HTC One Membuang Sense dan Memasukkan Pengaruh Nexus

Selain Galaxy S4 yang muncul dengan software asli Android (biasa disebut AOSP – Android Open Source Project) yang dikonfirmasikan selama Google I/O 2013 pertengahan Mei lalu, rupanya Google juga menyiapkan smartphone kelas atas lainnya dengan dukungan software langsung oleh mereka, serta akan dijual melalui Play Store. Dan yang terpilih untuk mendapatkan racikan baru AOSP tersebut adalah HTC One.

Seperti Samsung Galaxy S4 AOSP, HTC One AOSP ini tidak ada bedanya dibandingkan versi HTC yang mendapatkan interface Sense 5.0. Namun Google memberinya software stock Android yang langsung menggunakan versi 4.2.2. Spesifikasinya pun setara dengan versi Sense-nya HTC, seperti menggunakan keluarga chipset baru dari Qualcomm, yaitu tipe APQ8064T yang mengadopsi prosesor keluarga Snapdragon 600, dengan prosesornya memiliki empat inti berkode Krait 300, yang kecepatan standarnya 1.7GHz (bisa dipacu hingga 1.9 GHz), GPU Adreno 320 dan RAM 2GB. Kemudian internal storage-nya 32 GB yang sudah fix tidak bisa ditambah lagi, dan hanya tersedia dengan warna silver berbalut casing aluminium yang berkelas (versi Sense ada pilihan warna Merah dan Hitam). Karena material yang terkesan kokoh tersebut, versi Sense smartphone ini sempat kesulitan mememuni demand dikarenakan material produksinya terbatas. Dan karena bahan pelapisnya tersebut yang eksklusif, harga versi Sense pun bertengger di rentang Rp 7-8 jutaan.

Terlalu mahal? Versi Google ini bisa menjadi alternatif jika hanya ingin mendapatkan feel menggenggam HTC One, karena hargana lebih murah, US $599, atau sekitar Rp. 5,8 jutaan ketika dirilis 26 Juni mendatang melalui Google Play Store. Sayangnya, seperti Galaxy S4 AOSP pada gambar di atas (yang harganya lebih murah sekitar Rp. 500 ribuan), HTC One ini baru akan dijual untuk pengguna Amerika Serikat saja. Seperti Galaxy S4 AOSP, HTC One dengan stock Android ini langsung kamu dapatkan dengan bootloader terbuka (tidak seperti versi Sense), dan nantinya akan menerima update Android terbaru langsung dari Google. Satu nilai lebih sebuah Android yang mendapat label AOSP.

UPDATE: Kami juga mendapati hari ini HTC One versi Sense akhirnya dibuka masa pre-ordernya di Indonesia, setelah dirilis sejak akhir April lalu. Retailer yang sudah mengkonfirmasikan promo pre-ordernya adalah BliBli, DinoMaret, Lazada dan PaziaShop. Dengan harga normal Rp. 7.5 jutaan, atau lebih murah dari standar harga tidak resmi pada seller personal di forum jual beli online (ditawarkan Rp. 8 jutaan). Bisa jadi HTC merevisi harga One karena pesain terdekatnya, Galaxy S4 pun sudah terkoreksi harganya menjadi Rp. 7 juta saja untuk yang brand new! Selama masa pre-order yang berlangsung mulai hari ini hingga 5 Juni besok (pengirimannya mulai 7 Juni), kamu akan mendapatkan potongan senilai Rp. 500 ribu (khusus untuk BliBli, jadi harganya tinggal Rp. 7 juta), free paket data internet dari Indosat Mentari selama 6 bulan, dan free headset urBeats (khusus di DinoMaret, Lazada dan PaziaShop).

[cb type=”company”]HTC[/cb]

Sumber: HTC


SHARE
Previous articleSambut Ulang Tahun Kesepuluh, BioWare Bawa Star Wars: KOTOR ke iPad!
Next articleBintang dari Meme Grumpy Cat Akan Diabadikan Dalam Bentuk Film Layar Lebar!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.