Mengenal Beragam Armor Baru di Rockman xOver

Siapa bilang Rockman sudah mati? Pada tanggal 29 November 2012 lalu, Capcom merilis Rockman ×over, sebuah game RPG sosial berbasis serial Rockman untuk iOS dan Android. Uniknya, game ini menghadirkan para karakter dari hampir semua judul serial Rockman, dan tentunya kehadiran armor baru, yang bisa kita lihat di sini.

Untuk masalah gameplay, memang game ini sedikit berbeda dibandingkan dengan judul-judul Rockman yang kita kenal karena menganut sistem game sosial. Kita di sini berperan sebagai Mega Man baru, yakni OVER-1, Reploid yang diciptakan oleh Dr. Light dan Dr. Cossack. Dia bisa mendapatkan kekuatan baru melalui Battle Memory yang tersebar di sepanjang permainan. Unsur sosial memungkinkanmu untuk membentuk tim dengan pemain lain melawan musuh.

Stage-nya sendiri dibuat dengan sistem ”on-rail”, artinya OVER-1 akan otomatis berjalan ke kanan dan kamu mengendalikannya untuk menembak atau melompat menghindari musuh. Unsur RPG didapat dari kustomisasi Battle Memory dan pertarungan boss-nya yang mirip dengan pertarungan RPG berbasis giliran.

Dikisahkan di Rockman ×over, Dr. Wily, Sigma dan para antagonis dari serial Rockman datang bersamaan untuk menimbulkan kekacauan. Untuk melawan ini, Dr. Light dan Dr. Cossack yang legendaris pun bekerja sama membuat Mega Man baru yang diharapkan bisa menghabisi kekuatan kegelapan tersebut.

Selain Battle Memory, kamu bisa memperkuat OVER-1 ini dengan beragam unit armor baru, yang bisa kamu lihat di bawah ini. Tiap armor memiliki slot-slot khusus yang bisa memberikan efek tertentu, dan juga jumlah slot tersebut bisa berbeda satu sama lain. Sepertinya kamu mengkustomisasi OVER-1 dengan menempatkan Battle Memory milikmu ke dalam slot-slot tersebut.

OVER-1

Armor OVER-1 normal, menghadirkan lima slot Battle Memory untuk dikustomisasi.

OVER-2 armour (Strike Unit)

Armor OVER-2 dengan enam slot Battle Memory, di mana tiga slot kiri yang saling terhubung akan mendapatkan bonus tambahan damage serangan.

OVER-3 armour (Guardian Unit)

Armor OVER-3 dengan enam slot Battle Memory, di mana tiga slot kanan yang saling terhubung akan mendapatkan bonus tambahan tingkat pertahanan.

OVER-4 armour (Shadow Unit)

Armor OVER-4 dengan delapan slot Battle Memory untuk dikustomisasi.

OVER-5 armour (Arsenal Unit)

Armor OVER-5 dengan lima slot Battle Memory, di mana slot paling atas akan mendapatkan bonus tambahan damage serangan dan tingkat pertahanan.

OVER-6 armour (Inferno Unit)

Armor OVER-6 dengan lima slot Battle Memory yang saling terpisah, dan masing-masing akan meningkatkan kekuatan serangan berelemen api.

OVER-7 armour (Dive Unit)

Armor OVER-7 dengan lima slot Battle Memory yang saling terpisah, dan masing-masing akan meningkatkan kekuatan serangan berelemen air.

OVER-8 armour

Armor OVER-8 adalah armor terbaru yang ditambahkan oleh Capcom. Jika dilihat dari desainnya, sepertinya armor ini mengambil unsur elemen angin dan kemungkinan besar memiliki efek seperti OVER-6 atau OVER-7, menambah kekuatan elemen angin di slot Battle Memory-nya.

Over-R armour (Legend Unit)

Armor legendaris yang mengubah tampilan OVER-1 menjadi mirip dengan Rockman atau Mega Man legendaris yang kita kenal.

Rockman ×over ini sudah bisa diunduh untuk iOS di Apple Store dan Android di Google Play Store.

[ Sumber : Mega Man Wikia, Famitsu App ]