Preview: The Last of Us, Bertahan Hidup di Tengah Wabah Mematikan Pasca Kiamat

Developer : Naughty Dog
Publisher : Sony Computer Entertainment
Release : 14 Juni 2013
Platform : PS3
Genre : Survival Horror / Action Adventure
Rating : M

Banyak orang mengimajinasikan kiamat dengan berbagai macam versi yang berbeda. Ada suku Maya yang meramalkan kiamat terjadi karena kalendernya sudah berakhir, ada juga yang mengimajinasikan kiamat adalah saat ada makhluk luar angkasa yang menginvasi bumi, namun banyak juga yang memperkirakan kiamat nanti terjadi karena invasi zombie atau mayat hidup. Nah, tim dari Naughty Dog yang sebelumnya terkenal dengan seri Uncharted-nya kali ini mengimajinasikan kiamat dengan cara yang berbeda, wabah jamur mematikan cordyceps yang mengubah manusia menjadi mirip zombie dan saling memakan satu dengan lainnya dalam The Last of Us.

The Last of Us sendiri sudah diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011 lalu, dan banyak pihak sudah memprediksikan bahwa game ini akan menjadi killer application selanjutnya untuk PS3. Selain menawarkan kondisi pasca kiamat sebagai setting utamanya, Naughty Dog juga menawarkan kisah dan hubungan menyentuh ala ayah dan anak lewat penggambaran Joel dan Ellie, dua karakter utama di game ini. Di game ini, kamu akan memerankan Joel, sedangkan Ellie akan menjadi asistenmu yang dikendalikan oleh AI, mirip dengan Elizabeth yang membantu perjalanan Booker DeWitt dalam BioShock Infinite. Gameplay survival horror dengan bumbu stealth juga menjadi elemen penting, namun buru-buru Naughty Dog menyebutkan bahwa shooter bukanlah fokus utama mereka, meskipun di sini kamu juga akan menemukan baku tembak dan juga sistem cover. Mereka justru fokus kepada cerita dan eksplorasi lingkungan, yang sepertinya akan mirip dengan formula Quantic Dream dalam Heavy Rain dahulu.

Berbicara tentang cordyceps, jamur jenis ini bukanlah hanya khayalan tim dari Naughty Dog saja, melainkan juga ada di dunia nyata. Di dunia ini, ada sekitar 400 tipe jamur cordyceps yang hidup sebagai parasit bukan hanya di jamur lain melainkan di makhluk hidup seperti serangga. Di game ini, cordyceps bukan hanya hidup di serangga dan lingkungan, tetapi juga di jasad manusia dan bisa membuat manusia tersebut hidup kembali mirip zombie. Namun, jangan harap kamu akan menemukan game zombie seperti Resident Evil atau Left 4 Dead dalam game ini, karena sekali lagi Naughty Dog lebih ingin memfokuskan penceritaan kepada hubungan layaknya Ayah dan anak dalam diri Joel dan Ellie.

1
2

SHARE
Previous articleJulie “Hammer Girl” Estelle Muncul di Foto-Foto Awal The Raid 2: Berandal
Next articleAdegan “Henshin” Ray Bramasakti, “Berubah! Satria Garuda!”
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.