Google I/O 2013: Play Music All Access, Cukup 100 Ribu Untuk Download Musik Sepuasnya!

Seperti yang kita ketahui, Google punya gawe mulai hari ini (atau tanggal 15 waktu setempat) di San Fransisco, melalui Google I/O 2013. Event konferensi tahunan tersebut terfokus untuk developer, yang memaparkan apa saja fitur baru dari layanan atau produk Google. Melalui bocornya aplikasi Play Games beberapa hari lalu, banyak yang menduga Google I/O kali ini akan banyak mengajukan update dengan tema “game.” Benarkah demikian? Berikut rangkuman kami apa saja yang terjadi atau mengiringi selama Google I/O hari pertama berlangsung. Untuk ulasan hari pertama lainnya, buka saja artikel ini.

http://youtu.be/aM0yVDSKKGs

Google Play Music All Access,  Cukup 100 Ribu Untuk Download Musik Sepuasnya!

Layanan Play Music memang belum dibuka di negara kita, namun selama Google I/O hari ini Google menunjukkan jika mereka sudah selangkah lebih maju menawarkan portal musik terbaik Google Play Music All Access. Kini Play Music membuka akses berlangganan dengan biaya $9.99 setiap bulannya, dan kamu bebas menikmati perpustakaan musik online tanpa batasa. Selain biaya bulanan tersebut, Google juga mengupdate aplikasi Play Music mobile mereka dengan fitur baru seperti merubah sembarang track lagu menjadi radio station.

Play Music mungkin sama seperti layanan portal musik lain seperti iTunes, namun Google berhasil membuatnya berbeda karena melalui aplikasi tersebut kamu bisa mengakses semua musik yang kamu miliki. Mulai dari yang ada di dalam storage Android-mu, yang sudah kamu upload ke akunmu, sebelumnya kamu beli entah satu album atau tiap track, hingga semua musik yang kamu tambahkan dalam library aplikasi tersebut melalui berlangganan bulanan. Semua itu bisa dilakukan oleh Play Music. Jadi tidak perlu ada aplikasi lain yang perlu kamu install untuk berlangganan musik, atau sekadar mendengarkan musik yang kamu simpan di microSD.

Radio Station bukanlah “stasiun radio” yang jamak kita kenal (dengan FM / AM), namun semacam playlist yang ter-generate otomatis berdasarkan pilihan track pertama.

Google juga membuat aplikasi ini bisa diakses melalui web. Jadi semua library musikmu tadi akan disinkronisasikan dengan cloud dan bisa diakses melalui web browser desktop. Kemudian kamu tinggal menyentuh satu track untuk membuat sebuah radio station yang berhubungan dengan track yang kamu pilih tadi — mempermudahmu untuk mendapatkan playlist berdasarkan kategori tertentu. Jika ada track yang tidak kamu sukai, tinggal sapukan jari untuk membuangnya dari playlist.


Sementara ini layanna tersebut baru untuk wilayah US saja, namun bakal tersedia untuk negara lain yang memang sudah bisa mengakses Play Music. Biaya bulananna $9.99, namun semua pengguna mendapat akses gratis selama 30 hari. Untuk mendaftar tinggal masuk ke music.google.com. Hanya saja sejauh ini Indonesia tidak termasuk wilayah cakupannya. Sementara kamu bisa meng-update dulu aplikasi Play Music di Android- mu, karena sudah tersedia di Play Store versi yang terbaru (atau download saja dari link alternatif kami di sini). Lihat gambar di atas untuk mengetahui seperti apa interface barunya.

Google I/O 2013: Keynote

Sumber: Google


SHARE
Previous articleGoogle I/O 2013: Android 4.3, Google Galaxy S4, Play Game Service dan 900 Juta Android di Dunia
Next article[Kuliah Om Jas] Alur Cerita Game Single Player
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.