Gathering Bersama Arek-arek Gamer Suroboyo di Komunitas SuGaCom

Sebenarnya banyak gamer yang tinggal di Surabaya, dan kebetulan ada beberapa gamer arek Suroboyo ini yang tergabung dalam sebuah komunitas gamer. Bernama SuGaCom, singkatan dari Surabaya Gamers Community, komunitas ini berupaya membangun dirinya untuk menjadi lebih besar, salah satunya dengan mengadakan gathering dan bermain bersama yang dilakukan pada Sabtu, 18 Mei 2013 lalu.

Gathering ini diadakan di foodcourt Tunjungan Plaza I,Surabaya. Inti acaranya sebenarnya adalah mengumpulkan para anggota Sugacom untuk mengobrol, tapi namanya juga gamer ketika berkumpul pun ada sesi acara bermain bersama hehe. Total ada sepuluh orang (termasuk saya) yang berhasil terkumpul dalam acara gathering tersebut.

Awalnya, Sugacom terbentuk dari grup komunitas 3DS-NDS Indonesia yang dibentuk pada Agustus 2009 sebagai wadah utama pecinta NDS dan 3DS di masa depannya (yang saat itu belum dirilis). Komunitas ini dibentuk oleh dr. Arsanto Sidohutomo beserta dr. Muhammad Barlian Nugroho dan dr. Valeri Al Hakiim. Kemudian dari grup tersebut dibentuklah grup baru yang ingin memperluas jaringan handheld dan konsolnya, sehingga tidak hanya terbatas pada NDS dan 3DS. Bernama SuGaCom, grup ini dibentuk pada bulan Oktober 2012 lalu, tepat sebelum acara Choco Days 2 diadakan. Tujuan pembentukan SuGaCom ini adalah untuk mempersatukan para gamer baik handheld maupun konsol untukkotaSurabayapada khususnya, dan gamer di sekitarSurabayapada umumnya. Untuk komunitas 3DS-NDSIndonesiasendiri sampai sekarang masih ada dan tetap eksis, bahkan juga berkembang menjadi lebih besar.

Pakdhe Arsanto (kanan) dan Pakdhe Barly (kiri) bersama Arie Tresna (tengah) saat acara Choco Days 2 tahun lalu

SuGaCom ini dibentuk oleh dr. Arsanto Sidohutomo, Davy Budiono, dan Liyanto Untoro. Sebenarnya ada satu anggota lagi yakni dr. M. Barlian Nugroho yang meski orang Malang, namun memiliki banyak peranan dalam SuGaCom, bahkan beliau telah dianggap seperti saudara sendiri oleh dr. Arsanto. Dan uniknya lagi, untuk memperakrab mereka-mereka dengan para anggota yang lain, ada nama panggilan sendiri untuk para dokter ini, yakni “pakdhe” atau jika diartikan menjadi “pak dokter” hehe. Awalnya, panggilan pakdhe ini dicetuskan oleh Ferry Dirgantara yang saat ini berada diMalaysia.

Di grup Facebook-nya sendiri, tercatat ada 71 orang anggota (termasuk saya). Namun menurut pakdhe Arsanto, jumlah anggota yang aktif terutama dari para pemilik 3DS yang sering berkumpul atau mengadakan gathering sendiri, ada sekitar 30 orang. Bahkan katanya, para pemilik 3DS ini sering gathering pada akhir pekan di mall-mall. Terutama ketika akhir-akhir ini game Monster Hunter 3 Ultimate dirilis oleh Capcom, makin sering saja gathering yang mereka lakukan.

Di acara gathering tanggal 18 Mei lalu, memang sebenarnya tidak ada acara pastinya. Padkhe Arsanto hanya ingin mengumpulkan anggotanya yang bisa hadir dan mengobrol santai, termasuk dengan saya. Sebelum pakdhe Arsanto datang, saya dan beberapa anggota yang telah hadir terlebih dahulu menunggu dengan bermain multiplayer Mario Kart 7 via download play. Hal ini mengingatkan saya pada saat jaman DS masih berjaya dulu, di mana di redaksi Zigma pun para kru juga sering kali bermain multilayer Mario Kart DS.

Ketika pakdhe Arsanto datang, saya bersama beliau terlibat obrolan ringan seputar game dan perkenalan diri masing-masing. Anggota yang lain berpindah tempat karena mencari tempat colokan untuk men-charge 3DS mereka. Saat itu, saya sempat diberi tahu mengenai game-game PS Vita dengan region aneh. Maksudnya, regionnya tidak tercatat secara resmi apakah region 1 atau 3, tapi menghadirkan teks bahasa Inggris dengan voice acting Jepang. Beliau memperlihatkan Uncharted: Golden Abyss dan Ninja Gaiden Sigma yang memiliki teks bahasa Inggris dengan suara seiyuu-nya, benar-benar menarik. Dan memang pakdhe Arsanto ini benar-benar menyukai voice acting Jepang, bahkan beliau rela membeli paket DLC sound pack berisi voice acting Jepang untuk game Soul Sacrifice miliknya.

Saya bersama pakdhe Arsanto hehe

Setelah obrolan ringan saya dengan beliau, kami pun menghampiri anggota lain yang ternyata sedang asyik hunting bersama, alias bermain multiplayer Monster Hunter 3 Ultimate. Beberapa anggota juga ada yang bermain multiplayer Soul Sacrifice. Karena keterbatasan waktu, saya dan pakdhe Arsanto pamit terlebih dahulu meninggalkan para anggota yang masih asyik bermain. Saya senang dan merasa terhormat sekali karena telah diundang oleh pakdhe Arsanto untuk bisa menghadiri gathering tersebut. Saya berharap ke depannya SuGaCom bisa menjadi makin besar dan berkembang. Jadi tunggu apa lagi, ayo rek sing ngaku gamer Suroboyo, langsung ae gabung karo SuGaCom yo! Hehe. Jika tertarik, kamu bisa langsung mengunjungi grup Facebook SuGaCom dan bertanya-tanya langsung ke para pengurusnya.

[ Sumber : Facebook Group SuGaCom, Facebook Group 3DS – NDS Indonesia ]


SHARE
Previous articleEnder’s Game, Perjuangan Anak-anak Muda Untuk Mengalahkan Alien
Next articleBermain Sebagai “Hantu” dan Partner Seekor Anjing Pelacak di Call of Duty: Ghosts
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.