LG Optimus G Pro Untuk Pasar Asia, Indonesia Dipastikan Kebagian Akhir Juni

LG sudah mengatakan dalam press release sebelumnya bahwa mereka pertama kali merilis Nexus 4 warna putih di Hong Kong pada 29 Mei kemarin. Dan hanya terpaut sehari, kemarin mereka meluncurkan flagship terkuatnya, LG Optimus G Pro di Macau. Apa yang menarik perhatian kami adalah disebutkannya Indonesia sebagai salah satu negara penerima smartphone raksasa ini ketika mulai dirilis antara pertengahan hingga akhir Juni nanti.

Memang Optimus G Pro sudah dirilis sejak awal Mei lalu di luar Korea, dan sebagian besar pengguna Android Asia yang ingin merasakannya perlu memesannya dari retailer online yang memiliki akses ke Korea Selatan, tempat dimana Optimus G Pro pertama kali dirilis akhir April lalu. Namun sepertinya negara seperti Hong Kong (debut Asia pertamanya di luar Korea) akan segera menerimanya, dan diikuti Taiwan, Singapura, Thailand, India, Indonesia, Filipina, Vietnam dan Malaysia selama bulan Juni.

Menurut pernyataan media mereka ketika peluncurannya kemarin, LG ingin meneruskan komitmennya menghadirkan smartphone premium di Asia dengan flagship terbarunya, Optimus G Pro. “LG Optimus G Pro menempatkan benchmark baru di kelas smartphone berlayar 5-inchi, yang saat ini banyak diminati pengguna smartphone dimana-mana, yang tidak mau kerepotan harus memiliki ponsel dan tablet,” ujar  Dr. Jong-seok Park, presiden dan CEO LG Electronics Mobile Communications Company. Dia juga menambahkan jika pasar Asia kini banyak memimpin tren telnologi baru, dan pihaknya yakin dengan merilis Optimus G Pro di beberapa negara Asia (setelah 10 Mei lalu di Amerika), akan menemukan lebih banyak pengguna baru di wilayah tersebut.

Jika kamu lupa dengan smartphone raksasa ini, Optimus G Pro adalah jawaban LG atas Galaxy Note II-nya Samsung dengan mengajukan layar berukuran 5.5-inchi yang menggunakan material AH-IPS (Advanced High Performance IPS), resolusinya full HD 1080×1920-pixel serta kerapatan 400-ppi, chipset Qualcomm APQ8064T dengan empat inti prosesor Krait 300 dari keluarga Snapdragon 600, kecepatan tiap intinya 1.7 GHz (harusnya maksimal bisa di-overclock hingga 1.9 GHz), mendukung koneksi 4G LTE, ada 2 GB RAM, kamera depan 13-megapixel, kamera belakang 2-megapixel, kapasitas baterai sebesar 3,140mAh, internal storage 32 GB yag bisa diperbesar dengan microSD hingga 64 GB.

Seperti Samsung, LG memoles antar muka smartphone unggulannya dengan interface menarik yang disebut UX. Fitur-fiturnya antara lain:

  • Dual Camera dan Dual Recording, memungkinkan kita memotret dan merekam video bersamaan dengan kamera depan dan belakang untuk menghasilkan efek foto di dalam foto (fitur yang sama juga ada di Galaxy S4)
  • VR Panorama ini semacam Photo Sphere yang menjadi satu fitur standar Android 4.2 Jelly Bean. Sayangnya hanya Android dengan stock AOSP saja yang bisa merasakannya. Solusi dari LG adalah VR Panorama, memungkinkanmu membuat foto keseluruhan ruang horizontal dan vertical untuk menghasilkan tampilan 360°
  • Pause dan Resume Recording bukan seperti namanya, karena fitur ini memberi kita opsi merekam video pendek dan kemudian melihatnya sebagai satu file panjang (fitur serupa juga ada di Galaxy S4)
  • Smart Video akan mengenali posisi mata kita ketika melihat layar, dan otomatis menghentikan video ketika mata berhenti melihat ke arah layar. Semacam fungsi Smart Stay dalam tipikal Android premium-nya Samsung.

Bagaimana dengan di Indonesia? Belum ada kepastian resmi kapan Optimus G Pro mulai dijual di Indonesia. Namun melihat aktivitas di media sosial resmi LG Mobile Indonesia, mereka sudah mulai mempromosikan smartphone flagship ini pasca diluncurkan di Hong Kong kemarin. Selain itu, ketika kami mengintip website Ditjen Postel untuk mengecek status sertifikat Optimus G Pro, ketahuan juga jika ternyata PT LG Electronics Indonesia sudah menyiapkan ijin untuk memasukkannya ke Indonesia. Hanya saja yang dimasukkan bukan yang memiliki kode “E985” seperti yang sudah beredar di wilayah lain, namun dengan kode baru, “E988.” Tidak ada perbedaan fitur dengan seri LG Optimus G Pro E985. Dan yang lebih penting, semoga tidak molor, sebelum smartphone 5-inchi lainnya, atau bahkan Galaxy Note III muncul di pasaran.

Keseluruhan spesifikasi Optimus G Pro setara dengan beberapa kompetitor yang juga sudah hadir di Indonesia, seperti HTC One, Xiaomi Mi-2S (masuk secara tidak resmi), Samsung Galaxy S4varian LTE degan kode GT-I9505 (juga masuk secara tidak resmi), namun melihat kelasnya, seharusnya dia akan berhadapan lagi dengan Galaxy Note III yang rumornya menggunakan chipset dengan kelas satu level di atasnya, Snapdragon 800. Oh ya, beberapa kali penulis sebutkan jika menjadi jawaban atas Galaxy Note II, bukan berarti Optimus G Pro sudah built-in stylush semacam S-Pen lho ya, karena kamu harus membelinya sendiri!

Key Specifications:

• Operating System: Android Jelly Bean 4.1.2
• Processor: 1.7GHz Quad-Core Qualcomm APQ8064T Snapdragon™ 600 Processor
• Display: 5.5-inch Full HD (1920 x 1080 pixels / 400ppi)
• Memory: 16GB / microSD (up to 64GB)
• RAM: 2GB DDR
• Camera: Rear 13.0MP / Front 2.1MP
• Battery: 3,140mAh (removable)
• Size: 150.2 x 76.1 x 9.4mm
• Colors: Indigo Black, Lunar White

Optimus G Pro : Value Pack Upgrade

LG Optimus G Pro : Full HD IPS

LG Optimus G Pro : Full HD IPS Color Accuracy

LG Optimus G Pro : Slim Bezel

[cb type=”company”]LG[/cb]


SHARE
Previous articleBintang dari Meme Grumpy Cat Akan Diabadikan Dalam Bentuk Film Layar Lebar!
Next articleNintendo Tawarkan Baterai Berkapasitas Besar, GamePad Wii U Bisa Bertahan Lebih Lama
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.