Polyphony Digital Konfirmasikan Gran Turismo 6, Siap Dirilis Akhir Tahun Ini!

Seperti yang sudah dijanjikan semula, akhirnya Sony dan Polyphony Digital resmi memperkenalkan Gran Turismo 6 semalam. Seperti apa game yang dirilis untuk menandai 15 tahun kiprah Gran Turismo ini? Simak preview-nya di dalam!

Polyphony Digital Konfirmasikan Gran Turismo 6, Siap Dirilis Akhir Tahun Ini!

Polyphony Digital Konfirmasikan Gran Turismo 6, Siap Dirilis Akhir Tahun Ini!

Seperti yang sudah dirumorkan dan dijanjikan semula, akhirnya pada acara peringatan usia ke 15 dari franchise Gran Turismo (GT), Polyphony Digital dan Sony mengkonfirmasikan suksesor dari game balap eksklusif PS3 ini dengan GT 6. Bahkan Polyphony sendiri melalui sang CEO-nya, Kazunori Yamauchi sudah mengkonfirmasikan pula jadwal rilisnya, yaitu pada akhir tahun ini juga. Sebelum itu, dalam waktu dekat mereka juga akan merilis versi demo dari game ini pada bulan Juli yang akan datang, bersamaan dengan peluncuran musim baru dari GT Academy.

Dalam konfirmasinya semalam, Yamauchi mengungkapkan bahwa engine yang mereka gunakan dalam game ini sudah diperbarui agar lebih cepat mengadaptasikannya untuk teknologi konsol masa depan. Selain itu, engine fisika yang digunakan juga mendapatkan beberapa upgrade baru, meliputi sistem suspensinya, ban hingga aerodinamis pada desain masing-masing mobil. Polyphony juga mengungkapkan, bahwa mereka masih memegang beberapa lisensi untuk menghadirkan mobil-mobil dari perusahaan ternama, bahkan Yamauchi mengaku bahwa jumlah lisensi ini sudah bertambah cukup besar dalam enam bulan terakhir.

Polyphony Digital Konfirmasikan Gran Turismo 6, Siap Dirilis Akhir Tahun Ini!

GT 6 juga akan menghadirkan total 33 sirkuit dengan 71 layout berbeda-beda, dimana 19 diantaranya adalah sirkuit yang benar-benar baru. Untuk jumlah mobil, pihak pengembang menjanjikan total 200 mobil lebih banyak dibandingkan GT 5, dimana 1200 diantaranya sudah tersedia saat dirilis, dan akan lebih banyak lagi mobil yang hadir dalam bentuk DLC setelah dirilis nanti. DLC untuk GT 6 bukan hanya menyediakan mobil saja, karena Polyphony juga mengungkapkan setiap bulannya mereka akan merilis trek-trek baru sebagai DLC!

Polyphony Digital Konfirmasikan Gran Turismo 6, Siap Dirilis Akhir Tahun Ini!

Untuk demo yang tersedia pada bulan Juli nanti, kamu bisa memainkan satu sirkuit yang disediakan, Silverstone plus deretan mobil seperti yang tertera di bawah ini:

  • Acura NSX ’91
  • Alfa Romeo TZ3 Stradale ’11 (mobil baru)
  • Alpine A110 1600S ’68
  • Audi Sport quattro S1 Rally Car ’86 (mobil baru)
  • Ferrari 458 Italia ’09 (mobil baru)
  • Ferrari Dino 246 GT ’71
  • Ford GT ’06
  • KTM X-BOW R ’12 (mobil baru)
  • Lamborghini Countach LP400 ’74
  • Light Car Company Rocket ’07 (mobil baru)
  • McLaren MP4-12C ’10
  • Mercedes-Benz SLS AMG GT3 ’11 (mobil baru)
  • Nissan 370Z (Z34) (GT Academy Version) ’08
  • Nissan 370Z Tuned Car (GT Academy , Version) ’08
  • Nissan GT-R Black edition (GT Academy Version) ’12
  • Nissan GT-R Nismo GT3 N24 Schulze Motorsport (mobil baru)
  • Nissan Leaf G (GT Academy Version)
  • Tesla Motors Model S Signature Performance ’12 (mobil baru)
  • Toyota 86 GT ’12

Polyphony Digital Konfirmasikan Gran Turismo 6, Siap Dirilis Akhir Tahun Ini!

Fitur lain yang disediakan oleh game ini adalah kamu nantinya bisa membuat kejuaraan sendiri untuk dimainkan secara online bersama pemain lain. "Sangat mengagumkan saat saya berpikir bahwa tahun ini menandai 15 tahun sejak pertama kali kamu merilis GT," ungkap Yamauchi seperti dikutip dari VG247 saat event yang juga berlangsung di sirkuit Silverstone, Inggris ini. "Banyak hal sudah berubah sejak saat itu, dan sekarang GT 6 adalah perwujudan evolusi lebih lanjut dari mimpi saya," bebernya lebih lanjut.

Yamauchi juga membeberkan alasannya untuk merilis game ini di PS3. "Kami sangat senang untuk menghadirkan GT 6 di PS3 karena kami memiliki komunitas yang sangat loyal di platform tersebut. Bagaimanapun, kami sudah mengubah banyak game ini untuk membuatnya lebih fleksibel dan mudah untuk dikembangkan untuk teknologi masa depan. Saya sangat puas dengan semua hal tentang game baru ini dan juga tambahan-tambahan barunya, tetapi konfirmasi ini hanyalah awal dari GT 6," lanjutnya. "Game ini akan terus melanjutkan perkembangannya selama masa hidupnya. Saya juga telah memiliki banyak ide yang ingin saya capai pada 15 tahun berikutnya dari GT," pungkasnya.

Polyphony Digital Konfirmasikan Gran Turismo 6, Siap Dirilis Akhir Tahun Ini!

Selain menyiapkan inti dari game GT 6, Polyphony kini juga menyiapkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menghubungkan game ini dengan gadget lain seperti Smartphone, Tablet dan PC. Beberapa interface juga akan diperbaiki sehingga gamer bisa memberikan respon yang lebih cepat untuk mengakses beberapa menu tertentu, plus juga akan mereduksi waktu loading saat perpindahan layarnya. Terakhir, Polyphony menjanjikan konfirmasi lebih banyak lagi saat perhelatan E3 2013 bulan depan dan Gamescom 2013 pada bulan Agustus yang akan datang. Untuk sementara, Sony dan Polyphony memang merencanakan game ini hanya untuk PS3, namun mereka tidak menutup kemungkinan bahwa di masa yang akan datang mereka juga akan merilisnya untuk PS4.

[Sumber: VG247]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU