Detail Pertama Windows 8.1 Dari Microsoft, Akhirnya Mereka Kembalikan Tombol Start!

Rumor mengenai Microsoft yang menyiapkan update besar untuk Windows 8 sudah terdengar tidak lama setelah OS yang fokus interaksi sentuhan itu dirilis. Duniaku sendiri sempat mengangkat kumpulan gosip mengenai Windows baru yang saat itu disebut “Blue” tersebut awal April lalu. Sebulan kemudian, Microsoft resmi mengkonfirmasikan update Windows 8.1, yang akan tersedia gratis untuk semua pengguna Windows 8. Saat itu juga disebutkan jika update ini akan tersedia melalui Windows Store, dengan versi public preview tersedia pada 26 Juni, bersamaan dengan Build Conference Microsoft). Versi RTM (released to manufacturing) tersedia Agustus mendatang, atau sama seperti ketika Windows 8 dirilis tahun lalu.

Masih ada 24 hari sebelum event Build, kemarin melalui blog Windows kami mendapatkan detail beberapa bagian update update OS tersebut. Blue, atau kini resmi disebut Windows 8.1 menjadi respon Microsoft atas banyak laporan ketidaknyamanan pengguna Windows 8 yang merasa interface fokus sentuhan tangan justru menyusahkan mereka yang biasa menekan tombol Start dan interaksi melalui mouse dan kayboard. Karena itu fitur baru yang langsung disebutkan dan menjadi fokus utama Windows 8.1 ini adalah tombol Start.

Tombol Start yang sudah kita kenal dalam beberapa dekade OS Windows itu kembali. Sayangnya, hanya tombolnya saja, karena menu Start-nya masih absen di sini. Peran tombol tersebut hanya sebgaai akses cepat menuju layar Start. Yup, kembali membawamu ke layar utama dengan tampilan Metro. Namun kini layar Start juga dibuat lebih fungsional. Kami sudah menjelaskan detailnya melalui artikel sebelumnya, seperti dengan dua pilihan ukuran live tile, dimana kini sekelompok tile bisa diatur bersamaan — perbesar/kecilkan ukurannya, diatur kembali, dan bahkan di-uninstall.

Windows 8.1 juga menawarkan lebih banyak warna untuk background layar Start. Kamu juga bisa memilih desktop background (ini tampilan desktop yang kita kenal dari Windows lawas) sebagai background untuk layar Start Metro..

Tile-tile tersebut kini berharap perlakukan ekstra, seperti dengan menekan dan tahan (atau klik kanan) untuk menggerakkan tile, dengan harapan mencegah gerakan yang tidak disengaja. Kamu juga bisa menyortir aplikasi berdasarkan nama, kategori, aplikasi yang paling sering digunakan, atau tanggal kamu menginstall-nya — pengaturannya “smartphone” banget yah!

Dari layar Start Metro, kamu bisa membuka semua aplikasi dengan sapuan jari dari bawah. Fungsi baru filter aplikasi sangat membantu menyortir mereka. Aplikasi baru juga dengan mudah dikuncikan ke layar Start.

Kemudian fitur yang sepertinya paling disukai Microsoft, karena mereka menuliskannya di bagian awal pernyataan di blog tersebut, bahwa kini kamu bisa menempatkan gambar/foto sebagai wallpaper, termasuk gambar bergerak. Demikian juga pada Lockscreen-nya, juga bisa menjadi lokasi dimana kamu menempatkan gambar sebgaai slideshow (yang menampilkan koleksi foto di harddisk atau di penyimpanan SkyDrive). Fitur lainnya yang “smartphone banget,” kamu bisa langsung mengambil foto dari tampilan lockscreen.

Fungsi search dengan dukungan Bing. Sumber search berkisar pada web, app, file, hingga SkyDrive.

Beberapa fitur baru lainnya, seperti multitasking yang lebih baik, dimana kini kamu bisa menjalankan hingga 3 aplikasi bersamaan dalam satu monitor dalam mode Metro, diatur berapa besar proporso ukuran window multitasking tersebut, dan Microsoft juga berjanji akan memberikan dukungan yang lebih baik untuk beberapa monitor yang digunakan bersamaan. Microsoft juga mengintegrasikan Bing pada fungsi search Windows 81, untuk langsung menampilkan hasil search dari web, tidak hanya index lokal dari dalam PC. Internet Explorer 11, integrasi cloud melalui SkyDrive dan perubahan di menu setting menjadi beberapa perubahan lainnya yang dijelaskan melalui pernyataan blog mereka kemarin.

Integrasi cloud juga menjadi fungsi penting di sini, karena semua file akan disimpan langsung di SkyDrive, jadi bisa diakses kapan saja, dimana saja, baik dari desktop atau smartphone dan tablet, tentu saja dengan dukungan koneksi internet..

Herannya, kenapa Microasoft hanya terfokus pada tampilan saja ya, padahal lebih banyak yang merasa kecewa karena proses install driver dalam Windows 8 kemarin ternyata lebih rumit dari Windows 7. Namun semoga saja melalui update ini menjadi lebih baik lagi, setidaknya tombol Start kembali, meskipun tanpa Start Menu…

UPDATE: Microsoft baru saja merilis video pertama yang menunjukkan apa saja fitur baru update Windows 8.1 ini. Fokusnya pada opsi kustomisasi, seperti ukuran tile baru, frame foto untuk layar lockscreen, wallpaper di homescreen, dan tentu saja tombol Start.

First look at Windows 8.1


SHARE
Previous articleTrailer Kedua Percy Jackson: Sea of Monsters
Next articleDari iOS ke Android, Kini Real Boxing Masuk PS Vita, Bawa Mode Online Multiplayer
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.