Q5 bakal dirilis untuk negara-negara eropa, Timur Tengah, Afrika, Asia (termasuk yang di wilayah asia Pasifik), dan Amerika Latin, dengan ketersediaan mulai awal Juli mendatang, dengan pilihan warna hitam, putih, merah dan merah muda. Kita tunggu saja berapa harganya nanti, asal jangan “tidak terpaut jauh” dari BlackBerry Q10, yang baru dirilis awal Mei lalu di Eropa, serta baru masuk Indonesia secara tidak resmi, dijual dengan harga Rp 10 jutaan. Prediksi penulis, BlackBerry Q5 ini akan dijual dengan rentang harga 4 jutaan.

BlackBerry Q5 Smartphone Specifications

 
SIZE (L X W X D) 120MM X 66MM X 10.8MM (10.5MM FOR NON-NFC MODEL)
Weight 120g
Display 3.1”, IPS LCD display, 720 x 720 resolution at 329 PPI
Keyboard 35-key  physical QWERTY keyboard with discrete keys and backlight (language specific keyboards such AZERTY and QWERTZ also available in local markets
Software BlackBerry 10.1 OS
Memory 2 GB RAM, 8 GB Flash
Hot Swappable microSD slot (up to 32 GB)
Processor Dual Core 1.2 GHz
Camera 5 MP rear facing camera, Auto Focus, 5x digital zoom
1080p HD video recording, LED flash
2MP front facing camera, 3x digital zoom
720p HD video recording
GPS Assisted, Autonomous, and Simultaneous GPS
Bluetooth Bluetooth 4.0 Low Energy
NFC NFC-enabled to support mobile payments and file exchange
Advanced Sensors  Accelerometer, Magnetometer, Proximity, Gyroscope. Ambient light sensor
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Mobile Hotspot
Network Connectivity 4G LTE  or HSPA+,  support for global roaming
Battery Embedded 2180 mAh

Sumber: BlackBerry


SHARE
Previous articleKendalikan Game Menggunakan Pikiran dalam Son of Nor!
Next articleKonami Mencuri Start, Siapkan Presentasi Sebelum Bergulirnya E3 2013
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.