Detail Baru Civilization V Brave New World, Kini Bisa Menang Mudah Dengan Culture Victory

Sebelumnya kami mengabarkan jika Civilization V akan mendapatkan ekspansi baru, dengan salah satunya mengangkat nama kerajaan Majapahit dengan satu nama Mahapatih Gajah Mada sebagai salah satu dari sembilan pemimpin baru yang bisa kamu mainkan!

Selain Majapahit dan Gajah Mada, pada 15 Maret lalu Firaxis Games memang sudah mengkonfirmasikan isi dari ekspansi Brave New World dimana nama Indonesia bakal ikut andil. Ekspansi ini menambahkan fitur dasar permainan, seperti rute perdagangan baru, kongress dunia, pariwisata, Great Works, dua skenario baru, delapan keajaiban dunia baru, beberapa unit baru dan sembilan peradaban baru, yang termasuk di dalamnya Polandia, Brasil, Asyur, Zulu, Portugal, Indonesia dan Maroko.

Epkspansi ini juga memberi fitur baru melalui jalur kemenangan (victory path) Culture. Dengan Culture Victory, kamu bisa mencapai kemenangan dengan cara mengumpulkan benda seni seperti lukisan, pertunjukan, hingga tulisan tangan, dan kemudian menyimpannya di dalam museum dan opera. Culture akan menarik minat turis, dan hal bisa menyebarkan pengaruh ke negara lain di dunia. Dengan mengumpulkan banyak Culture, bisa saja kamu menang tanpa perlu berhadapan langsung secara fisik dengan negara lain.

Sehubungan dengan Culture Victory tersebut, kamu dikenalkan dengan Great Artists, Musicians, dan Writers. Ketiga kalangan orang-orang “great” tersebut melahirkan Great Works yang mengisi slot di kotamu, dengan wujud seperti bangunan dan Wonders. Dan seni yang mereka hasilkan, literatur, atau musik akan mengundang turis (sekadar teknis saja, dan kamu tidak akan melihat benar-benar ada turis yang datang ke kotamu). Kamu juga bisa mengirim Great People tersebut ke peradaban lain untuk sebuah perjalanan, yang mana juga bakal meningkatkan pariwisata dan culture di peradabanmu.

Dalam artikel kami sebelumnya sudah dijelaskan seperti apa nantinya Indonesia dibawa ke dalam ekspansi Brave New World tersebut. Untuk peradaban lain, apa yang dimasukkan Firaxis Games adalah sultan dari dinasti Saadi, Ahmad al-Mansur, pemimpin dari Maroko yang hidup di pertengahan abad ke-15. Selama mengendalikan Ahmad al-Mansur di Maroko, permainan akan terfokus mengenalkan rute perdagangan baru di Brave New World. Karena dengan rute baru ini, kamu bisa mendapatkan bonus hingga emas dan culture untuk setiap rute yang dibuka menggunakan ability Gateway to Africa. Di Maroko nantinya Cavalry juga akan digantikan oleh Berber Cavalry, yang memberi bonus pertarungan ketika berada di tempat kekuasaan sendiri, atau selama bertarung di gurun. Kemudian juga ada peningkatan melalui Kasbah yang memberi tambahan defense, food, production, hingga gold.

Di atas kami juga meyebutkan World Congress sebagai salah satu poin target pembaruan dalam ekspansi ini. World Congress (sebelumnya dikenal sebagai United Nations) muncul di awal permainan, dan mereka juga berpengaruh pada perkembangan Civilization yang kamu bangun, dan hubungan diplomatisnya dengan pemimpin dunia lainnya. Seperti misalnya, jika ada peradaban yang “kurang nyaman” dengan peradaban yang kamu bangun, mereka bisa saja mendekati World Congress untuk melancarkan embargo pada wilayahmu.

Selain Ahmad al-Mansur, kamu juga bakal mengendalikan pemimpin dunia lainnya, seperti Casimir III dari Polandia, Pedro II dari Brasil, Ashurbanipal dari Asyur dan Maria dari Portugal. Namun detail bagaimana penampilan para pemimpin tersebut, dan bagaimana nanti elemen baru untuk setiap wilayah mereka masih belum diungkapkan.

Ekspansi Brave New World bakal dirilis 9 Juli mendatang dengan harga US $30.

Enter a Brave New World: Culture and Tourism in Sid Meier’s Civilization V: Brave New World

Sumber: Facebook (1), (2)


SHARE
Previous articleEquipment Akan Berpengaruh Pada Karakter di Shin Megami Tensei IV
Next articlePanopticon Kini Menjadi Freedom Wars, Game Multiplayer Action Baru Eksklusif PS Vita
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.