Sutradara Kon-Tiki Garap Pirates of the Caribbean 5

Sebuah hal menarik terjadi dalam film Pirates of the Caribbean 5. Tak seperti keempat film sebelumnya, film kelima ini Disney justru mempercayakan penanganannya pada sutradara yang tidak pernah menggarap film high budget sebelumnya. Mereka adalah Espen Sandberg dan Joachim Rønning, sutradara yang pernah menggarap film berjudul Kon-Tiki, film sejenis Life of Pi tapi dengan cerita yang lebih serius.

Nama-nama sutradara yang menangani film-film Pirates of the Caribbean sebelumnya:
1. Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003) – Sutradara: Gore Verbinski
2. Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006) – Sutradara: Gore Verbinski
3. Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007) – Sutradara: Gore Verbinski
4. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011) – Sutradara: Rob Marshall

Sebelum akhirnya terpilih, nama Espen Sandberg dan Joachim Rønning sendiri memang muncul dalam daftar utama sutradara-sutradara pilihan untuk menggarap Pirates of the Caribbean 5, bersama dengan nama-nama lain seperti Rupert Sanders (Snow White and the Huntsman) dan Fredrik Bond (The Necessary Death of Charlie Countryman).

Lebih lanjut, untuk kelima kalinya Jerry Bruckheimer kembali sebagai produser (menurut IMDB, ia juga akan menjadi produser untuk Pirates of the Caribbean 6 yang masih belum diketahui kapan akan dirilis), serta Johnny Depp sebagai Captain Jack Sparrow. Selain itu, Jeff Nathanson yang pernah menangani naskah Men in Black 3 dan Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, dipercaya untuk mengerjakan naskah film kelima ini. Namun sampai saat ini masih belum ada detail cerita yang terungkap.

Kembali lagi ke dua sutradara yang kini menjadi perbincangan, Espen Sandberg dan Joachim Rønning, meski mereka belum pernah menggarap film high budget, namun kemampuan mereka tak bisa disepelekan. Terbukti, film Kon-Tiki meski digarap dengan visual efek yang sangat minim namun masuk dalam daftar nominasi Oscar awal tahun ini.

Prestasi film Kon-Tiki:
1. Best Foreign Language Film di Academy Awards ke 85 (nominasi)
2. Best Foreign Language Film di Golden Globe Awards ke 70 (nominasi)
3. Publikumsprisen (Audience Award) di Norwegian International Film Festival ke 40 (Menang)
4. Best Foreign Language Film dan Best Sound di Satellite Awards ke 17 (nominasi)

Kon-Tiki sendiri merupakan film tentang petualangan melintasi samudera Pasifik pada tahun 1947 dengan menggunakan rakit. Dirilis pada 24 Agustus 2012, pembuatan film berdurasi 118 menit ini hanya menelan biaya 93 juta NOK (Norwegian krone) atau setara dengan US$ 15.5 juta, dan menghasilkan pemasukan hampir US$ 21 juta (workdwide).

Melihat poster Kon-Tiki diatas yang mirip dengan film bertema bajak laut, mungkin Jerry Bruckheimer membuat keputusan yang tepat untuk memilih dua sutradara ini. Semoga saja dengan tangan kreatif mereka, Pirates of the Caribbean 5 yang dijadwalkan akan rilis pada 10 Juli 2015, bisa meraih kesuksesan yang lebih besar dari Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides kemarin serta masuk dalam daftar penghargaan-penghargaan bergengsi dan tentunya mampu menyajikan tontonan yang memukau.

Trailer Kon-Tiki:

Dokumentasi The Tangaroa Expedition (The Kon-Tiki Expedition) 2012:


SHARE
Previous articleTanggal Perilisan Monster Hunter 4 Telah Dikonfirmasikan!
Next articlePara Pangeran yang Berubah Menjadi Monster di Soul Sacrifice
Art Director di TouchOn Magazine (nama baru dari Zigma dan Omega) Memiliki interest yang besar dalam dunia design dan photography. Merupakan penggemar berat film serta salah satu penggebuk drum di redaksi yang kini menikmati hobi baru sebagai penulis.