Binekon, Animasi Lokal Dengan Cerita Yang Menggemaskan

Animasi lokal yang berkualitas? Pembaca pastinya masih banyak mendengar gaung mengenai betapa kurangnya animasi-animasi lokal di Indonesia, dari itu segi kualitas maupun segi kuantitas. Tapi jangan salah, ada satu animasi buatan anak bangsa yang kualitasnya bisa dikatakan setara dengan kualitas animasi-animasi luar. Animasi lokal ini adalah Binekon.

Tepatnya pada tanggal 5 April lalu, Binekon muncul dengan video pertamanya di youtube. Digawangi oleh dua animator muda bernama Haryadhi dan Oktodia Mardoko, animasi lokal yang penuh dengan konten budaya dan “Bhineka Tunggal Ika”-nya ini menampilkan suatu animasi berkualitas tinggi. Dengan kelima karakater yang menyimbolkan ke lima pulau besar di Indonesia, Binekon menonjolkan kelucuan, keluguan, dan keimutan dari kelimanya.

Lalu kenapa namanya Binekon? Binekon berasal dari dua kata, Bhineka dan Ikon. Ini mewakili keberagaman nusantara Indonesia. Menurut Haryadhi dalam interview-nya bersama Flipper Magazine, seperti yang dikutip KaoriNusantara, kata ikon mewakili keberagaman, serta mewakili pula lima prinsip kehidupan bernegara Pancasila, dan juga mewakili lima pulau terbesar di Indonesia.

“Indonesia itu kaya raya. Indonesia itu penuh keberagaman. dan indonesia itu penuh persaudaraan. disampaikan secara pop, melalui karakter yang lucu dan simple yang mampu diterima secara visual oleh anak-anak. dan penyampaian yang tanpa dialog, diharapkan akan menjadi bahasa universal yang mampu diterima oleh penonton dari semua usia dan semua negara.” tambah Haryadhi.

Binekon sendiri berkeinginan menjadi konten bagi anak-anak Indonesia agar Indonesia memiliki ikon yang mewakili seluruh penjuru nusantara. Episode pertama sendiri telah mencapai 12.000 view yang menjadikan sebagai keberhasilan tersendiri bagi Binekon.

Jabo dari Jawa
Sumi dari Sumatera
Kale dari Kalimantan
Sula dari Sulawesi
Papu dari Papua

Bagi kalian yang tertarik dengan Binekon, kalian bahkan bisa mendapatkan merchandise kelima karakter nan imut tersebut di situs mereka, Binekon.com. Maju terus animasi lokal Indonesia!

courtesy: KaoriNusantara

 


SHARE
Previous articleFoto Terbaru Pacific Rim Tampilkan Tengkorak Raksasa Kaiju
Next articleRiddick Rilis Trailer Keduanya!
Penulis berbagai macam tema, mulai dari anime, game, kucing, Naruto, Dragon Ball, meme, netizen, dan banyak hal lainnya seputar itu.