#GeekFromThePast: Thunder Thunder THUNDERCATS HOOO!

ThunderCats, serial kartun yang pernah terkenal di akhir 80-an, menampilkan jagoan-jagoan yang menyerupai gabungan antara manusia dan species Felidae (singa, harimau, dsb).

Film ini awalnya diproduksi dan distribusi pada tahun 1984 oleh Rankin/Bass Productions (producer yang sama dari SilverHawks, seri mereka berikutnya), dibawah Telepictures Corporation, yang nantinya bergabung dengan Lorimar Productions, kemudian dibeli oleh Warner Bros.

Animasinya dibantu oleh Pacific Animation Corporation. Season 1 dimulai tahun 1985, menayangkan 65 episode, diikuti oleh film “ThunderCats – HO!” the Movie. Season 2, 3, 4 menyusul dengan format baru masing-masing 24 episode, dan dimulai dengan mini-seri dalam 5 bagian.

Cerita ThunderCats adalah mengenai petualangan sekelompok pahlawan alien yang menyerupai manusia-kucing dari planet yang disebut dengan “Third Earth”. Para ThunderCats aslinya merupakan (semacam) bangsawan yang berasal dari planet Thundera, mereka terpaksa kabur dari planetnya yang sekarat menuju kehancurannya.

Mereka mengungsi dengan diikuti oleh musuh mereka, para mutan Plun-Darr, yang mencari barang legendaris Sword of Omens, sebuah pedang yang digagangnya terpasang Eye of Thundera, sumber kekuatan dari para ThunderCats. Pesawat yang membawa pedang tersebut selamat dari serangan mutan Plun-Darr, namun dalam keadaan rusak harus merubah arah menuju Third Earth. Perjalanan tersebut memakan waktu lama, sehingga semua penumpang kapal (yaitu Lion-O, pangeran kecil Thundera, lalu Cheetara, Panthro, Tygra, WilyKit & WilyKat, juga Snarf) masuk ke kapsul tidur yang menunda penuaan, kecuali Jaga, ThunderCats tertua diantara mereka, yang mengendalikan kapal.

Ketika para ThunderCats terbangun, mereka telah berada di Third Earth. Ternyata kapsul Lion-O tidak menghentikan penuaan secara total, membuat ia menjadi anak dalam tubuh yang telah berusia 20-an. Lalu ThunderCats bersama-sama membangun tempat tinggal baru, serta membangun hubungan dengan penduduk di Third Earth. Namun kemudian para mutan Plun-Darr berhasil melacak keberadaan ThunderCats dan mengejar ke Third Earth.

Keberadaan 2 pihak asing dari luar Third Earth ini mengundang perhatian iblis-mumi-penyihir yang kuat bernama Mumm-Ra, ia berhasil merekrut & memimpin para mutan untuk merebut Eye of Thundera dan menghancurkan ThunderCats.

Menurut komiknya keluaran dari Wildstorm, di chapter pertama, dikatakan bahwa Third Earth adalah bumi di masa depan. Lalu Mumm-Ra berasal dari Mesir Kuno, yang mana ia mengabdi pada para spirit kejahatan purbakala agar mendapat kekuatan & pengetahuan yang luar biasa di alam semesta. Nampaknya setelah terbebas dari ruang pemakaman di piramida-nya, ia merupakan penyebab dari kehancuran ras manusia.

Seri komiknya juga berdasarkan dari animasinya. Awalnya diterbitkan oleh Marvel Comics lewat nama imprint-nya Star Comics pada tahun 1985, sepanjang 24 judul dalam 3 tahun. Awal 2002, Wildstorm Productions juga menerbitkan buku ThunderCats, termasuk didalamnya 5 mini-seri yang tidak berdasarkan cerita standarnya, dan beberapa edisi cerita lepas. Selain Animasi dan Komik, Thundercats juga meraih kesuksesan dalam Industri Action Figuresnya pada masa kejayaannya.

thundercats action figures
thundercats action figures

http://youtu.be/zYgKdu8Yyw4

Beberapa film lepas seri ini pernah dibuat, yang pertama adalah “ThunderCats – HO!” The Movie, pengantar dari season pertama ke kedua, dirilis dalam format VHS di Inggris, kemudian di edit menjadi mini-seri 5 episode. Tahun 2008-2009, Warner Bros dikabarkan mebuat film animasi CGI berdasarkan ThunderCats. Kabarnya film ini dibuatkan cerita tersendiri hasil pengembangan dari episode pertama serinya. Walau pernah diputarkan test-scene-nya sepanjang 2 menit oleh Warner Bros, film ini telah ditunda & tidak jelas kelanjutannya, kemungkinan karena kegagalan film “Speed Racer” di tahun 2008.

Kemudian Warner Bros memproduksi seri animasi ThunderCats baru yang mulai disiarkan di Cartoon Network pada Juli 2011. Animasinya dibuat oleh studio Jepang Studio 4°C, yang membuat beberapa animasi lain untuk Warner Bros, seperti The Animatrix dan Batman.

http://youtu.be/enQXITlKRgg

Neo Thundercats 2011
Neo Thundercats 2011

Seri 2011 ThunderCats memberi kesan original dan lebih gelap dari versi 1980-nya dalam mengisahkan petualangan Lion-O untuk menjadi penerus yang pantas sebagai pemimpin Thundera. Dari episode pertama jelas diperlihatkan bahwa plotnya tidak mengikuti seri aslinya. Diceritakan sejak awal ThunderCats telah berada di Third Earth, di kerajaan Thundera, dimana para manusia-kucing telah hidup sejak generasi terdahulu.

Reaksi terhadap ThunderCats 2011 dianggap sebagai cukup sukses, namun pada akhir season 1, producer-nya tidak mendapat kabar dari Cartoon Network mengenai kelanjutannya, dan pada awal 2013, dikonfirmasi bahwa seri ini dibatalkan kelanjutannya.

 


SHARE
Previous articleTernyata Tales of Symphonia Chronicles Bukanlah Rumor Belaka!
Next article#GeekFromThePast: Polisi Bionic Dari Hawk Haven, SILVERHAWKS!
Green Gentleman | Urban Walkers | Monstrologist & Cryptozoologist | WWII Maniac | Boardgamers & Digital Gamers | Founder of Pure Ink Creative Studio + Movies Explorer Club + World Mythology Community + Gotham Citizen Club.