Perkiraan Tokoh Antagonis Di Iron Man Berikutnya

Iron Man 3 ditutup dengan mengesankan. Bahkan nantinya, cerita Tony Stark masih dilanjutkan di seri Avenger 2. Jika seri film Iron Man dilanjutkan, baik tokoh Tony Stark masih diperankan oleh Robert Downey Jr atau digantikan dengan aktor lain, maka tak salah donk jika kita menebak-nebak siapa yang akan menjadi musuh utama atau tokoh antagonis yang akan muncul di sekuelnya. Sadar tidak sadar, semua film Iron Man (bahkan hampir seluruh film Marvel Heroes lainnya) mengangkat antagonis yang masih ada hubungan atau bisa dibilang merupakan orang yang dekat dengan sang Tony Stark itu sendiri. Kita lihat kembali:

Iron Man

Iron Monger – aka Obadiah Stane

Obadiah Stane merupakan mentor dari Tony Stark, sahabat lama dan juga rekan kerja dari Howard Stark (meskipun masa mudanya tidak diperlihatkan). Ia merupakan antagonis utama dari film seri pertama, dan disini ia berusaha membunuh Tony karena ingin menguasai perusahaannya.

Iron Man 2

Whiplash – aka Ivan Vanko

Dalam sekuelnya, musuh yang dihadapi Tony adalah Ivan Vanko, anak dari Anton Vanko yang juga merupakan rekan kerja Howard Stark dalam menciptakan teknologi modern. Dalam komiknya, Anton Vanko lah yang menjadi Whiplash, tetapi Marvel masih menyimpan Anton Vanko untuk seri filmnya (atau bahklan tidak akan muncul? Hanya sebatas kameo?).

Iron Man 3

Aldrich Killian

Pengembang dari perusahaan A.I.M (Advance Idea Mechanic) yang juga mengembangkan virus Extremis. Sebelumnya ia ingin bekerja sama dengan Tony, tetapi Tony hanya memberikan janji palsu dan membuat dia sakit hati. Meskipun di komik dia merupakan tokoh minor, pada seri film ketiganya kali ini, ia merupakan antagonis utamanya.

Dari ketiga film diatas, semua musuh Tony merupakan orang yang ia kenal atau masih ada hubungan dengan keluarganya. Jika demikian, untuk film keempatnya bisa saja sang penulis naskah memainkan elemen-elemen yang ada dari ketiga film sebelumnya. Misalnya saja elemen teroris “The Ten Ring”  pada Iron Man pertama yang pada akhirnya memunculkan sosok Mandarin (meskipun gadungan) diseri ketiganya. Apalagi, hingga seri ketiga ini, mereka belum memunculkan antagonis mayor yang memiliki kekuatan lebih kuat.  Dan dari sejumlah nama yang cocok dan masih memiliki hubungan dengan karakter seri sebelumnya untuk menjadi antagonis Tony di Iron Man keempat nanti adalah:

Ezekiel Stane aka. Iron Monger II

Ezekiel Stane, merupakan anak dari Obadiah Stane.

Jika dihubungkan dengan Iron Man pertama, Obadiah mencuri Arc Reactor Tony yang dilumpuhkan untuk memberi tenaga Iron Monger, karena Obadiah tidak mampu membuat sebuah penghasil tenaga tanpa batas yang berukuran kecil. Dan Iron Monger sendiri hanya bisa bergerak menggunakan tenaga listik atau elektromagnet. Berbeda dengan Ezekiel yang terlahir tidak normal (mirip mutan). Ia miliki kekuatan Super Human (kehadiran mereka semakin nyata dilihat dari trailer Agent of SHIELD dan juga Extremis) dimana mampu mengendalikan energi yang ada disekitarnya. Bahkan ia dapat mengeluarkan sebuah serangan mirip Repulsor Ray dari jarinya, dengan demikian ia dapat mengisi tenaga baju besi Iron Monger tanpa memerlukan Arc Reactor Tony.

Lalu untuk motifnya, mungkin ia akan balas dendam kematian ayahnya yang dibunuh oleh Pepper atau malah Tony sendiri. Oh ya, ia juga pernah menjadi antagonis utama di OVA Iron Man: Rise of Technovore.

Alex Nevsky aka. Crimson Dynamo

Alex Nevsky adalah anak didik serta idola Anton Vanko

Sebelumnya Whiplash seri Iron Man 2 dibilang memiliki elemen dari Crymson Dynamo, karena pada saat itu Ivan Vanko memakai nama palsu Boris Turgenov. Boris  Turgenov sendiri juga muncul dalam komiknya sebagai pengguna kedua dari Crymson Dynamo. Sedangkan Alex Nevsky merupakan pengguna ketiga, sehingga rantai ceritanya masih dapat disambungkan. Alex Nevsky tidak sepintar Tony, ia tidak dapat membuat senjata sendiri. Namun dengan bekal dari Ivan Vanko, akhirnya ia bekerja sama dengan industri baru bernama Cord untuk mengembangkan teknologi untuk mengalahkan Stark Industry. Diceritakan, perusahaan Cord meng-upgrade teknologi keluarga Vanko menjadi lebih kuat, dan akhirnya tercipta Crymson Dynamo yang jauh lebih kuat dibandingkan versi sebelumnya.

Untuk motifnya, masih sama dengan Ivan Vanko, Alex Nevsky sendiri kecewa dan ingin membalas keluarga Stark yang mendeportasi Ivan Vanko kembali ke Russia setelah mencuri barang Stark Industries. Selain itu, Alex Nevsy juga memiliki tujuan untuk menguasai pasar senjata dan mengalahkan industri keluarga Stark. Oh ya, sebagai tambahannya Alex juga membenci Howard Stark yang mengajak mentornya bekerja di Amerika. Karena ajakannya, pekerjaan Alex di Russia semakin kacau, ikut dideportasi oleh pihak Russia, dan akhirnya mimpinya pun hilang.

M.O.D.O.K (Mental Organism Designed Only for Killing)

Jika dihubungkan antara komik dan filmnya, A.I.M merupakan organisasi yang bekerja untuk pemerintah Amerika. Untuk itu wajar jika pada Iron Man pertama hingga kedua, A.I.M tidak muncul batang hidungnya, karena organisasi ini dilindungi oleh SHIELD. Tugas utama dari A.I.M adalah menciptakan teknologi persenjataan yang baru untuk pemerintah. Tak disangka, A.I.M tidak hanya membuat teknlogi mesin saja, mereka juga mengembangkan teknologi biologis yang mengubah struktur manusia menjadi mutant (sudah jelas Extremis salah satunya). Jika demikian, kehadiran MODOK tentu bukanlah suatu hal yang mustahil di Iron Man berikutnya, karena MODOK merupakan seorang manusia (salah satu pengikut A.I.M) yang menjadi mutant berkepala besar. Karena pengembangannya yang tidak sempurna, MODOK akhirnya membangun ulang A.I.M menjadi perusahaan jahat yang dibawahinya. Karena kepalanya besar, ia memiliki kepintaran diatas manusia normal dan juga mampu mengendalikan energi pikiran.

Untuk motifnya sendiri sih belum jelas, namun dengan adanya A.I.M, kehadiran MODOK sangat penting bagi kelanjutan cerita Iron Man dan Avenger.

Nah dari ketiga antagonis mayor diatas, siapa yang menurutmu cocok menjadi musuh di Iron Man 4, jika benar seri ini akan dilanjutkan? Yuk kita diskusikan di kolom komentar.


SHARE
Previous articleGoogle I/O 2013: Google+ Menjadi Lebih Dinamis dengan (Pengganti GTalk) Hangouts
Next articleEA Buka Cabang DICE di Los Angeles, Fokus Penuh untuk Game Star Wars!
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.