Samsung Resmi Perkenalkan Galaxy Tab 3 8-inch dan Galaxy Tab 3 10.1-inch

Samsung memang memiliki event Galaxy Premiere yang akan digelar 20 Juni mendatang, namun bukan berarti mereka harus menunda semua konfirmasi awal tablet yang sudah dipersiapkan tahun ini selama event tersebut. Sehari setelah mereka mengumumkan Galaxy S4 mini, kemarin Samsung merilis pernyataan pers melalui website dan email yang menunjukkan eksistensi keluarga lain dari Galaxy Tab 3. Inilah Samsung Galaxy Tab 3 8.0 dan Tab 3 10.1.

Melengkapi Galaxy Tab 3 7-inchi yang mereka umumkan akhir April lalu, keluarga baru dengan bidang layar 8-inchi dan 10.1-inchi ini meneruskan tradisi Samsung yang selalu menyuguhkan lineup tablet dengan semua ukuran. Tujuannya jelas, mereka ingin semua target pasar terisi agar konsumen mendapat pilihan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan ukuran layar tertentu. Seperti varian 7-inchi, Samsung juga berencana mulai menjualnya Juni 2013 ini. Kemungkinan besar pasca event Premiere kita bisa berharap segera diketahui kepastian rilisnya.

Samsung Galaxy Tab 3 8-inch

Menurut Samsung Galaxy Tab 3 8-inchi menjadi pilihan optimal bagi mereka yang mencari tablet untuk membaca e-book, memainkan game, dan menonton video dimana saja. Seperti Galaxy Note 8.0, di sini kamu juga dapatkan software khusus yang disebut mode Reading, dengan fungsi mengoptimalkan tampilan dan kecerahan layar agar sesuai dengan kebutuhan mata, serta ukuran font yang pas seperti layaknya kita membaca tulisan di atas kertas. Tablet ini juga dilengkapi dengan tambahan pemrosesan suara Samsung Sound Alive untuk output audio, serta Dolby Surround ketika kamu menonton video. Kedua fitur tersebut tidak ditemukan di rival sekeluarganya, Galaxy Note 8.0 — yang mengunggulkan metode input melalui stylush S-Pen.

Sebagai mesin utamanya, Samsung menyematkan prosesor dual-core dengan kecepatan 1.5GHz, dipadukan dengan 1.5GB RAM, serta internal storage standar dengan pilihan 16 atau 32 GB (bisa diperbesar melalui slot microSD). Belum ada data resmi jenis prosesor apa yang menjalankannya. Kemudian di sisi layar, Tab 3 8-inchi ini pun lebih baik dibandingkan Tab 3 7-inchi, dengan layar 8-inchi yang resolusinya 800×1280-pixel. Dan benar, melihat dari beberapa press image yang diberikan Samsung, antar muka Tab 3 8-inchi ini sama dengan Note 8.0, default-nya portrait, serta TouchWiz yang digunakan sama persis dengan versi smartphone.

Status Bar yang fungsional, justru dihilangkan… :(

Perubahan interface itu artinya, kamu tidak akan menemukan “Status Bar” tempat dimana biasa menemukan tombol “back”, “home”, “task manager” di sini (lihat gambar atas, itu tampilan interface Galaxe Note 10.1). Padahal “Status Bar” tersebut mempermudah kita mengakses beberapa fungsi tablet dengan sentuhan ringan. Mulai Galaxy Note 8.0, Samsung menghilangkan “Status Bar”, dan semua notifikasi bisa kamu akses dengan menyapukan layar dari ujung atas ke bawah. Jika untuk smartphone pasti mudah, namun dengan tablet yang ukurannya besar justru akan menyusahkan kita. Dan karena hal itu juga Galaxy Note 8.0, dan semua jajaran Tab 3 Samsung ini kini tidak lebih dari smartphone Galaxy mereka yang diperbesar ukuran layarnya.

Kembali pada spesifikasi Tab 3 8-inch, kamu juga dapatkan kamera 5-megapixel sebagai sensor utama, yang sama sepeti Note 8.0 tidak dilengkapi flash LED. Kamera depannya sendiri juga sama, 1.3-megapixel. Untuk sarana konektivitas disediakan Wi-Fi, 3G, atau versi 4G LTE. Tentu saja GPS dengan A-GPS dan GLONASS (untuk mereka yang berada di Rusia) juga kamu dapatkan sebagai fungsi standar. Tablet dengan sistem operasi standar Android 4.2 Jelly Bean ini akan beroperasi menggunakan baterai 4450-mAh, hanya terpaut sedikit dibandingkan Galaxy Note 8.0 yang baterainya 4600-mAh.

Samsung GALAXY Tab 3 10.1-inch

Sesuai namanya, kita mendapatkan ukuran layar yang berbeda di sini, yaitu 10.1-inchi. Selain ukuran layar, meskipun Samsung tidak menjelaskan secara gamblang, Galaxy Tab 3 10.1-inchi sepertinya juga menggunakan chipset yang berbeda dibandingkan adiknya yang 8-inchi. Hanya disebutkan prosesor dual-core 1.6 GHz, entah apa jenisnya, walaupun banyak sumber yang mengarahkan pada nama Intel Atom Clover Trail+. Resolusi layarnya sendiri agak kurang untuk ukuran 10.1-inchi, yaitu 1280×800-pixel.

Untuk kameranya, Samsung sepertinya merasa kita tidak akan menggunakan tablet sebesar ini untuk mengambil foto. Jadi jangan kaget karena kamera utamanya hanya 3-megapixel, dengan 1.3-megapixel untuk kamera depan. Sisa spesifikasinya sama dengan Tab 3 8-inchi, mulai konektivitasnya, pilihan storage 16 GB atau 32 GB dengan micro SD, dan Android 4.2 Jelly Bean. Yang saya heran, jatah RAM-nya justru hanya 1 GB. Selain itu, tablet bongsor dengan baterai 6,800mAh ini juga membuang tombol sentuh pada bagian bawah layar yang tergabung dalam kolom “Status Bar”, dan menggantikannya dengan tombol fisik. Sebuah pilihan yang kurang tepat menurut saya.

Kedua tablet tersebut belum diketahui berapa harganya. Namun saya memprediksi Tab 3 8-inchi berada di harga 4-jutaan, dan yang 10.1 inchi dengan harga yang mungkin hanya terpaut beberapa ratus ribu saja. Apa yang saya sukai dari jajaran Tab 3 baru Samsung ini hanya port charger dan datanya, yang kini sudah beralih ke port micro USB yang lebih universal dibandingkan port khusus seperti yang kita temui dalam jajaran tablet mereka yang eksis sebelum tahun 2013. Hanya saja membuang tombol yang ada di “Status Bar” pada layarnya itu sangat disayangkan. Keberadaan tombol fisik pasti tidak nyaman dan akan lebih menyusahkan pengoperasian, terutama untuk tablet 10.1 inchi yang tampilan default-nya secara landscape.

[cb type=”company”]Samsung Electronics[/cb]

Sumber: Samsung