Computex 2013: ASUS Menantang Galaxy Note dengan FonePad Note FHD 6

Mulai besok 4 – 8 Juni di Taiwan berlangsung Computex 2013. Ajang tahunan yang digelar mulai tahun 2000 lalu ini menjadi salah satu pameran komputer dan teknologi terbesar. Sesuai namanya, fokus dari Computex adalah teknologi baru komputer, seperti Intel yang mengkonfirmasikan penerus Ivy Bridge, yaitu Haswell, hingga perangkat mobile seperti tablet yang juga selalu meramaikan pameran tersebut. Berikut beberapa produk menarik yang muncul selama Computex 2013.

Kami mengenal nama Fonepad, tablet yang disisipi fungsi telepon ketika ASUS pertama kali mengenalkan ASUS Fonepad (gambar di atas) selama event Mobile World Congress 2o13 bulan Februari lalu. Tablet dengan ukuran 7-inchi memang sudah biasa. Namun di sini ASUS membuat tablet tersebut juga begitu nyaman digunakan untuk bertelepon, dan terbukti cukup sukses. ASUS Fonepad juga sudah dirilis resmi di Indonesia awal Mei 2013 lalu dengan harga sekitar Rp. 2,9 jutaan, meskipun mungkin ketersediaan tablet tersebut belum merata. Dan kini melalui Computex 2013, ASUS sudah mengenalkan varian barunya, FonePad Note.

Ada kata “note” di sana, menandakan tablet (atau smartphone) ini lebih kecil dari FonePad 7-inchi yang sudah dijual di Indonesia. Layarnya 6-inchi dengan resolusi full HD 1080p bermaterial Super IPS+, ada chipset Intel Atom Z2560, atau Clover Trail+ sebagai motor utama, dengan dua inti yang kecepatannya 1.6GHz (mendukung HyperThreading, sehingga dengan dua core logic membuatnya setara dengan quad-core), GPU PowerVR SGX544 MP2, RAM 2GB,  dan mode 3G dengan support koneksi DC-HSPA+ yang maksimal kecepatannya mencapai 42Mbps. Dan juga karena ada kata “note” di sana, ASUS pun membekali FonePad 6-inchi ini dengan stylush. Siaplah dia akan berhadapan dengan jajaran Samsung Galaxy Note.

Dengan dukungan stylush, FonePad Note ini layak disebut phablet sejati. Resolusi layar tinggi 1080×1920-pixel dengan kerapatan 367ppi (bandingkan dengan resolusi WXGA dan kerapatan 216-ppi pada arian tabletnya). Layarnya pun dibuat dengan penerangan maksimal, dengan ASUS menyematkan kemampuan pencahayaan hingga 450nits. Stylush-nya itu pun khusus disediakan untuk banyak aplikasi ala S-Pen-nya Samsung.

Pendukung sarana multimedianya diserahkan pada kamera utama 8-megapixel, plus kamera sekunder 1.2-megapixel di depan, dan yang kami sukai, dua corong speaker stereonya diposisikan di depan, atau sama seperti penempatan speaker HTC One. Speaker itu pun masih didukung pemrosesan audio SonicMaster dari ASUS untuk output yang lebih baik.

Masih belum ada keterangan tambahan dari ASUS mengenai kapan phablet ini akan dirilis dan berapa harganya.

ASUS Fonepad Note FHD 6 Spec

  • 6-inch (1920 x 1080) Full HD Super IPS+ 10-point multi-touch display
  • 1.6 GHz dual-core Intel Atom Z2560 processor with SGX544 MP2 GPU
  • Android 4.2 (Jelly Bean)
  • 8MP auto focus rear camera
  • 1.2MP front-facing camera
  • 2GB RAM, 16GB / 32GB internal memory
  • 3G, WiFi 802.11 a/b/g/n, WiFi Direct, Bluetooth 3.0, GPS, E-Compass
  • 3200 mAh battery.

[cb type=”company”]Asus[/cb]

Sumber: ASUS


SHARE
Previous articleComputex 2013: ASUS Konfirmasikan 3 Tablet Android, Transformer Pad Infinity, MeMO Pad FHD 10 dan MeMO Pad HD7
Next articleOricon Merilis 10 Manga Dengan Penjualan Tertinggi!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.