Killzone: Mercenary Hadir Lebih Awal, Sony Pun Tawarkan Bonus Pre-order

Sebelumnya kita mengetahui jika Sony bakal merilis Killzone pertama untuk PS Vita pada 17 September 2013 mendatang. Namun kemarin mereka memberikan update, jika jadwal rilisnya dimajukan menjadi 10 September. Plus, ada detail baru khusus untuk mereka pemesan pre-order.

Pertama kali Killzone: Mercenary diperkenalkan Sony pada ajang Gamescom 2012 lalu, dan seri baru ini FPS ini kini dikembangkan oleh salah satu studio Guerilla Games yang berada di Cambridge. Untuk pertama kalinya dalam serial Killzone, kamu bisa bebas memilih membela ISA maupun Helghast, tergantung mana yang memberikannya kontrak. Sehingga game ini menjadi pengalaman pertama bagimu untuk memainkan Killzone dari dua sudut pandang berbeda, melalui seorang tentara bayaran bernama Arran Danner. Game ini menyediakan sekitar sembilan misi single player yang bisa kamu mainkan, dimana masing-masing misi diklaim Guerrilla bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih satu jam.

Meskipun setting-nya berada tepat setelah ending Killzone, namun campaign-nya mengantarkanmu menjelajahi keseluruhan timeline serial ini, dan kamu bisa kembali ke area yang eksis dalam game Killzone sebelumnya, yang terlihat berbeda karena kamu bisa memandangnya dari sisi musuh. Keuntungan bagi pemain dengan adanya dua opsi sudut pandang, Mercenary mempermudah pemain baru memahami seperti apa kesleuruhan cerita Killzone.

Dengan memainkan single-player campaign, Danner bisa mendapatkan uang pasca menyelesaikan misi, menyelesaikan secondary objective, mengumpulkan intel, hingga berapa banyak dia membungkam musuh. Menggunakan uang tersebut di kios-kios black market yang tersebar di banyak tempat dari settingnya, kamu bisa membeli perlengkapan baru dan kemampuan khusus Van-Guard, yang penerapannya semacam kill streak dalam serial Call of Duty.

Satu ability yang terlihat dalam demo, bisa langsung memandai musuh ketika terlihat dalam pandangan, memungkinkan kita dengan sekali sentuhan layar melancarkan roket ke arah musuh. Lalu ada kemampuan yang lebih brutal, ability Van-Guard memberimu kendali sebuah robot dengan dengan senjata dua pisau, yang bisa mendekati musuh dan menyerang dengan serangan mematikan.

Di atas penulis sebutkan kamu bisa menyentuh layar PS Vita untuk melancarkan roket. Benar, kontrol dalam Mercenary selain menerapkan kendali dasar sebuah FPS, namun juga ada opsi khusus memanfaatkan fitur PS Vita. Kamu bisa menyapukan jari pada layar untuk menukar senjata yang aktif, namun tetap saja untuk memilih mereka butuh menekan tombol utama Vita. menyentuh ikon granat untuk meng-equip, dan kemudian tekan tombol shoulder untuk melemparkannya. Untuk membuat karakter berlari, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara: sentuh dua kali bidang sentuh di punggung Vita, atau tekan tombol Lingkaran (juga digunakan untuk jongkok) sembari berjalan akan membuat karakter berlari. Ketika berlari, kami juga bisa menekan tombol lingkaran untuk melakukan sliding.

Gameplay cover ala Killzone sebelumnya juga kamu temui dalam game ini. Danner bakal otomatis berlindung di balik obyek yang memungkinkannya untuk bersembunyi, dan dia masih bisa mengintip dari balik tempat persembunyiannya. Kemudian untuk pertarungan jarak dekat, sepenuhnya diserahkan pada layar sentuh, dimana kamu perlu menyapukan jari pada layar untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu.

Selain single-player, kamu juga akan menemukan mode multiplayer online 4 lawan 4 dengan pilihan enam map, memungkinkan kita membawa perlengkapan yang didapatkan atau dibeli dari mode single-player ke kancah online. Fitur lainnya yang dikenalkan developer untuk Mercenary adalah Valor Cards, kartu yang dijatuhkan karakter ketika dia tewas. Makin baik permainanmu dan lebih banyak kartu terkumpul, maka kartumu juga makin bernilai. Berhasil mendapatkan kill dan menambah valor akan meningkatkan meter Van-Guard karakter, dan memungkinkan kita menggunakan ability yang saat itu sedang di-equip.

Kembali pada topik utama kami di atas, selain memajukan jadwal rilis Mercenary, Sony juga menawarkan bonus pre-order, mulai dengan perk double XP boost selama 48 jam permainan, hingga senjata khusus pemesan pre-order yaitu machine gun M224-A1. Sony menyebut bonus pre-order tersebut sebagai “Blackjack’s Briefcase,” yang bisa digunakan selama online multiplayer dan mode Campaign. Briefcase tersebut berisi:

Double XP Boost
  • Selama 48 pertama memainkannya!
In-Game Cash Bonus
  • Kamu mendapatkan cukup uang (tidak disebutkan berapa), atau disebut Vektan Cash dalam game, untuk membeli beberapa senjata baru.

Kemudian mereka yang tinggal di Amerika Serikat, yang memesan game tersebut di GameStop akan menerima machine gun khusus untuk Campaign dan Multiplayer, M224-A1 Light Machine Gun.

Tidak sabar menunggu game ini dirilis, karena melihat dari demonya, tekstur grafis yang ditampilan begitu mendetail dan tajam. Seakan kita melihat Killzone 3 dalam kemasan portable. Developer juga mengklaim jika engine yang mereka gunakan hampir 1:1 dari versi PS3-nya, dengan beberapa gimmick sehingga maksimal untuk PS Vita. Semoga saja versi final retailnya nanti akan lebih baik, dan menjadi satu game yang mampu mendongkrak penjualan PS Vita.

Killzone: Mercenary – Blackjack Trailer


SHARE
Previous articleNintendo Dapatkan 3 Game Sonic Dari Sega, Sonic Lost World Sebagai Pilihan Utama
Next articleStar Wars Day (1): Ketika Para Jedi dan Stormtroopers Menginvasi Bumi!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.