Profil Komunitas: World Mythology Community, Tempat Berkumpulnya Para Pecinta Mitologi!

Hai Citizen! Kali ini Duniaku akan mengenalkan ke kalian semua sebuah komunitas yang gemar mencari penjelasan dari berbagai misteri kuno di dunia yaitu, World Mythology Community (WMC)! Sesuai namanya, komunitas ini adalah sekumpulan orang yang senang dengan segala sesuatu yang berbau mitologi, baik itu makhluk-makhluknya maupun kontroversi-kontroversi yang sering menyelimuti berbagai tempat di seluruh dunia. Secara umum, mitologi adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang legenda-legenda yang tersebar di masyarakat. Mitologi juga biasanya berhubungan dengan berbagai macam cerita mengenai konsep penciptaan dunia.

Komunitas ini sudah berdiri sejak Desember 2010 dan didirikan oleh Galih Aristo yang memang memiliki hobi terhadap segala hal yang berbau mitos-mitos legendaris di dunia. Berawal dari seringnya membahas masalah mitologi di dunia maya, ternyata dia mendapatkan banyak respon positif dari beberapa teman-temannya sehingga akhirnya dia membentuk komunitas WMC ini. Sampai saat ini para anggotanya memang lebih sering berkomunikasi via sosial media Facebook dan Twitter, yang digawangi oleh Galih sendiri. Komunikasi ini pun cukup aktif, jika di Facebook banyak yang memposting hal-hal berbau mitologi untuk kemudian didiskusikan, Twitter lebih sering digunakan untuk sebuah program kultwit yang disebut dengan Mini Myth. Yang dibahas pun beragam, terkadang sebuah legenda dan di lain waktu bisa saja mengenai mythical creatures.

“Namun tetap, cerita mitologi yang paling populer dibahas oleh anggota kita adalah mitologi Yunani,” ujar Galih. Menurutnya, mitologi tidak hanya kaya akan imajinasi dan fantasi saja namun juga banyak nilai-nilai positif yang terkandung didalamnya. “Berbeda ketika orang berpikir secara rasional, biasanya mereka cenderung tidak peduli dengan alam, hewan, hutan dan lain-lain,” lanjut Galih panjang lebar.

Kegiatan yang biasanya dilakukan oleh komunitas ini adalah gathering untuk membahas suatu tema tertentu. Beberapa tema yang pernah diangkat antara lain adalah Annunaki, Yokai & Yurei serta bekerja sama dengan Eorlingas, komunitas pecinta Lord of The Ring, dalam mengadakan gathering bersama yang bertemakan The Origins of Middle Earth. Biasanya, sesi diskusi adalah sesi paling seru. Pembahasan umumnya melebar ke tema-tema lainnya, dimana hal ini malah menunjukkan kalau mitologi sebenarnya saling terkait satu dengan yang lainnya. Apalagi jika sudah berkaitan dengan kontroversi-kontroversi seperti teori konspirasi yang sering menyelimuti dunia mitologi.

Tertarik bergabung dengan komunitas ini? Gampang! Kamu tidak perlu membayar apa pun, cukup bergabung dengan grup Facebook mereka disini, serta follow Twitter mereka, @MythLovers. Pastikan juga kamu aktif di kedua sosial media tersebut dan jangan lupa untuk datang ketika mereka mengadakan gathering selanjutnya. Kamu dapat menambah banyak ilmu loh jika bergabung dengan komunitas ini, karena para anggotanya pun berasal dari berbagai macam profesi, mulai dari mahasiswa, komikus, pecinta film dan masih banyak lagi! Ayo, tunggu apa lagi?!


SHARE
Previous articleFinal Fantasy Tactics S Telah Rilis, Sidequest Yang Hilang di Final Fantasy IX, dan Nasib Final Fantasy Versus XIII?
Next articleDua Autobot Muncul di Lokasi Syuting Transformers 4
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.