Computex 2013: Intel Membawa 14 Prosesor Baru Dari ”Keluarga” Haswell

Mulai besok 4 – 8 Juni di Taiwan berlangsung Computex 2013. Ajang tahunan yang digelar mulai tahun 2000 lalu ini menjadi salah satu pameran komputer dan teknologi terbesar. Sesuai namanya, fokus dari Computex adalah teknologi baru komputer, seperti Intel yang mengkonfirmasikan penerus Ivy Bridge, yaitu Haswell, hingga perangkat mobile seperti tablet yang juga selalu meramaikan pameran tersebut. Berikut beberapa produk menarik yang muncul selama Computex 2013.

Intel mengawali konvoi dengan membawa keluarga generasi keempat Core i3, Core i5 dan Core i7 CPU yang kini memiliki kode nama Haswell. Sebelumnya sudah banyak disebutkan, dan setidaknya dengan kemunculannya di tengah Computex mengawali debut resminya. Sayangnya yang dibawa selama acara baru prosesor desktop saja, untuk yang kelas mobile hanya dijelaskan apa saja fiturnya (yang jelas untuk varian mobile Haswell membutuhkan daya 15W, dibandingkan Ivy Bridge pada 20W). Untuk prosesor desktop keseluruhan ada 14 chipset, dengan 8 diantaranya bisa didapatkan di pasaran, sedangkan yang lain melalui OEM. Kemudian diantara 14 chip tadi hanya tiga yang sudah mendukung Hyper-Threading (logical corenya ada dua).

Beberapa seri yang diunggulkan seperti Core i7-4770K dan Core i7-4770 (quad-core, 8 thread). Kemudian yang paling bontot ada varian dual-core  Core i5-4570T. Semua chip tersebut memiliki GPU integrated GT2 (nama lainnya HD 4600 dengan 20 execution unit) yang kecepatan GPU-nya tersebut diset mulai 1.15 GHz hingga 1.25 GHz. Sedangkan untuk clock speed CPU-nya sendiri, core x86-64 yang digunakan untuk Haswell ini kecepatan kerjanya mulai dari 2 GHz hingga 3.5 GHz (base) atau 3 GHz hingga 3.9 GHz (dalam mode Turbo Boost).

Fitur lainnya, semua chip memiliki PCI Express 3.0 controller, 8 MB L3 cache, dual-channel memory controller dan khusus untuk K-series, langsung dipasarkan dengan unlocked multiplier (yang pasti disukai mereka penggemar overclocking). Keseluruhan fitur dan spesifikasinya bisa kamu lihat melalui tabel di bawah, sedangkan harga Haswell desktop ini mulai dari di bawah US $200 hingga US $350. Dibandingkan prosesor Ivy Bridge, kenaikannya berkisar US $30 untuk setiap variannya.


SHARE
Previous articleDeretan Action Figure Baru dengan Bonus Kode DLC dari Halo 4!
Next articleComputex 2013: ASUS Konfirmasikan 3 Tablet Android, Transformer Pad Infinity, MeMO Pad FHD 10 dan MeMO Pad HD7
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.