Skor Review Famitsu Pekan Ini, Shin Megami Tensei IV Berada di Puncak

Majalah game mingguan di Jepang, Famitsu, memberikan skor review untuk beberapa game yang akan dirilis pekan depan. Pekan ini Famitsu memberikan angka tinggi untuk RPG terbaru dari Atlus yang dinantikan para penggemarnya, yakni Shin Megami Tensei IV (SMT IV). SMT IV berhasil meraih angka total 37 dari 40 (tiga angka 9 dan satu angka 10). Disusul kemudian oleh Resident Evil: Revelations dengan angka total 36/40, dan di posisi ketiga diraih oleh Kamen Rider: Battride War dengan angka total 33/40.

Berikut adalah skor lengkap review Famitsu pekan ini.

Kamen Rider: Battride War (PS3) – 9/8/8/8 [33/40]
Resident Evil: Revelations (PS3, 360, Wii U) – 9/9/10/8 [36/40]
Shin Megami Tensei IV (3DS) – 9/9/10/9 [37/40]
Tamagotchi no Doki Doki Dream Omisecchi (3DS) – 8/7/8/8 [31/40]
Terraria (PS3) – 8/7/7/6 [28/40]
Valhalla Knights 3 (PSV) – 8/7/7/8 [30/40]
Zillions of Enemy X: Zetsukai no Crusade (PS3) – 8/8/8/7 [31/40]

SMT IV adalah judul keempat dari serial SMT yang kembali dirilis untuk konsol Nintendo (SMT pertama dan kedua dulu dirilis untuk NES dan SNES secara berurutan). Untuk pertama kalinya dalam sejarah serial SMT, desain karakter dan demon di SMT IV tidak lagi ditangani oleh Kazuma Kaneko yang beralih menjadi pembuat konsep cerita. Desainnya ditangani oleh Masayuki Doi. Musiknya diaransemen oleh Ryota Kozuka, yang juga menangani opening dari SMT: Soul Hackers untuk 3DS.

Apa yang menarik dari SMT IV adalah kembalinya fitur-fitur gameplay khas serial SMT yang berevolusi menjadi lebih baik, serta tidak ketinggalan sistem pertarungan Turn-Press yang penuh strategi. Dan juga konsep dunianya di mana sang protagonis yang menjadi anggota Samurai baru harus bertahan hidup di dunia yang penuh dengan demon. Kesan kegelapan, kerusakan di mana-mana, dan lebih terisolasi dibanding game-game SMT sebelumnya juga menjadi daya tarik ceritanya.

Serta tidak ketinggalan dihadirkannya lebih dari 400 demon dalam SMT IV ini, menjadikannya jumlah demon terbanyak dalam serial SMT. Satu lagi, SMT IV adalah yang pertama dengan menghadirkan fitur voice acting. Tidak salah memang jika Famitsu memberikannya nilai yang tinggi, karena memang SMT IV berhasil membawa kembali nama besar SMT ke para penggemarnya.

[ Sumber : Game Nyarth, Gematsu ]