PicMix, Instagramnya Indonesia, Rayakan 10 Juta Pengguna dengan Gift Card

Meskipun sempat heboh karena perubahan regulasi penggunaan layanannnya yang memberi hak pada Instagram untuk menjual foto yang kita upload tanpa persetujuan pengguna, namun layanan Instagram terbukti masih tetap ramai digunakan sebagai media editing foto ringan sekaligus sharing. Dan dengan pengguna yang diklaim mencapai 100 jutaan, wajar jika banyak perusahaan lain mencoba menawarkan alternatif, seperti Streamzoo yang lebih dulu familiar di Android. Opsi lainnya seperti Pixlr-o-matic, Hipster dan Snapseed. Namun tahukah kalian jika juga ada aplikasi sharing foto “seperti” Instagram buatan Indonesia?

Aplikasi tersebut adalah PicMix. Pertama kali dirilis pertengahan tahun 2012 lalu, dan berasal dari kata Picture serta Mixing. Perpaduan kedua kata tersebut langsung menjadi identitas PicMix, yang memiliki fungsi utama pengolah gambar atau foto. Hanya saja aplikasi yang dikembangkan oleh h PT. Inovidea Magna Global ini lebih banyak menekankan pada proses “mixing,” melalui penggabungan beberapa foto menggunakan frame, efek, ornamen-ornamen seperti sticker, dan tentu saja ada opsi untuk membagikan, alias men-share foto tersebut dengan target utama komunitas PicMix — selain juga ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter maupun BlackBerry Messenger.

Berbeda dengan Instagram yang hanya menawarkan pengeditan foto sekadar melalui filter sederhana, melalui PicMix kamu mendapatkan banyak elemen menarik, seperti melalui kontes foto kreatif, custom frames, frame premium atau kita juga bisa mendekorasi foto melalui sticker. Khusus untuk frame-nya. kamu juga mendapat opsi advanced custom framem yang memungkinkan kita berkreasi mengkombinasikan frame-frame dan efek foto untuk sebuah hasil foto yang lebih artistik.

Menurut Calvin Kizana, Direktur dan pendiri PT Inovidea, perusahaan yang membuat PicMix, aplikasi ini diklaim memiliki berbagai elemen menarik yang tidak akan bisa ditemui di berbagai aplikasi sejenis, seperti misalnya berbagai kontes foto kreatif, custom frames, frame premium dan beberapa tambahan untuk dekorasi foto seperti sticker. Dalam PicMix terdapat fitur advanced custom frame milik PicMix dimana pengguna dapat berkreasi mengkombinasikan frame-frame dan efek tanpa dibatasi untuk menghasilkan hasil karya yang sangat artistik. PicMix awalnya hadir pada perangkat Blackberry ini, namun akhir Juni tahun lalu juga diluncurkan untuk perangkat lain, seperti Android, bahkan kedepannya akan diluncurkan juga kedalam Windows Phone dan iOS.

PicMix mendapatkan uang dari in-app purchases dan kontes foto, yang dijalankan secara kerjasama dengan berbagai brand. Sedangkan in-app-purchase berwujud premium frame, termasuk frame branded yang bisa dibeli menggunakan Mix Credits. Kredit tersebut bisa kamu dapatkan melalui pembelanjaan menggunakan kartu kredit, PayPal, atau tagihan operator.

Aplikasi ini tidak hanya dikenal di Indonesia, namun saat ini PicMix telah merambah ke dunia internasional, dan tercatat 7 negara termasuk Indonesia dengan perkiraan 40% diantara keseluruhan user PicMix menjadi pengguna aktifnya, serta sudah ada lebih dari 150 juta foto yang sudah di-upload para usernya. Bahkan dalam dua bulan sejak pertama kali diluncurkan, PicMix mampu menorehkan prestasi menggaet satu juta pengguna, tanpa adanya aktivitas pemasaran sama sekali, hanya penyebaran secara viral saja — terutama melalui platform BlackBerry.  Selain itu, tidak hanya sekedar produk belaka, Inovidea mengklaim bahwa Picmic telah menghasilkan revenue yang sangat signifikan terutama dari pembelian “Premium Frame” dan beberapa fitur premium lainnya.

Kabar terbaru yang kami dapatkan, minggu lalu PicMix mengkonfirmasikan jika saat ini pengguna mereka sudah mencapai 10 juta per April 2013 lalu. Padahal awal tahun ini user PicMix baru berada di angka 8 jutaan. Selain itu, melalui Live Event BlackBerry pekan lalu (bersamaan dengan konfirmasikan dibukanya layanan BBM untuk Android dan iOS), kita juga mendapatkan informasi ketersediaan aplikasi ini untuk Blackberry 10.  Bila dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya, saat ini angka tersebut mungkin lebih kecil. Namun pencapaian PicMix dan laju pertumbuhannya memberikan petunjuk bahwa PicMix akan terus berkembang di masa depan.

Dan untuk merayakan pencapaian 10 juta user, dalam waktu dekat PicMix akan merilis gift card fisik bagi para penggunanya, yang bakal bisa kamu gunakan untuk men-top up uang virtual di dalam aplikasi PicMix dan membeli konten premium yang mereka tawarkan. Seperti frame, filter dan stiker. Gift card tersebut nantinya akan dijual di toko-toko retail Indonesia seperti 7-11, Lawson, AlfaMart, Carrefour serta kafe-kafe internet di wilayah Jabodetabek juga akan menjualnya.

Kartu tersebut nantinya diperkirakan akan dijual seharga Rp. 20,000, dan untuk mewujudkannya Inovidea bekerjasama dengan layanan pembayaran online IndoMog, yang juga banyak menjual voucher game online di toko-toko retail tersebut. Gift card ini akan mendukung penjualan online PicMix yang saat ini juga tersedia melalui pembayaran via kartu kredir, PayPal, atau tagihan bulanan operator. Gift card ini tentu menjadi opsi belanja konten premium yang pas bagi pengguna PiccMix dari Indonesia, yang memang rata-rata masih belum familiar berbelanja konten tersebut langsung secara online.

Memang angka 10 juta bisa dikatakan sedikit dibandingkan Instagram, namun dengan laju pertumbuhan yang cukup cepat, dalam kurun waktu setahun setelah dirilis, seharusnya PicMix akan terus bertumbuh. Kemudian mengenai salah satu dilema mereka pengguna layanan sharing foto semacam ini (apalagi setelah kasus perubahan perarturan Instagram) adalah keamanan data dan privasi para usernya. Semoga saja PicMix mampu memperhatikan poin tersebut, dan terus menjaga hak dan privasi para penggunanya, dan kita yang menggunakan layanannya akan terus merasa nyaman.

Kamu bisa men-download PicMix melalui BlackBerry App World dan Google Play Store.

Sedangkan untuk iOS, Windows Phone, Symbian, Facebook dan juga feature phone berbasis Java, PicMix  juga akan diluncurkan ke platform tersebut dalam waktu dekat ini.

PicMix Official Video!

Sumber: PicMix, Twitter


SHARE
Previous articleArc System Works Siapkan Anime BlazBlue Alter Memory
Next articleThe World Ends With You: Live Remix Akan Hadir untuk Android!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.