Yatagarasu, Doujin Game Garapan Mantan Staff SNK

Bila kamu merupakan pemain game-game doujin (game indie) maka mungkin kamu pernah dengan tentang judul ini. Ya, game garapan tiga staff yang pernah bekerja di SNK ini sempat menjadi salah satu yang sering dimainkan oleh penggemar-penggemar game fighting. Yatagarasu adalah game fighting indie yang dikembangkan oleh tiga orang mantan SNK yakni Tokido, KSK, dan Kokujin yang rilis tahun lalu dan sempat dibuat untuk versi 3DS-nya pada tahun yang sama.

Game ini sebenarnya intinya tidak jauh berbeda dengan game fighting paling populer garapan SNK, yakni King of Fighters, game fighting dengan inti cerita mitologi Jepang. Sesuai judulnya, Yatagarasu  bercerita tentang sebuah kekuatan misterius yang diinginkan oleh banyak orang yang mengetahui dunia “bawah”. Bercerita tentang karakter-karakter yang memiliki kekuatan special dalam martial arts, Yatagarasu menghadirkan art yang unik dan sensual, cukup mirip dengan aura yang dikeluarkan oleh gambar dari Falcon yang juga bekerja untuk SNK.

Hanzo yang seksi ini menjadi favorit para gamer karena dia cepat dan memiliki kekuatan bantingan yang besar

Game ini sudah bisa kamu download di internet dan bila kamu pemain 3DS, kamu juga dapat membelinya secara online, meski game ini menuai banyak kritik, namun tidak ada salahnya kalau kamu penggemar game fighting memainkan game ini, karena Athira rasa, game ini memiliki sisi uniknya tersendiri.

Game play dari Yatagarasu dapat diartikan sebagai game yang memiliki gameplay yang mirip dengan Street Fighter III di konsol rumahan PlayStation. Game ini tidak mengandalkan kecepatan, namun memanfaatkan gerakan-gerakan normal yang dapat kamu kombinasikan menjadi satu buah combo tanpa henti. Game ini tidak memiliki jurus-jurus super yang terlalu mematikan, justru combo-combo di dalam game ini yang harus kamu asah untuk menjadi sebuah serangan yang tidak bisa dihentikan oleh musuhmu.

Sebenarnya serangan-serangan di dalam game ini bisa di cancel dengan mudah bila kamu bisa mengeluarkan counter attck, serunya lagi, counter attack yang pas akan mengahsilkan damage yang lebih besar, bahkan jauh lebih besar, daripada damage serangan biasa. Beberapa karakter memiliki counter attack berupa bantingan yang cukup kuat hingga mebuat pemain lawan terpental, di saat itulah kamu bisa memberikan damage tambahan setelah counter attack yang telah kamu lancarkan sebelumnya.

Selain bermain sendirian, kamu juga bisa bermain secara online dengan menggunakan Hamachi (atau program semacam itu yang lainnya) dengan temanmu atau ikut di dalam ranking battle yang bsia diikuti oleh seluruh orang di penjuru dunia. Oh ya, kamu bisa mengunlock tiga announcer berbeda, yakni Tokido, KSK, dan Kokujin. Masing-masing dari mereka memiliki suara khasnya masing-masing dan bila kamu mengerti bahasa Jepang, kamu bisa tertawa sambil bermain.

Bila membandingkan game ini dengan game-game fighting berbayar lainnya, Athira rasa game ini ketinggalan cukup jauh. Art0nya bisa dikatakan cukup halus dan karakter-karakternya juga menarik, namun gameplaynya tidak pas untuk orang yang awam akan game fighting, namun untuk yang sudah veteran pun, game ini tidak terlalu asyik, apalagi bila dimainkan sendirian.

Game-game seperti BlazBlue, Vanguard Princess, bahkan KoF XII yang dikatakan kurang bagus pun Athira rasa masih lebih bisa dimainkan daripada game ini. Pilihan karakter di dalam game ini juga cukup sedikit  dan masing-masing karakter kurang digali, sehingga pemain yang tidak bisa bahasa Jepang mungkin akan merasa sangat bingung dengan cerita di dalam game ini.

Karakter yang paling menarik menurut Athira adalah Hanzo dan Hina, dua karakter cewek ini memiliki warna rambut dan postur tubuh yang aduhai namun jangan salah, Hanzo memiliki kekuatan bantingan yang luar biasa sedangkan Hina memiliki kecepatan berpedanga yang cukup keren. Athira rasa sih, game ini akan menarik bila kamu meiankan bersama temanmu, namun bila kamu penggemar game fighting, tidak ada salahnya juga sih untuk mencoba game ini.

Sumber: Official Blog


SHARE
Previous articlePac-Man Smash! Serunya Bermain Air Hockey Double!
Next articleJulie “Hammer Girl” Estelle Muncul di Foto-Foto Awal The Raid 2: Berandal
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha