Computex 2013: Smartphone ”Raksasa” Dari Acer, Layar 5.7-inchi dengan Chip MediaTek MT6589T

Mulai hari ini, 4 Juni hingga 8 Juni besok di Taiwan berlangsung Computex 2013. Ajang tahunan yang digelar mulai tahun 2000 lalu ini menjadi salah satu pameran komputer dan teknologi terbesar. Sesuai namanya, fokus dari Computex adalah teknologi baru komputer, seperti Intel yang mengkonfirmasikan penerus Ivy Bridge, yaitu Haswell, hingga perangkat mobile seperti tablet yang juga selalu meramaikan pameran tersebut. Berikut beberapa produk menarik yang muncul atau dikonfirmasikan selama Computex 2013.

Seperti ASUS, vendor komputer, smartphone dan tablet yang markasnya di Taiwan seperti Acer jelas tidak melewatkan event internasional tersebut. Dan apa yang diunggulkan Acer selain Iconia W3, tablet Windows 8 pertama dengan layar 8-inchi, mereka juga mengajukan smartphone flagship terbarunya, Liquid S1. Jika cebelumnya Acer hanya berkutat dengan smartphone berukuran layar di bawah 5-inchi, maka Liquid S1 menandai lompatan pertama mereka di kancar smartphone raksasa dengan mengajukan bidang layar 5.7-inchi berbahan TFT dengan resolusi HD 720p, atau 720×1280-pixel.

Meskipun ukuran layarnya yang agak asing di jajaran Android lainnya, namun Acer tidak tanggung-tanggung memperkuat S1 ini. Di balik casingnya kamu dapati prosesor quad-core dari chipset MediaTek MT6589T, dengan prosesor Cortex-A7 yang kecepatannya 1.5 GHz, didukung GPU PowerVR SGX 544 pada kecepatan 357 MHz, internal storage 8 GB (plus bisa ditambah melalui micro SD), serta memory RAM 1GB yang lega. Smartphone yang langsung menjalankan Android 4.2 Jelly Bean ini juga dilengkapi kamera utama 8-megapixel dengan LED flash, output speaker yang makin renyah dengan pemrosesan software DTS Studio Sound, serta satu fitur yang pasti banyak dicari, juga menawarkan varian dual SIM. Selain itu kamu bisa menemukan fasilitas standar Android di sana, seperti konektivitas melalui Bluetooth, Wi-Fi dan GPS.

Acer mengikuti jejak Samsung merancang antar muka layar lebar S1. Kamu bisa temukan beberapa trik software yang mengoptimalkan penggunaan dua software bersamaan melalui fitur yag disebut Float User Interface. Kamu masih bsa menjalankan aplikasi lain sembari tidak perlu menutup aplikasi yang sebelumnya berjalan. Kemdian juga ada fungsi Voice Unlock untuk menjalankan aplikasi tertentu, atau beberapa perintah untuk mengatur antar mukanya dengan perintah suara. Satu lagi, 2-Way Live Screen, yang memberi opsi sharing layar (apa yang kamu lakukan di layar smartphone-mu) antara beberapa pengguna S1 melalui koneksi WiFi.

Satu lagi yang membuat Liquid S1 ini menarik adalah antar muka yang dipilih Acer dibuat begitu dekat dengan pengalaman stock Android seperti yang kamu temui dalam smartphone Nexus. Hingga keberadaan tiga tombol utama Android Google yaitu “back,” “home” dan “multitasking,” namun tombol-tombol virtual tersebut memiliki fungsi yang lebih banyak ketika mereka tidak sekadar ditekan. Dengan menahannya, kamu bisa mengakses beberapa tombol shortcut lainnya untuk mengeksekusi widget “float” dimana kita masih bisa berinteraksi meskipun sedang menjalankan fungsi lainnya. Semacam aplikasi mini-nya Sony Xperia Tablet dan Multi Windows-nya Samsung. Melalui demo selama Computex, Float UI tersebut hanya bisa diaktifkan menggunakan aplikasi built-in seperti clock dan calculator saja.

Selain menjanjikan daya tahan baterainya bisa seharian, Acer juga mengatakan akan mulai menjual S1 ini pada kuartal ketiga mendatang dengan harga €349, atau sekitar Rp. 4,5 jutaan. Negara pertama yang akan mendapatkannya antara lain, Prancis, Belgia, Belanda, Ukraina, Rusia, Inggris Raya dan Jerman, diikuti kemudian dengan Spanyol dan Italia. Semoga saja juga masuk Indonesia, karena beberapa smartphone mereka sebelumnya juga sukses mendarat di pasar lokal dan diterima cukup baik.

Acer Liquid S1 Spec

  • Screen: 720p 5.7-inch display, 720×1280-pixel (~258 ppi density)
  • Processor: 1.5GHz quad-core processor by MediaTek
  • RAM: 1GB
  • Storage: 8GB + microSD card up to 32GB
  • Android 4.2 Jelly Bean
  • Connectivity: Bluetooth®, Wi-Fi® and 3G connections dual-SIM capability
  • Cameras: 8MP back facing camera with LED flash, and 24mm wide-angle front facing camera
  • Sound: DTS StudioSound™
  • Battery: 2,400mAh – lasts “a day”
  • Construction: Aluminium side grip, dual-SIM and single-SIM variant, available in matt black or white, weighs 195g

[cb type=”company”]Acer[/cb]


SHARE
Previous articleBeragam Aksesoris dan Pernak-pernik Monster Hunter 4
Next article#GeekFromThePast Game Unik, Bernuansa Komik, COMIXZONE!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.