Ultralist: Sepuluh Game dengan Konsep Menarik yang Sukses dalam Kampanye Kickstarter

Double Fine Adventure, salah satu game yang cukup fenomenal di Kickstarter

Ada banyak jalan bagi developer game yang ingin memasarkan game-nya kepada publik, mulai dari menggandeng publisher dengan beberapa restriksi dan ketentuan yang diberikan, hingga self publishing (mempublikasikannya sendiri tanpa publisher) yang lebih bebas namun mengandung banyak resiko dan juga biaya yang tidak sedikit. Selain itu, banyak pula developer game independen dewasa ini yang mengambil jalan lain: melalui jalur crowdfunding.

Crowdfunding sendiri gampangannya adalah seperti patungan, dimana banyak orang yang tertarik dengan ide dari developer dan ingin mewujudkannya, ramai-ramai memberikan bantuan dana dengan imbalan tertentu dari pihak developer. Salah satu situs crowdfunding yang paling tenar tentu adalah Kickstarter, dimana para backer (sebutan para penyandang dana) bisa membantu developer dengan dana segar, dan developer memberikan reward yang setimpal dengan bantuan tersebut. Salah satu syarat sebuah proyek bisa didanai lewat Kickstarter adalah proyek tersebut minimal bisa mencapai target awal yang dicanangkan. Jika tidak mencapai target? Dana akan kembali kepada para penyandang dana masing-masing, dan tidak diberikan kepada developer yang memiliki ide.

Salah satu contoh sukses Kickstarter adalah OUYA, dimana dengan hanya menargetkan dana US $950.000 saja, mereka bisa mendapatkan atensi dari total 63.416 backer dan berhasil mengumpulkan US $8.5 juta! Bagaimana dari segi game-nya sendiri? Berikut ini penulis ingin memberikan daftar sepuluh game dengan konsep yang menarik, entah dari gameplay, kisah, maupun cara memainkannya yang sudah berhasil menembus target kampanye di Kickstarter dan mendapatkan pendanaan. Selamat menyimak dan silahkan lanjut ke halaman dua ya!

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11

SHARE
Previous articleNokia Memimpin Windows Phone 8 Melalui Lumia 925 Dengan Enam Lensa Kamera
Next articleRovio Angkat Magician Jerman Sebagai “Tukang Sulap” Resmi Angry Birds Abra-Ca-Bacon!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.