Zico Gandeng TouchTen Games, Rilis Zico The Official Game!

Kamu suka sepak bola? Pernah mendengar nama seorang legenda sepak bola yang berasal dari Brazil bernama Arthur Atunes Coimbra? Mungkin ada sebagian dari kamu yang masih asing mendengar nama tersebut, namun apabila saya menyebutkan nama Zico, pasti semua penggemar bola di seluruh dunia tahu. Ya, Zico yang seringkali disebut dengan panggilan “Pele Putih” ini memang salah satu legenda di lini tengah Brazil, dan juga menjadi legenda di Jepang setelah menangani beberapa klub dan Timnas Jepang. Nah, untuk kembali menggali ingatan para penggemar sepak bola terhadap dirinya, Zico kini memiliki game mobile resminya yang diberi dengan judul Zico The Official Game, dengan menggandeng TouchTen Games, developer game dari Jakarta untuk mengembangkannya!

Game ini sendiri sudah dirilis di Jepang pada 19 Mei 2013 lalu bertepatan dengan ulang tahun J-League alias Liga Sepakbola Jepang yang ke 20 tahun. Sedikit biografi dari Zico, sang legenda memang sangat disanjung di mata publik Jepang, pasalnya Zico merupakan salah satu penasihat berdirinya J-League, dan sempat bermain di Kashima Antlers, salah satu klub peserta J-league. Saking cintanya publik Kashima akan sang legenda, mereka pun sampai mendirikan patung dirinya di depan stadion Kashima dan menjulukinya The God of Soccer. Tidak hanya itu, Zico pun akhirnya terjun ke tim nasional Jepang sebagai pelatih dari tahun 2002 sampai tahun 2006 dan turut membantu memenangkan Piala Asia serta mengantar Jepang lolos kualifikasi Piala Dunia di Jerman pada tahun 2006.

Sebelum dipuja-puja di Jepang, Zico sempat merumput di Flamengo (Brasil) sebelum akhirnya hengkang ke Udinese, menolak tawaran dari klub super di Eropa seperti AC Milan dan AS Roma. Zico sempat di nobatkan sebagai pemain terbaik dunia, versi “World Soccer Magazine” sebuah majalah Inggris terkemuka pada tahun 1983 ketika sedang merumput di Udinese. Zico membela timnas Brasil pada tahun 1978, 1982 dan 1986 yang banyak dipuji sebagai timnas terbaik yang pernah dimiliki Brasil, walau sayangnya tidak pernah memenangkan piala dunia.

Setelah diluncurkan di Jepang Minggu lalu, game ini akhirnya secara resmi diluncurkan di Indonesia di sela-sela perhelatan Game Developers Gathering 2013 di Jakarta kemarin, 25 Mei 2013 dan menggandeng Kaskus sebagai media partner resminya. Sebelum diluncurkan secara resmi di Indonesia kemarin, saat ditemui penulis di sela-sela perhelatan Casual Connect Asia 2013 di Singapura kemarin, Anton Sohearyo, CEO dari TouchTen juga sempat menunjukkan demo game barunya ini, dan sempat mengungkapkan kebanggaannya karena bisa bekerja sama dengan salah satu legenda sepakbola, bukan hanya di Brazil, melainkan juga di Italia, Jepang dan bahkan di dunia.

Di Game Developers Gathering 2013 kemarin, Anton sendirilah yang meluncurkan game ini secara resmi di tengah-tengah press conference konferensi developer game terbesar di Indonesia tersebut. “Kami sangat senang dengan kolaborasi Indonesia & Brasil ini. Nama Zico tidaklah asing lagi dengan orang-orang yang berhubungan dengan sepakbola, dan sebagai pengemar sepakbola, saya berharap pembuatan game ini dapat mengangkat nama Indonesia di dunia game internasional,” ungkap Anton dalam pernyataan resminya.

Salah satu yang paling dikenang dari sosok Zico adalah kepiawaiannya dalam melakukan tendangan bebas alias freekick, dan itulah yang menjadi tema utama dalam game-nya kali ini. Dalam game ini, kamu akan memerankan Zico mulai dari masih anak-anak dan bermain di jalanan Brazil, hingga menjadi seorang pesepakbola besar dan bermain di stadion-stadion di seluruh dunia. Saat kamu berperan sebagai Zico kecil di Quintino kota kelahirannya, kamu diharuskan untuk menendang bola hingga mengenai target-target yang ditentukan, seperti pot bunga hingga kaleng bekas minuman. Untuk menendang, kamu hanya perlu menyapukan jari kamu ke layar dari bola menuju ke arah target tersebut. Dari kampung halaman Zico di Brazil, kamu akan terus mengikuti petualangannya ke negara-negara lain sepanjang karirnya, termasuk di Italia dan Jepang dengan target yang berbeda, menendang bola untuk mencetak gol ke gawang lawan lewat titik yang ditentukan. Terdapat tiga tingkat kesulitan yang disediakan oleh game ini, antara lain Bronze yang paling mudah, Silver dengan tingkat kesulitan medium, dan Goal yang paling sulit.

Saat ini, game ini memang TouchTen baru merilis stage pertamanya saja, alias di Brazil. Nantinya, stage untuk Italia dan Jepang akan hadir dalam update yang bisa didapatkan secara gratis. Zico sendiri sempat mengomentari game ini saat dirilis di Jepang minggu lalu. “Saya sangat antusias menyambut peluncuran game tentang karir saya ini. Game ini didedikasikan untuk keluarga, teman dan supporter saya. Semoga anda semua dapat memainkannya!” ungkap Zico dalam konferensi pers tersebut.

Yang menarik, Zico pun sempat menyapa para penggemarnya di Indonesia lewat sebuah video yang dibuatnya. Karena menggandeng Kaskus sebagai media partner, Zico pun menyampaikan pesannya dalam bahasa Indonesia, plus meneriakkan kata “Sundul Gan!” yang sangat populer di kalangan Kaskuser! Menurut pengakuan Anton, Zico kabarnya sempat kesulitan untuk mengucapkan kalimat-kalimat dalam bahasa Indonesia ini dan juga memahami arti kata “Sundul Gan!” yang harus diucapkannya! Bahkan, pembuatan video yang berdurasi sangat singkat ini memerlukan tiga kali pengambilan gambar sebelum didapatkan hasil yang sempurna, seperti yang bisa kamu tonton di bawah ini.

Selain menggandeng TouchTen Games, Zico juga menggandeng NDV Consulting dan 123 Sports, perusahaan dari Brazil yang berkontribusi memberikan idenya. Sedangkan untuk pengerjaan game-nya sendiri dilakukan sepenuhnya oleh TouchTen. Game ini sendiri sudah dirilis untuk Android, dan bisa kamu dapatkan di Google Play Store dengan harga US $0.99 atau hanya sekitar Rp 9.000 saja! Kabarnya, game ini menurut rencana juga akan dirilis untuk iOS, dan saat ini masih dalam tahap review oleh iTunes.

Kamu penggemar berat dari Zico? Ayo segera mainkan game-nya di gadget-mu!