Impresi Fast & Furious 6: The Game, Beginilah Rasanya Jika Dalam Game Racing BBM-nya Dibatasi!

Sudah 4 harian ini Fast & Furious 6 ditayangkan di bioskop Indonesia. Dengan basis genrenya yang racing, tentu cocok membawa aksi Dom dan Brian ke layar smartphone dan tablet yang memang cocok untuk game dengan genre tersebut. Dan benar, sehari pasca teasernya muncul, Fast & Furious 6: The Game dirilis di Apple App Store, dan kemudian menyusul di 2 hari kemudian di Google Play Store.

Mungkin karena banyak publisher merasa paranoid dengan game adaptasi film, jadi tidak mau berspekulasi membawa film action tersebut secara langsung ke konsol atau handheld. Otomatis seperti versi game Iron Man 3, kamu hanya bisa menikmatinya mealui layar perangkat mobile, walaupun Fast & Furious: Showdown untuk konsol juga mengambil beberapa bagian cerita dalam filmnya. Fast & Furious 6: The Game ini dikembangkan oleh Kabam, dan membawa genre arcade racing yang banyak ditemui untuk mobile dengan beberapa fitur baru, seperti banyaknya misi yang menyelingi setiap sesi balapan liar yang kamu lalui. Bukan sebatas meraih posisi pertama saja di tiap lintasan dengan memacu mobil-mobil super, karena misi utamamu adalah melumpuhkan para pengendara terlatih sekaligus mercenary untuk mengumpulkan respect.

Sebagai sarana melakukan drag dan drift melalui jalanan London, kamu mendapat banyak pilihan muscle car klasik, seperti 1790 Dodge Charger, hingga mobil super dari generasi sekarang yang banyak mondar-mandir di filmnya. Kemudian seperti filmnya, kamu juga bisa mengkustomisasi dan meng-upgrade kemampuan mobilmu. Game ini juga mendukung Play Game, kamu bisa masuk ke tournament, dan membandingkan pencapaianmu melalui leaderboard.

Namun yang menjadi ganjalan adalah karena basisnya game gratis, developer menerapkan  sistem “fuel delivery.” Sistem ini esensinya membatasi jatah waktumu bisa menikmati grafisnya yang cukp halus dan mendetail untuk kelas mobile. Kamu hanya bisa melakukan racing yang berjalan sekitar 20 detik saja setiap 7 menit, kecuali kamu bisa memangkas waktu tunggu untuk membeli gold bar yang mengisi tangki bahan bakar mobilmu. Ya ya, itu bisa dibeli melalui in-app purchase, karena memang game ini bisa di-download gratis. Selain itu, sebelum bisa memainkannya, meskipun kamu sudah men-download data gamenya, tetap butuh waktu untuk meng-extract dan memulai game.

Ketika dimainkan, keseluruhan game ini berjalan mulus dan fun to play. Seperti tipikal arcade racing mobile, namun kebih terfokus pada drag race dan juga trik ekstrem seperti drift. Agak aneh juga sih, karena racing juga berjalan sekadar dari poin A ke B, maka kamu tidak perlu susah menyetir, atau bingung dengan pedal gas atau rem — well, memang drag race menjadi salah satu adegan yang umum dalam sebuah film Fast and Furious. Race bermula dengan hitungan mundur, dan ketika usai hitungannya, kamu perlu langsung menekan tombol launch. Satu-satunya kontrol selama race hanya tuas persneling untuk menaikkan atau menurunkan kecepatan, dan tombol boost nitro. Lalu ada race yang fokus pada trik drift, yang sama seperti drag, namun di tombol pengatur gigi digantikan dengan tombol drift, dan kamu perlu menahannya selama melakukan drift.

Memenangkan race dan menyelesaikan challenge memberimu credit. Dan credit tersebut menjadi salah satu mata uang dalam game, yang bisa digunakan membeli banyak item dalam game, seperti upgrade untuk mobile. Di awal permainan memang sudah tersedia credit untukmu, dan bisa kamu beli lagi lebih banyak seiring permainan berlanjut. Untuk mobilnya, ada sekitar 20 pilihan, dengan tiga diantaranya bisa kamu pilih dari awal. Menangkan race dan berlanjut ke area lain, maka mobil lain yang lebih mahal bisa kamu beli. Kemudian yang kami sukai, dikembangkan langsung sesuai filmnya, kamu bisa berjalan di kota, bertemu para karakter dari filmnya, menaikkan rank untuk menjadi racer terbaik.

Bagi mereka yang tidak suka jalan panjang mengumpulkan credit, bisa membeli in-app-purchase gold, yang perannya sama seperti credit, dan pemasukan utama yang didapatkan Kabam dari game ini. Seperti waktu tunggu ketika bahan bakar mobilmu perlu terisi, jika bosan menunggu, kamu bisa memotong waktu tersebut dengan sejumlah gold. Selain dibeli menggunakan uang asli dengan rentang US $2.99 hingga $99.99, gold juga kamu dapatkan di sepanjang permainan, walaupun jumlahnya terbatas.

Karena memang tidak banyak arcade racing yang fokus drag, Fast and Furious 6: The Game bisa menjadi salah satu pilihan yang fun. Dan meskipun adaptasi film, game ini tidak layak ikut mendapat sterotip negatif adaptasi film.

  • Download Fast and Furious 6: The Game versi iOS dari Apple App Store
  • Download Fast and Furious 6: The Game versi Android dari Goole Play Store
  • Download Fast and Furious 6: The Game versi Android (lengkap dengan datanya) dari link alternatif berikut ini (install dan jalankan dengan koneksi internet, selesai loading, keluar dari game), dan kemudian install file updatenya dari link berikut ini.

Sumber: Kabam


SHARE
Previous articleZico Gandeng TouchTen Games, Rilis Zico The Official Game!
Next articleSquare Enix Jepang Daftarkan Trademark Final Fantasy Agito
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.