Computex 2013: ASUS Konfirmasikan 3 Tablet Android, Transformer Pad Infinity, MeMO Pad FHD 10 dan MeMO Pad HD7

Mulai besok 4 – 8 Juni di Taiwan berlangsung Computex 2013. Ajang tahunan yang digelar mulai tahun 2000 lalu ini menjadi salah satu pameran komputer dan teknologi terbesar. Sesuai namanya, fokus dari Computex adalah teknologi baru komputer, seperti Intel yang mengkonfirmasikan penerus Ivy Bridge, yaitu Haswell, hingga perangkat mobile seperti tablet yang juga selalu meramaikan pameran tersebut. Berikut beberapa produk menarik yang muncul selama Computex 2013.

ASUS New Transformer Pad Infinity

Diselenggarakan di markas mereka sendiri jelas membuat ASUS tidak mungkin melewatkan ajang Computex kali ini. Sebelum pameran tersebut berlangsung, melalui konferensi pers-nya ASUS mengkonfirmasikan tiga tablet Android baru. Yang pertama menjadi update dari Transformer Pad Infinity yang sudah dirilis tahun lalu. Kini keluarga baru Transformer tersebut menjalankan chipset mobile terbaru nVidia, yaitu Tegra 4 dengan prosesor  Cortex-A15 quad-core yang kecepatannya 1.9GHz, serta GPU  GeForce dengan 72-core.

Seperti versi sebelumnya, Transformer Pad Infinity baru ini masih membawa resolusi tinggi WUXGA 2560 x 1600-pixel, atau setara dengan Samsung Nexus 10, Acer Iconia Tab A700, Huawei Mediapad 10 FHD atau iPad generasi ketiga. Tegra 4 dan layar bermaterial IPS tersebut kini didukung dengan 2GB RAM, internal storage 32GB, kamera utama 5-megapixel, kamera depan 1.2-megapixel (keduanya mendukung mode pemotretan auto-focus), port USB 3.0, slot SD card, Wi-Fi dual-band 802.11a/b/g/n dengan dukungan Miracast serta Bluetooth 3.0+EDR.

Beberapa detail spesifikasi yang saya sebutkan itu tersimpan dalam docking keyboard-nya, yang mendapatkan beberapa upgrade, termasuk trackpad multi-touch, selain USB 3.0 dan card reader SDXC. Kabarnya Infinity baru ini akan mulai dijual kuartal ketiga mendayang dengan harga US $399 untuk tabletnya, atau $499 jika ingin mendapatkan juga docking keyboard-nya.

Spesifikasi New Transformer Pad Infinity

Tablet:

  • 10.1-inch display, 2560 x 1600 LED-backlit IPS display
  • 1.9 GHz NVIDIA Tegra 4
  • 2 GB RAM
  • HDMI-out port capable of 4k resolution
  • 5 MP main camera, 1.2 MP front-facing camera
  • 32 GB storage (hopefully, a 64GB version would be available as well)
  • Dual-band 802.11 a/b/g/n Wi-Fi with Miracast support
  • Bluetooth 3.0 + EDR

Keyboard Dock:

  • Multi-touch trackpad
  • USB 3.0 port
  • SDXC card reader

ASUS MeMO Pad FHD 10

MeMO Pad FHD 10 hanya berbagi bidang layar yang sama dengan Transformer Pad Infinity. Namun melihat ke dalam kita mendapati spesifikasi yang berbeda. ASUS menyerahkan semua prosesnya pada chipset Intel Atom Z2560, yang juga dikenal dengan kode nama Clovertrail+. Chip tersebut memiliki dua prosesor Saltwell dengan teknologi 32nm pada kecepatan 1.6GHz dan GPU PowerVR SGX 544 MP2 yang memiliki dua core dengan clock speed-nya mencapai 400 MHz untuk setiap core-nya. RAM-nya sendiri disediakan 2 GB, jadi cukup untuk melahap semua proses yang dijalankan melalui Android 4.2 yang menjadi OS-nya.

Kemudian resolusinya sudah cukup tinggi, yaitu full HD 1920 x 1200-pixel pada bidang IPS 10.1-inchi. Selain itu kamu juga mendapatkan pilihan storage 16/32GB, kamera utama 5-megapixel dengan auto-focus (sayangnya minus flash), kamera depan 1.2-megapixel, Wi-Fi 802.11a/b/g/n, Bluetooth 3.0, GPS, Android 4.2 Jelly Bean dan klaim waktu aktif 10-jam menggunakan baterai standarnya yang berkapasitas 25Wh (sekitar 6700 mAh). Logikanya, tablet yang diposisikan di kelas menengah ini kemampuan grafisnya masih lebih baik dari iPad generasi ketiga, namun masih sedikit tertinggal dari iPad generasi keempat.

ASUS pun sukses membuat tablet ini begitu tipis, dengan ketebalan hanya 9.5mm. Meskipun tipis, MeMo Pad FHD 10 terlihat begitu solid, ada dua speaker (yang sepertinya menandakan kualitasnya stereo), bagian sisinya dibuat mengkurva, dengan panel belakangnya memiliki motif bulanan, membuatnya mirip Nexus 7, meskipun jelas lebih besar. Belum diketahui kapan tablet Android bertenaga Clovertrail+ ini dirilis dan berapa harganya.

ASUS MeMO Pad HD7

Sedangkan yang satu ini menjadi penerus MeMo Pad yang beberapa waktu lalu dirilis di Indonesia, meskipun saya lebih berharap ada penerus Nexus 7 dibawa ASUS selama Computex 2013 ini. MeMO Pad HD7, sesuai namanya, merupakan tablet Android dengan layar IPS 7-inchi serta resolusi standar 800×1280-pixel. Sepeti tipikal Android 7-inchi lainnya, fokus pengoperasiannya secara portrait. Di dalamnya ASUS membenamkan prosesor quad-core dari arsitektur Cortex-A7, kamera utama 5-megapixel dan kamera sekunder 1.2-megapixel, Bluetooth 4.0, GPS dan speaker stereo. Seperti kakaknya yang lebih besar, akan dijual dengan dua opsi storage. Di sini kamu dapatkan pilihan 8GB dan 16GB dengan harga hanya US $129 dan $149, atau kurang dari Rp. 1,5 jutaan. Yeah!!

Tidak bisa dipungkiri harga masih menjadi satu faktor penting dalam memasarkan perangkat tablet. Dan MeMo Pad HD7 ini paling menyita bperhatian dibandingkan kedua kakaknya. Dengan harga penawaran termurah hanya Rp. 1,2 jutaan untuk yang storage-nya 8GB, cukup pas untuk pasar berkembang seperti Indonesia, meskipun ASUS belum mengungkapkan dimana saja MeMo Pad HD7 akan dijual. Kemudian ARM Cortex-A7 yang digunakannya bisa jadi juga dari racikan MediaTek yang memang terjangkau harganya. Kita tunggu saja update dari ASUS besok ketika Computex 2013 resmi dibuka.

[cb type=”company”]Asus[/cb]

Sumber: ASUS


SHARE
Previous articleComputex 2013: Intel Membawa 14 Prosesor Baru Dari ”Keluarga” Haswell
Next articleComputex 2013: ASUS Menantang Galaxy Note dengan FonePad Note FHD 6
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.