Jadwal Nonton Weekend Ini: Before Sunset & Before Sunrise


Weekend tentu menjadi saat yang paling ditunggu bagi semua Citizen. Selain dapat melepas penat kesibukan, weekend juga menjadi saat yang paling tepat untuk melakukan refreshing seperti jalan-jalan ke mall, mencari event seru, main game, atau nonton. Nonton menjadi salah satu agenda wajib bagi saya. Namun terkadang film yang ada di bioskop tidak selalu bisa memuaskan nafsu tersebut dan terkadang kita sulit untuk mencari film yang pas. Oleh karena itu, “Jadwal Nonton Weekend Ini” akan menjadi konten khusus yang merekomendasikan film yang tidak ada di bioskop.

Judul yang kami rekomendasikan dalam “Jadwal Nonton Weekend Ini” adalah Before Sunset dan Before Sunrise, mengingat Before Midnight telah tayang di luar. Kedua film garapan Richard Linklater ini mengisahkan pertemuan Jesse (Ethan Hawke) dan Celine (Julia Delpy) di sebuah kereta yang mengarah ke Vienna. Keduanya sepakat untuk meninggalkan kereta untuk menikmati perjalanannya sesaat. Pertemuan yang tidak sengaja tersebut secara langsung menciptakan koneksi mendalam bagi keduanya. Jesse sang turis Amerika sangat tertarik dengan sudut pandang Celine sang pelajar Perancis.

Kekuatan film ini terletak pada diskusi yang dibicarakan kedua karakter tersebut sepanjang film. Diskusi mengenai berbagai macam topik tersebut seolah memberikan sudut pandang yang baru untuk penontonnya. Kontradiksi pendapat antara Jesse sudut pandang liberalisme laki-laki Amerika dan eline yang merupakan wanita berlatar belakang Perancis sangat menarik untuk diikuti. Romantisme yang tercipta diantara merekapun hanya dapat berlangsung selama 14 jam sebelum mereka harus melanjutkan perjalanan masing-masing.

Before Sunset melanjutkan Before Sunrise. Pertemuan Jesse dan Celine terjadi 9 tahun kemudian, sesuai dengan waktu produksi film yang dilaksanakan dengan jeda 9 tahun. Waktu yang telah berlalu begitu lama telah membawa Jesse dan Celine menjadi orang yang berbeda. Jesse ketika itu telah menjadi seorang penulis dan telah memiliki pasangan, sementara Celine telah bekerja di organisasi perlindungan alam. Sebelum pesawat mereka harus berangkat ke tempat lain, keduanya bertemu dan menjelajah kota Paris meski hanya untuk beberapa jam.

Pesona Before Sunset masih sama seperti Before Sunrise, yaitu diskusi antara Celine dan Jesse yang dibawakan dengan sangat natural oleh Ethan Hawke dan Julia Delpy. Dialog mereka dalam Before Sunrise terasa lebih dewasa dibandingkan film sebelumnya, dimana dalam film ini keduanya saling menyelami perasaan mereka sambil mempertanyakan apakah takdir mereka untuk saling berjodoh. Penonton kembali dimanjakan dengan kualitas akting Ethan dan Julia yang sangat bagus, dan dengan jeda waktu 9 tahun, perubahan fisik keduanya benar-benar nyata. Diskusi yang dihadirkan juga kembali mengulas sudut pandang kedua karakter, dan hal itu berhasil menarik perhatian untuk terus mengikutinya.



Before Midnight merupakan kelanjutan dari Before Sunrise dan Before Sunset yang kembali mengisahkan pertemuan Jesse dan Celine. Before Midnight memiliki jeda 9 tahun dari Before Sunset, sama seperti Before Sunrise ke Before Sunset. Kisah romantis yang disajikan dalam ketiga film ini terasa sangat dalam yang penuh dengan rasa penasaran dan keragu-raguan. Richard Linklater juga berhasil menjauhkan kesan klise yang umum dalam film romantis ala Hollywood.

Jika Citizen mengharapkan film romantis untuk weekend ini, Before Sunrise dan Before Sunset adalah film yang tepat untuk jadwal nonton weekend ini. Meski belum tayang di Indonesia, Citizen bisa menikmati trailer Before Midnight berikut:


SHARE
Previous articleMusuh Raksasa di Freedom Wars Bisa Membunuh dalam Sekali Serang!
Next articleGateway 3DS, Flashcard 3DS Pertama di Dunia yang Bisa Berfungsi?
Memulai kariernya sebagai freelance majalah Ultima Nation, Dipta berkembang hingga menjadi penulis guide di majalah Optima. Ia sempat menghilang pada tahun 2003 untuk mempelajari film di Australia. Pada tahun 2008 Dipta kembali ke Indonesia dan memimpin GAMEZiNE selama kurang lebih 2 tahun. Ia juga sempat memperoleh penghargaan MURI sebagai Pencipta TCG Indonesia Pertama melalui karyanya Vandaria Wars.