Prediksi Dua Opsi Harga Xbox One, Dan Ternyata Juga Dibatasi Region

Memang sebenarnya kita lebih baik diam dan menunggu sampai E3 2013 berlangsung awal Juni mendatang, untuk mendapatkan kepastian dari Microsoft. Karena beberapa rencana fitur baru Xbox One seperti kebutuhan untuk online dan batasan game bekas, membuat gamer sempat heboh. Dan mungkin yang akanyang membuat kita “terkejut” adalah jika harga yang akan dipatok Microsoft untuk Xbox One nantinya ternyata di atas prediksi.

Seperti PlayStation 4, sejauh ini Microsoft menolak memberi petunjuk jelas berapa harga yang mereka tentukan untuk Xbox One ketika dirilis. Namun banyak spekulasi muncul jika konsol tersebut akan dijual di rentang harga US $400 – 500, atau opsi yang lebih murah dengan Microsoft menawarkannya melalui harga subsidi seandainya user juga berlangganan akun Xbox Live yang akan menghubungkan konsol tersebut ke internet, memungkinkan akses online gaming dan layanan streaming seperti Netflix hadir sebagai layanan tambahan.

Rumor yang berhembus sebelumnya, Xbox One direncanakan rilis November 2013 dengan harga US $400 – $500 untuk nilai penuhnya, atau jika ingin membayar lebih murah, kamu tinggal menyetorkan DP US $300, plus langganan Xbox Live. Hanya saja belum jelas berapa tarif langganannya, karena Microsoft pasti akan tetap memperhitungkan margin keuntungannya. Bisa jadi, kita akan dituntut berlangganan selama 2 tahun seperti Xbox 360 saat ini. Dengan hanya US $99 kamu bisa mendapatkan konsol tersebut, namun dengan biaya berlangganan Xbox Live selama dua tahun yang tarifnya US $14.99 tiap bulannya.

Dari awal Microsoft memfokuskan presentasi Xbox One mereka dengan layanan televisi. Hanya saja yang menyusahkan adalah ikon Xbox sudah dikenal sebagai sebuah konsol game. Jadi akan sangat susah meyakinkan pasar (terutama core gamer) membeli Xbox One, tanpa ada dukungan game yang cukup banyak. Antar muka baru dan layanan live TV akan menarik minat konsumen baru, namun penulis yakin banyaknya pilihan game (terutama yang eksklusif) tetap menjadi penggerak penjualan suatu konsol game. Karena itulah, Microsoft berjanji akan mendemokan lebih banyak game selama E3 2013.

Kemudian informasi lainnya yang kami dapatkan baru-baru ini, Xbox One nantinya dirilis dengan kunci region, yang artinya semua software harus memenuhi aturan setiap region dimana konsol tersebut dirilis. Jika demikian, Xbox One dari Amerika Serikat tidak bisa memainkan game yang diimpor dari region Eropa atau Jepang. Tidak ada masalah di sana, hanya satu software perlu waktu saja untuk bisa sesuai dengan aturan di tiap negara. Berbeda dengan Xbox 360 yang tidak sepenuhnya terkunci secara region. Microsoft memungkinkan setiap developer untuk memilih apakah game mereka bisa dimainkan untuk region tertentu, atau semua region. Sedangkan PlayStation 3 tidak dibatasi region, semua game, kecuali Persona 4 Arena, bisa dimainkan di semua PlayStation 3 yang didapatkan dari semua region dimana konsol itu dijual. Sedangkan untuk PlayStation 4, sejauh ini Sony belum memberikan detailnya, karena memang konfirmasi awal mereka Februari lalu lebih mirip parade game-game PlayStation 4 saja.


SHARE
Previous articleReal Racing 3 Segera Dapatkan Update, Beri Akses Balapan di Dubai Audorome
Next articleLiputan Event Abugetdotcom: Geeky Nite Party di Bandung!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.