Nokia Memimpin Windows Phone 8 Melalui Lumia 925 Dengan Enam Lensa Kamera

Nokia memang baru merilis flagship Windows Phone 8 mereka akhir tahun lalu, dan di Indonesia sendiri Lumia 920 muncul sejak pertengahan Desember 2012. Namun kini mereka siap menghadirkan penerusnya, Lumia 925 dengan beberapa upgrade fitur yang terfokus pada kualitas layar dan kamera.

Lumia baru yang dikabarkan baru dirilis Juni 2013 mendatang itu langsung menggoda berkat profil tubuhnya yang lebih slim. Nokia berhasil mengajak Lumia lama mereka diet, dan menghasilkan profil tipis. Dibandingkan Lumia 920, yang beratnya 185-gram dan tebalnya 10.7mm, Lumia 925 layak dibanggakan dengan berat hanya 139-gram dan tebal hanya 8.5mm. Kemudian Nokia juga membuatnya lebih eksklusif menggunakan lapisan casing aluminum, yang menjadi material pembangun sisi luar tubuhnya. Sepertinya bahan aluminium membantu menurunkan beratnya cukup signifikan dibandingkan material polycarbonate pada Lumia 920. Namun Lumia 925 masih sedikit menyisakan material polycarbonate di bagian belakang. Nokia juga memposisikan selongsong kameranya agak menonjol ke luar, yang mungkin membantu menurunkan keeluruhan berat dan ketebalannya.

Sedangkan secara spesifikasi, Lumia 925 masih sama dengan Lumia 920. Mulai chioset-nya yang menggunakan chipset Qualcomm MSM8960 Snapdragon S4, prosesor dua inti dengan kecepatan 1.5GHz, 1GB RAM, serta internal storage-nya 16GB (di beberapa negara ada yang ditawarkan dengan storage 32GB). Di sisi hardware memang tidak banyak perbedaan bisa kita temukan dari smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 8 ini.

Sedangkan masuk ke layar, kita bisa mendapatkan Lumia baru ini makin bersinar dengan layar berukuran 4.5-inchi berbahan AMOLED (Lumia 920 masih sekadar LCD), dan teknologi yang disebut Nokia sebagai ClearBlack Touch, resolusinya 768×1280-pixel pada kerapatan 334-ppi. Berkat material AMOLED itu juga, Nokia mampu membuat tubuh Lumia 925 ini menjadi lebih tipis.

Pengguna smartphone Galaxy Samsung yang menggunakan layar AMOLED pasti mengetahui ada satu opsi yang memungkinkan kita mengatur kontras layar. Nokia menyediakan opsi yang sama dalam Setting Lumia 925 ini. Mereka memberikan aplikasi Lumia Colour Profiling, yang memungkinkan kita men-tweak saturasi warna layar menggunakan slider di interface-nya, yang bisa di-set ke 11 posisi berbeda. Kamu juga bisa men-tweak white balance ke pilihan seperti cool, neutral atau warm.

Masih berhubungan layarnya, Lumia 925 memiliki layar yang sangat terang, apalagi untuk sebuah AMOLED. Mereka memberikan pencahayaan hingga 600nits, bandingkan saja dengan layar Galaxy S4 yang maksimal penerangannya hanya sampai 400nits. Dengan layar yang terang, akan membantu kita selama mengoperasikan smartphone ini di bawah paparan cahaya matahari, apalagi didukung dengan teknologi ClearBlack, memungkinkan layar AMOLED tersebut terlihat semakin dalam tingkat warna hitamnya, dan lebih responsif akan sentuhan tangan. Nokia pun memberi lapisan pelindung Gorilla Glass 2 untuk Lumia 925.

Untuk kameranya juga masih sama, 8.7-megapixel dengan label PureView, sedangkan kamera depannya 1.2-megapixel. Optical image stabilization (biasa disebut OIS), dan dual-LED juga dibawa dari pendahulunya, namun yang baru dari teknologi kameranya adalah penambahan lensa. Nokia memberikan lapisan lensa keenam pada lima lensa plastik mereka.

Nokia 928 khusus untuk operator Amerika.

Dengan penambahan lensa fisik tersebut, jelas Nokia ingin menempatkan Lumia mereka ini di persaingan smartphone kelas atas yang mengunggulkan kemampuan megapixel kamera. Sebagai aplikasi kamera standarnya, kamu bisa menggunakan Nokia Smart Camera. Beberapa fitur ditambahkan untuk Smart Camera tersebut, seperti interface layarnya lebih baik dari kamera standar Windows Phone, serta memungkinkan penggunanya mengambil 10 foto dengan fitur baru motion focus, yang memungkinkan kita membuat foto tersebut nge-blur di bagian tertentu, menghilangkan blur-nya, atau mengedit hasilnya. Berikut beberapa foto yang dihasilkan menggunakan kamera Lumia 925.

[nggallery id=562]

Imaging menjadi fitur utama yang akan dipromosikan Nokia untuk Lumia 928 (eksklusif operator Amerika Serikat) dan Lumia 920 ketika keduanya dirilis 16 Mei (untuk Lumia 928) dan Juni untuk Lumia 920. Nokia juga bekerjasama dengan Warner Brothers untuk film Man of Steel. Dimana pengguna Lumia 925 bakal mendapatkan content eksklusif Superman.

Ketika dirilis Juni mendatang, awalnya Lumia 925 tersedia dalam pilihan warna grey dan black metallic. Namun kamu bisa mengganti panel polycarbonate di bagian belakangnya dengan pilihan seperti merah, kuning, hitam dan putih (seperti Lumia 720). Sementara ini negara yang akan menerimanya antara lain Inggris Raya, Jerman, Italia, Spanyol dan China. Harga yang sudah diketahui adalah 469 euro di Eropa, atau jika dikonversikan menjadi sekitar Rp. 6 jutaan.

Tech Specs

  • Networks: GSM 850, 900, 1800, 1900, WCDMA, 2100, 1900, 850, 900, LTE 2100, 1800, 2600, 900, 800
  • Memory: 1GB RAM, 16 GB user memory
  • Display: 4.5-inch AMOLED WXGA (1280×768)
  • Processor: 1.5 GHz dual-core Krait Snapdragon S4, GPU Qualcomm Adreno 225
  • Camera: PureView 8.7-megapixel with OIS, Autofocus, dual LED flash. 2nd camera: HD 1.2MP wide angle, 1080p video capture @ 30fps
  • Size: 129 x 70.6 x 8.5* mm (*volumetric). Weight: 139g
  • Connectivity:  USB 2.0, BT 3.0, NFC, WLAN a/b/g/n, A-GPS and Glonass, 3.5mm audio connector
  • Battery: 2000 mAh
  • Audio: -IHF speaker, 2 microphones, HD voice compliant, 3.5mm AV connector

Nokia Lumia 925 – More than your eyes can see

Nokia Smart Camera – Action Shot

http://youtu.be/RpVTug8_fu8

Nokia Smart Camera – Change Faces

http://youtu.be/GmSUFPOJF04

Nokia Lumia 925 – Best photos in low light

Nokia Smart Camera – Remove Moving Object

Nokia Lumia 925 launch in London

[cb type=”company”]Nokia[/cb]

Sumber: Nokia


SHARE
Previous articleGalaxy S4 mini Kembali Menampakkan Diri, Bukan Sekadar Galaxy S4 yang Menyusut
Next articleUltralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.