Need for Speed: Rivals Dikonfirmasikan, Membawa Pengalaman Baru Transisi Gameplay Single ke Multiplayer

Electronic Arts tidak berhenti begitu saja setelah memamerkan engine Ignite yang akan memperkuat jajaran game EA Sports-nya. Mereka masih memiliki satu proyek unggulan, dari nama yang juga pasti terdengar mainstream. Hari ini EA mengkonfirmasikan Need for Speed: Rivals untuk Xbox 360 dan PlayStation 3, serta sekeligus juga akan menjadi salah satu jajaran game pertama mereka untuk konsol next-generation.

Mendengar nama Rivals pasti kamu langsung merasa familiar, karena memang pada tahun 2005 lalu EA pernah merilis Need for Speed: Underground Rivals, Need for Speed pertama yang dirilis untuk PSP. Namun walaupun membawa subtitle “rivals”, game ini sama seklai tidak ada hubungannya dengan salah satu spin-off Underground tersebut. Dan meskipun pengembangan Need for Speed: Rivals bukan diserahkan pada developer Inggris Criterion yang terbukti sukses dengan remake Most Wanted tahun lalu, namun EA percaya Ghost Games (developer dari Swedia, sebelumnya EA Gothenburg) mampu menangani Need for Speed baru yang juga mengajukan konsep open world ini bersama Criterion Games yang juga masih ikut berperan.

Selain dua konsol yang sudah eksis serta PC dengan tanggal rilis 19 November 2013, EA juga memastikannya hadir untuk PlayStation 4 dan Xbox One di waktu yang belum ditentukan (awalnya disebutkan akhir 2013). Sayangnya, kecil kemungkinan pemilik Nintendo Wii U mendapatkannya, karena game ini dikembangkan menggunakan engine Frostbite 3 yang memang “alergi” pada konsol Nintendo tersebut. Sedangkan Xbox 360 dan PlayStation 3 hardware-nya dianggap masih mampu menjalankan engine yang memang dikhususkan untuk konsol next-gen tersebut.

Berbeda dengan Most Wanted, Rivals dikembangkan dengan basis gameplay Need for Speed: Hot Pursuit yang dirilis 2010 lalu. Jadi kamu bisa mendapatkan kembali (mayoritas) pilihan mobil-mobil eksotis serta adegan kejar-kejaran dengan polisi (berbeda dengan Most Wanted yang pilihan mobilnya banyak yang adaptasi dari mobil nyata dan lebih beragam). Dalam game kamu bakal berperan sebagai seorang pembalap, atau bisa juga sebagai polisi, dengan setiap sisi karakter memiliki tantangannya sendiri-sendiri, resiko, dan juga reward yang berbeda.

Sebagai racer, makin banyak polisi yang berhasil kamu hindari, makin banyak Speedpoint kamu kumpulkan, dan memungkinkan mereka membuka mobil baru dan item. Tujuannya jelas, kumpulkan lebih banyak Speedpoint dan menjadi target paling utama di mata polisi. Sedangkan sebagai polisi, kamu bekerja sama dalam satu team untuk menangkap racer, dan mendapatkan kenaikan jabatan, rank-nya pun terus meningkat di tengah Police Force.

Kemudian yang membedakannya dengan Need for Speed lainnya, dalam Rivals kamu bisa mengakses 11 gadget yang bisa di-upgrade, yang akan mendukung selama kamu berada di balik setir. Gadget tersebut seperti EMP, turbo boost, dan jammer untuk para racer, sedangkan polisi mendapatkan shockwave, roadblock (men-summon bantuan yang bisa menghalangi jalan) dan juga helikopter untuk polisi. Setting gamenya sendiri mengambil setting area yang dikenal sebagai Redview County, sebuah dunia open world yang menjadi lokasi dimana bentrol antara polisi dan penjahat terus terjadi. Ya, kamu mendapatkan satu unsur permainan yang cukup menonjol dari Most Wanted, yaitu peta open world, lengkap dengan banyak jalanan khas yang bisa membuat mobilmu berguncang, banyak perangkap dan juga mobil yang bisa dibuka.

Demikian juga fitur jejaring sosial in-game Autolog, yang memungkinkan kompetisi antara setiap pemain terus terpantau. Fitur online yang mulai dikenalkan pada Hot Pursuit itu akan memantai setiap pencapaian kita selama bermain, membandingkan status setiap pemain, dan memberi opsi bagi kita untuk menantang pemain lain yang statusnya lebih baik. Namun khusus untuk Rivals, developer juga menyiapkan satu sostem sosial baru, yang disebut AllDrive, yang memungkinkan transisi mode permainan dari single ke multiplayer berjalan dengan sangat mulus. Bayangkan saja ketika kamu menjadi polisi, sendirian mengejar dua orang pembalap, kerepotan. Namun keadaan berbalik ketika tiba-tiba ada 2 atau 3 orang pemain baru masuk ke dalam permainanmu sebagai polisi dan membantumu.

Hanya saja akan ada perbedaan dari AllDrive di konsol next-gen dengan konsol yang sudah ada sekarang. Di Xbox One dan PlayStation 4, dukungan hardware-nya memungkinkan lebih banyak pemain bisa langsung online, dan bagaimana berinteraksi dengan mereka akan lebih banyak opsinya. Developer juga mengatakan akan mengembangkan fitur khusus yang bisa diakses menggunakan gadget layar keduanya Xbox One, yaitu SmartGlass, agar kita tidak hanya memainkan game ini di depan TV saja. Selain AllDrive, yang membedakan Rivals versi Xbox 360 dan PlayStation 3 dengan Xbox One dan PlayStation 4 adalah lompatan grafisnya. Untuk versi PC, EA mengklaim akan setara (dalam hal fitur AllDrive dan grafisnya) dengan versi next-gen.

Rivals pun juga mengadopsi fitur Need for Speed lainnya, yaitu dari Underground, melalui opsi yang memungkinkan kita mengkustomisasi kendaraan, seperti dengan memasang upgrade untuk meningkatkan kemampuannya, cat, stiker, ganti peleknya hingga plat nomernya bisa dimodifikasi. Rivals menjanjikan pilihan kendaraan-kendaraan eksotis (ya ya, jangan mencari Hummer di sini), dan Ferrari yang sudah menegaskan akan kembali ke franchise ini sejak penampilan terakhir mobil mereka di Hot Pursuit 2 tujuh tahun lalu. Dan beberapa screenshot pertama game ini pun langsung memajang F12 Berlinetta, untuk memikat para penggemar “kuda jingkrak.”

Kemudian yang juga sudah diumumkan oleh EA, semua pemesan pre-order game ini akan mendapatkan kode akses untuk men-download Ultimate Cop Pack tanpa tambahan biaya apa pun. Di dalamnya kamu mendapatkan beberapa “item” yang kuat, seperti mobil polisi Nissan GT-R Black Edition, serta teknologi canggih yang akan membantu selama aktivitas mengejar musuh.

Need for Speed Rivals Teaser Trailer (Official)

Sumber: Need for Speed


SHARE
Previous articleSaingi The Avengers 2, Bryan Singer Datangkan Quicksilver di X-Men: Days of Future Past
Next articleUltralist: 10 Hal yang Diharapkan Ada di Forza Motorsport 5
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.