Impresi Puzzle Kingdom Android, Lebih Fleksibel Berkat Cross Platform Desktop – Mobile

Selain meluncurkan versi web-nya akhir April lalu (yang berhasil mendapatkan penghargaan rekor MURI dengan peluncuran game serentak di banyak kota sekaligus), PT. Qeon Interactive juga menghadirkan Puzzle Kingdom untuk perangkat mobile berbasis Android. Kamu bisa mulai memainkan versi mobile tersebut sejak awal Mei 2013 lalu. Dan karena terkoneksi ke server yang sama dengan wersi web-nya, maka apa yang kamu mainkan di desktop PC / website, bisa kamu lanjutkan langsung di versi mobile ini, demikian juga sebaliknya.

Cross platform tersebut jelas menjadikan Puzzle Kingdom lebih fleksibel dibandingkan dua game mereka sebelumnya, Heva Online dan Shadow Company. Apalagi Puzzle Kingdom mengambil tema sejarah Three Kingdom di masa Dinasti Han di China. Cerita yang sampai saat ini banyak diadaptasi oleh banyak game, dan tetap tidak membosankan bagi kita mengikutinya. Dengan merangkumnya ke dalam gameplay perpaduan puzzle dan strategy juga sangat pas untuk memainkannya di kala senggang melalui PC, atau bahkan mobile, yang pilihan gamenya membutuhkan ritme singkat.

Seperti versi desktop dan web browser-nya (membutuhkan engine Unity untuk memainkannya), ketika pertama kali memainkan versi mobile-nya ini disediakan dua jenis akun login. Kamu bisa membuat akun Hive melalui website Qeon, atau yang lebih mudah, login menggunakan akun Facebook. Penulis yang mencoba memainkan game ini kembali dari awal melalui perangkat tablet juga menemukan interface yang sama seperti ketika memainkannya melalui web browser. Termasuk kuis yang diberikan untuk menentukan karaktermu, tutorial panjang yang mengajari kita bagaimana membersihkan kota dari musuh, menjadikannya sebagai istana produksi untuk mengumpulkan sumber daya, atau istana militer untuk melatih prajurit.

Unsur strateginya terasa pada kejelianmu mengatur dua istana tersebut di sekeliling istana utama karakter. Dari kedua istana tersebut, kamu akan mengumpulkan sumber daya seperti pekerjaan, makanan, kayu, besi serta batu yang termasuk dalam kategori istana produksi. Untuk mendukung pertarungan, kita dapat membangun armory, benteng, tentara dan menara dalam istana militer.

Berbeda dengan adegan pertarungan tipikal game dengan tema Three Kingdom lainnya, di sini kamu tidak terang-terangan mengangkat senjata. Namun karaktermu bakal beradu melawan musuh dalam sebuah arena puzze dimana kamu bakal menyamakan permata-permata dengan elemen tertentu, dan ketika kamu bisa menyamakan minimal tiga elemen dengan warna sama dalam satu garis vertikal atau horizontal, maka karakter sukses melancarkan serangan pada musuh — kamu yang pernah memainkan Bejeweled pasti familiar, atau coba buka review Puzzle & Dragon di sini. Elemen tersebut ada 4, dan merepresentasikan kekuatan alam, Commander (Api), Strategist (Air), Lord (Angin) dan Warrior (Tanah).

Baik elemen strategi dalam manajemen istana dan sumber dayanya, dengan elemen puzzle akan sangat berkaitan. Di luar pertarungan puzzle, kamu disuguhi Field dimana istanu utamamu berada, serta istana produksi atau militer yang berhasil kamu bangun. Melalui istana produksi, kamu bisa membangun rumah jerami untuk memproduksi sumper daya pekerja, kebun sayur untuk sumber daya makanan, hingga tambang besi untuk memproduksi sumber daya besi. Namanya juga produksi, setiap prosesnya membutuhkan waktu, dan bisa kamu tinggal untuk melakukan hal lain, misalnya membangun istana militer.

Di dalam istana militer kamu bisa membangun barak untuk memproduksi prajurit hingga menara pengintai untuk mendukung istana-istana yang kamu bangun ketika musuh menginvasi. Seperti istana produksi, proses di istana militer ini pun butuh waktu untuk menyelesaikannya. Namun ketika semua selesai, kamu bisa mengirimkan hasilnya ke istana utamamu yang menyediakan fitur seperti pasar untuk menjual sumber daya menjadi uang, atau bisa untuk membuat skill dalam menyiapkan karakter selama bertarung — skill yang melancarkannya memerlukan MP itu akan digunakan selama mode pertarungan Normal. Selain Normal, juga ada pertarungan dalam mode Speed (mengalahkan musuh dalam batasan waktu), mode Mission (menyamakan permata dengan warna tertentu) atau mode Change (merubah semua permata menjadi warna emas).

Sumber daya bisa juga didapatkan melalui hasil menginvasi istana pemain lainnya dalam mode Invade. Namun pastikan kamu melihat level karaktermu cukup mumpuni melawan istana pemain lain. Sebaliknya pemain lain juga bisa meng-insvasi istanamu dan merampas sumber daya yang kamu produksi.

Keseluruhan pengalaman memainkan Puzzle Kingdom versi mobile di Android ini sama persis dengan desktop atau web browser-nya. Perbedaan yang penulis rasakan hanya kualitas grafisnya saja. Ketika berada di field lingkungan serta bangunan tidak terlalu mendetail seperti di desktop PC / web browser. Namun hal itu sama sekali tidak mengganggu, selama semua data dari permainan di PC / web browser ditransfer dengan baik ke mobile. Plus, karena mungkin konversi langsung dari desktop / web ke mobile, beberapa kata di versi mobilenya ada yang kurang sesuai terjemahannya, atau ada kalimat yang terlihat kacau “bertabrakan” dengan kalimat lain, sehingga tidak terbaca.

Terjemahan yang kurang pas misalnya, kita diminta untuk mengarahkan mouse, padahal seharusnga kita diminta untuk menggerakkan jari melalui touchscreen. Atau saat kita diminta untuk scroll down/up, ini apa maksudnya ya? Kalau menggunakan mouse pasti paham. Namun di Android atau touchscreen, zoom in/out bisa kamu lakukan dengan melakukan gerakan mencubit layar (pinch-to-zoom).

Namun yang perlu kamu perhatikan, seperti dengan versi web browser-nya yang menggunakan engine Unity sehingga begitu berat, versi mobile ini pun meskipun ukuran filenya installer-nya hanya 30 MB, namun keseluruhan memerlukan tambahan data dan cukup memakan jatah RAM. Total data yang tersimpan dalam tablet Android penulis sudah mencapai 380 MB selama memainkannya kurang lebih 5 jam. Sedangkan RAM yang dibutuhkan untuk memainkannya pun mencapai 150 MB. Jadi pastikan kamu menggunakan perangkat Android dengan prosesor setidaknya sudah dual core serta RAM 1 GB untuk memainkannya dengan lancar — untuk versi desktop dan web-nya saja juga disarankan memory-nya 1 GB!

Dan satu lagi, dalam satu sesi permainan beberapa jam total data yang penulis kumpulkan mencapai 380 MB. Artinya, di awal permainanmu, pastikan kuota internet data-mu cukup “sehat” agar tidak kehabisan dan mengalami gejala tiba-tiba terputus dari server. Plus, karena memang terhubung terus ke server Qeon, kamu butuh akses internet yang always-on ketika memainkannya.

Untuk men-download Puzzle Kingdom versi Android, langsung saja masuk ke halaman Google Play Store di sini. Jangan lupa untuk login dulu ke akun Google-mu. Detailnya bisa kamu lihat di bawah langkah untuk meng-install-nya:

1. Buka Google Play dari perangkat Android kesayanganmu.

2. Tekan tombol pencarian di sudut kanan atas layar perangkat Androidmu.

3. Masukkan tag “Puzzle Kingdom” pada bagian pencarian, kemudian tekan tombol cari.

4. Pilih Puzzle Kingdom Indonesia.

5. Tekan tombol install pada bagian kanan layar perangkat Androidmu.

6. Tekan tombol Accept.

7. Tekan tombol OK untuk mengupdate otomatis ketika perangkat Androidmu terkoneksi internet melalui Wi-Fi.

8. Tunggu hingga Puzzle Kingdom selesai di download.

9. Tekan tombol Open untuk mulai bermain.

Sumber: Qeon


SHARE
Previous articleEvent Reminder: Casual Connect Asia 2013!
Next articleNitroplus Akan Menghadirkan Shingeki no Kyojin Visual Novel Game!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.