Kiefer Sutherland Menjadi Naked Snake di Metal Gear Solid V: The Phantom Pain

Dalam ajang pre-E3 dari Konami yang dilangsungkan beberapa jam lalu, sudah dipastikan bahwa yang akan menjadi pengisi suara Naked Snake di Metal Gear Solid V: The Phantom Pain adalah Kiefer Sutherland, aktor Kanada yang lebih dikenal dalam aksinya memerankan Jack Bauer di serial TV 24. Hal ini tentu menimbulkan cukup banyak kekecewaan karena cukup banyak spekulasi yang mengatakan bahwa drama antara pengisi suara Snake selama 10 tahun lebih sejak 1998, David Hayter dengan tim Hideo Kojima adalah twist yang sengaja dilakukan oleh Kojima.

Hideo Kojima menerangkan bahwa Metal Gear Solid V: The Phantom Pain akan bernuansa lebih gelap dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya. Cukup menarik karena menurut saya, Metal Gear Solid 4: Guns of The Patriots, adalah seri MGS yang paling kelam dan kemana Kojima akan membawa The Phantom Pain sangat menarik untuk dinantikan. Kojima melanjutkan bahwa dia akan mengangkat tema-tema yang cukup berat seperti permasalah ras serta balas dendam. Dikarenakan unsur dalam game ini akan menjadi lebih gelap, maka Kojima menginginkan ada perubahan dalam cara Snake berekspresi, baik melalui suara maupun perubahan pada raut wajahnya. Oleh karena itulah dia memilih Sutherland, setelah berkonsultasi dengan salah satu produser Hollywood ternama, Avi Arad, karena dianggap cocok untuk membangkitkan emosi dari Snake.

“Event The Phantom Pain akan berlangsung pada tahun 1984, yang berarti akan menempatkan Snake di usia 49 tahun. Saya merasa ia (Sutherland) adalah figur yang sangat cocok dari segi usia maupun performa,” terang Kojima. Kemungkinan besar, kita tidak akan selalu mendengar dialog panjang dari Snake untuk mengetahui kondisi mentalnya. “Jika dalam beberapa Metal Gear sebelumnya Snake mengekspresikan emosinya melalui dialog seperti, ‘Kaz, are you all right?’ Sekarang ia hanya cukup mengatakan ‘Kaz?'” 

“Adalah sebuah kehormatan untuk memerankan karakter ini. Snake memiliki sejarah dan warisan yang sangat sulit dipahami. Ada hubungan personal antara saya dengan karakter Snake. Saya bukan gamer namun begitupun saya tahu mengenai Metal Gear. Saya sadar sepenuhnya mengenai sejarah panjang game ini serta kesuksesan yang pernah diraihnya dulu,” ujar Sutherland panjang lebar.

Menariknya, di akhir presentasi, Hideo Kojima mengungkapkan bahwa game ini akan berbeda dengan seri Metal Gear Solid lainnya yang menitikberatkan pada aksi stealth dari Snake. Dengan tipe gameplay yang open-world, Kojima menjanjikan nuansa yang lebih intense serta penuh action. Bagaimana hal ini malah dapat membuat game menjadi lebih gelap dan kelam masih belum diketahui. Kita tunggu saja informasi berikutnya dari sang Master, Hideo Kojima!


SHARE
Previous articleInilah Varian Samsung Galaxy S4 yang Lebih ”Tangguh,” Lawan Sepadan Sony Xperia Z
Next articlePreview FIFA 14, Siap Hadirkan Gameplay yang Lebih Presisi!
Liverpudlian | Airplane enthusiast | History lover | Science minded | Hardcore gamer | Warmonger. Lulus dari STP Sahid pada tahun 2012, sempat bekerja di Club Med Resort selama 6 bulan pada tahun 2012 sebagai bagian dari program internship kampus. Bekerja di departemen MICE (Meeting, Incentives, Conferences and Exibitions). Aktif di WWF-Indonesia sejak 2010 sebagai volunteer untuk kampanye Earth Hour dan menjadi tim inti Earth Hour Jakarta pada tahun 2013. Saat ini aktif sebagai staff perlengkapan di Look Around Indonesia, sebuah NGO yang memfokuskan diri di bidang sosial terutama anak muda.