Tumblr. + Yahoo! = !! Warning Buat Para Tumblrer, Bakal Ada Iklan Hiasi Dashboard Kalian!

Setelah April 2012 lalu Facebook mengakuisisi Instagram, menurut kami tidak ada kabar menarik lain mengenai akuisisi sebuah layanan berbasis social networking. Sampai kemarin kami mendapatkan kepastian mengenai rencana Yahoo! yang ingin membeli Tumblr, sebuah platform microblogging dan yang juga beroperasi dengan fitur seperti jejaring sosial.

Pada dasarnya Tumblr merupakan sebuah platform dimana kita bisa membuat blog sendiri. Dan seperti tipikal blog lainnya, selain tulisan, pengguna juga bisa mem-post konten multimedia, dengan yang paling umum ditemui adalah foto, selain video, quote, atau  link website ke blog mereka. Meskipun ada opsi dimana kita bisa mem-follow blog lain, namun Tumblr juga memungkinkan kita menghubungkan blog ke akun Twitter dan Facebook, sehingga setiap post yang dibuat langsung terkirim sebagai “tweet” atau “status update.” Namun menurut penulis, yang paling menarik dari fitur Tumblr adalah kebebasan mem-post content yang tidak dimiliki blog kita melalui fitur “Reblogging”.

Dengan “Reblogging,” user bisa melakukan re-post yang ditemukan dari sebuah blog yang mereka follow atau subscribe, dan memasukkannya ke blog mereka sendiri. Memang opsi semacam itu juga umum kita temukan di jejaring sosial lainnya. Namun dengan lebih dari 100 juta blog, dan dengan mayoritas blog tersebut banyak mem-post media khususnya foto, yang kemudian dengan mudah di-reblog user lainnya, menjadikan Tumblr sebagai layanan yang pas sebagai media pemasaran secara viral.

Yahoo! mendapatkan Tumblr dengan nilai US $1.1 milyar (keseluruhan proses akuisisi diperkirakan selesai pertengahan tahun ini). Kedua perusahaan tersebut sudah mencapai kesepakatan untuk proses akuisisi, dan keputusan tersebut diumumkan kemarin. Dan melalui pernyataan resminya. Yahoo! berjanji tidak akan merubah Tumblr seperti yang mereka inginkan. Tumblr akan tetap beroperasi secara independen sebagai lini bisnis yang terpisah dari Yahoo!, serta David Karp akan tetap menjadi CEO Tumblr.

Akuisisi ini membuka peluang khusus bagi kedua perusahaan. Tumblr bisa menggunakan teknologi personalisasi dashboard dan infrastruktur pencarian halaman web milik Yahoo! untuk membantu user Tumblr ketika mereka ingin mencari kreator dari sebuah produk yang di-reblog, siapa blogger-nya, atau konten yang dicari di Tumbler. Sebagai gantinya, Tumblr bisa membawa 50 milyar blog post (dengan 75 juta terus muncul setiap harinya) ke jaringan media Yahoo! Dan benar, kamu yang memiliki waktu lebih membuka dashboard Tumblr setiap hari, jangan kaget jika bakal banyak iklan-iklan dari Yahoo! bermunculan di sana

Menurut CEO Yahoo! Marissa Mayer, Tumblr mendefinisikan sebuah ekspresi kreatif secara online, serta seperti Yahoo!, Tumblr juga menjadi rujukan untuk banyak brand baik yang sudah mapan atau baru berkembang (untuk media promosi). Berikut pernyataannya mengenai akuisisi Tumblr ini.

“On many levels, Tumblr and Yahoo! couldn’t be more different, but, at the same time, they couldn’t be more complementary. Yahoo is the Internet’s original media network. Tumblr is the Internet’s fastest-growing media frenzy. Both companies are homes for brands – established and emerging. And, fundamentally, Tumblr and Yahoo! are both all about users, design, and finding surprise and inspiration amidst the everyday.”

Pernyataan Yahoo! kemarin juga menyebutkan jika Tumblr memiliki lebih dari 300 juta unique visitor per bulan, dan 120,000 pendaftar baru setiap harinya, yang menjadikan Tumblr sebagai salah satu jaringan media dengan pertumbuhan tercepat. Tumblr juga mencatat 900 port dilakukan setiap detik dan 24 milyar menit dihabiskan untuk mengakses situs tersebut. Dan melalui kombinasi keduanya, Yahoo! berharap pengunjung mereka akan meningkat 50% menjadi lebih dari 1 miliar pengunjung perbulan, serta dibarengi trafik yang juga meningkat hingga 20%.

Sumber: Yahoo! Tumblr, Tumblr Blog


SHARE
Previous articleSony Merilis Teaser PlayStation 4, Seperti Apa Kira-kira Desain Konsol Next-Gen Mereka?
Next articleSega Merilis Debut Screenshot dan Trailer Yakuza 1&2 HD Edition for Wii U
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.