PES 2014 Resmi Dikonfirmasikan, Maksimalkan Penggunaan FOX Engine!

Sebelumnya, Konami sempat memberikan beberapa detail awal dari Pro Evolution Soccer (PES) 2014, mulai dari bagaimana mereka memanfaatkan penggunaan FOX Engine untuk membuat seri ini, kerjasama mereka dengan AFC untuk menghadirkan Liga Champions Asia, hingga teaser trailer perdana sebelum trailer-nya dirilis paling cepat pada event Pre E3 2013 dari Konami yang akan berlangsung besok, 5 Juni 2013. Kali ini, Konami kembali memberikan konfirmasi mengenai fitur-fitur yang ditanamkan dalam PES 2014 ini, yang sebagian besar benar-benar memaksimalkan penggunaan FOX Engine.

Seperti yang sudah disampaikan Konami sebelumnya, mereka menggunakan versi FOX Engine yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga cocok digunakan dalam sebuah game olahraga. Dalam pernyataan resminya beberapa hari sebelum pelaksanaan event Pre E3 2013 ini, Konami juga menyebutkan bahwa mereka memfokuskan diri kepada enam fundamental yang ditanamkan dalam PES 2014 ini. Berikut ini adalah detailnya.

Pertama, Konami memperkenalkan teknologi baru yang disebut dengan TrueBall Tech. Konami mengklaim bahwa PES 2014 adalah game pertama yang menggunakan teknologi ini, dimana semuanya nanti akan terfokus kepada bola, mulai dari bagaimana bola itu bergerak hingga bagaimana seorang pemain mengolahnya. Dengan memahami pergerakan bola ini, kamu bukan hanya nantinya bisa membaca kemana arah sebuah passing dengan baik, tetapi juga bisa selangkah lebih maju untuk memprediksi kemana arah bola sebelum dilepaskan oleh pemain. Teknologi ini juga memungkinkanmu untuk mengontrol bola hasil passing dengan menggunakan analog seperti menentukan sudut pemainmu ketika menerima sebuah passing. Teknologi ini juga menawarkan kebebasan baru dalam bermain yang dikombinasikan dengan pergerakan pemain di sekitar bola.

Pemain juga bisa mengontrol bola liar hasil pantulan dari tangan kiper atau mengenai pemain lain untuk menghadirkan peluang-peluang baru. TrueBall Tech ini membuatmu seolah-olah bisa “menyetir” bola dan juga bagaimana pemainmu saat menerimanya. Selain itu, kamu juga masih bisa melindungi bola dari pemain lawan dengan menggunakan trik-trik tertentu yang kali ini diklaim Konami akan lebih mirip dengan pergerakan pemain aslinya.

Kedua, ada fitur yang disebut Konami dengan Motion Animation Stability System (M.A.S.S). Tumbukan antar pemain dalam sebuah pertandingan adalah sebuah hal yang wajar, dan teknologi ini membuat tumbukan-tumbukan tersebut serasa lebih hidup dan sangat memberikan efek. M.A.S.S juga akan bisa bereaksi dengan berbagai macam situasi setelah tumbukan itu terjadi, sebagai contoh pemain kali ini bisa langsung mengerang kesakitan dan memegang bagian tubuh yang dilanggar dan merasakan sakit, bukan hanya selalu memegang kaki saja. PES 2014 kali ini menyediakan lebih banyak gaya tackling berbeda dengan efek yang berbeda-beda pula.

Tackling juga menjadi salah satu fokus utama PES 2014 untuk menghadirkan pengalaman bermain bola yang realistis, apalagi dengan dikombinasikan TrueBall Tech sebelumnya. Salah satu contohnya adalah saat dua pemain dalam kondisi 50:50 saat merebut bola, bisa jadi bola yang menjadi rebutan akan terpantul secara acak, dan menyebabkan kedua pemain tersebut bertumbukan, tidak ada yang mendapatkan bola tersebut. M.A.S.S juga akan memberikan dampak saat pemain berada dalam situasi satu lawan satu. Pemain bertahan akan memberikan tekanan yang lebih besar kepada pemain penyerang dengan berbagai cara, mulai dari menghalagi lajunya hingga melakukan tackling. Sebaliknya, penyerang akan melakukan berbagai cara untuk menghindari bek, mulai dari passing, dribbling atau bahkan melakukan shooting langsung ke arah gawang.

Untuk tiga fitur lainnya, lanjut ke halaman selanjutnya ya!