Konami Pre E3 2013: Mengintip Teknologi Dibalik PES 2014!

Seperti yang sudah kita ketahui, semalam Konami menyelenggarakan event Pre E3 2013 yang ditayangkan secara streaming dan berdurasi kurang lebih sekitar 30 menit. Dalam tayangan tersebut, Konami membawa tiga game andalannya untuk E3 2013 ini, antara lain Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, dimana kali ini Snake sudah mendapatkan pengisi suara baru pasca “pensiunnya” David Hayter, Castlevania: Lords of Shadow 2, dan Pro Evolution Soccer (PES) 2014. Ya, beberapa jam setelah EA merilis trailer dan detail baru untuk FIFA 14 (yang bisa kamu baca di artikel ini), Konami juga tidak mau kalah dengan menampilkan video baru untuk PES 2014 dalam tayangan Pre E3 2013 semalam.

PES 2014 yang mendapatkan bagian sekitar 5 menit menghadirkan Kei Masuda, sang produser yang menjabarkan banyak hal dibalik teknologi yang disematkan dalam PES 2014 ini. Seperti yang kita tahu, PES 2014 benar-benar “berevolusi” tahun ini dengan menggunakan engine baru, FOX Engine buatan Kojima Productions yang diubah sedemikian rupa sehingga cocok digunakan untuk game sepakbola. Selain itu, Kei juga mendiskusikan tentang penggunaan sistem True Ball, yang membuat pemain nantinya bisa menggerakkan bola ke arah mana saja, seperti pemain dalam pertandingan sepakbola di dunia nyata.

Bukan hanya sistem True Ball saja yang didiskusikan Kei dalam tayangan tersebut. Lebih lanjut, Kei juga mendiskusikan sistem baru yang disebut dengan Motion Animation Stability System. Sistem ini sangat mempengaruhi bagaimana animasi saat terjadinya tumbukan antara dua objek, entah antara satu pemain dengan pemain, ataupun pemain dengan bola. Kei menyebutkan bahwa sistem baru ini nantinya bisa membuat event-event yang terjadi saat tumbukan tersebut menjadi lebih realistis. Emosi dan level motivasi seorang pemain juga akan mendapatkan banyak improvisasi dalam seri kali ini, dimana emosi dan level motivasi tersebut bisa berubah-ubah tergantung kondisi dalam lapangan, atau status tim tersebut saat bertanding, apakah bermain di kandang sendiri atau bertandang ke kandang lawan.

“Kali ini, kami terfokus pada paket secara menyeluruh, seperti pengalaman bermain, kontrol, dan banyak lagi,” ungkap Kei. Lebih lanjut, Kei juga menyebutkan bahwa fitur-fitur lain akan segera dikonfirmasikan dalam waktu dekat. Belum ada jadwal rilis resmi dari Konami untuk PES 2014 yang menurut rencana hanya akan dirilis untuk PS3, Xbox 360, PC dan PSP saja.

[Sumber: WinningElevenBlog/VG247]